Halo brosis
Masih seputaran mio
sporty lagi, hehehe, harap maklum karena memang nggak ada bahan buat tulisan.
Kali ini masih lanjutan dari kendurnya baut di bagian head yang menyebabkan oli
rembes beberapa waktu yang lalu.
Setelah urusan baut
kendur dan oli diganti, kemudian bjr iseng2 lihat bagian karbu, agak penasaran
dengan tarikan motor yang brebet, dan gas sering nyangkut. Kemudian bjr
bongkarlah bagian atas karbu vakum.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Loh bukannya karbu vakum
bagian atas/karet vakum nggak boleh dibuka ?, benar brosis, bagian atas karbu
vakum nyaris tidak perlu dibuka saat servis, hanya bagian bawah yaitu bagian
spuyer dll yang cukup dibersihkan.
7 tahun, 46 ribu km pemakaian |
Akan tetapi
tersangka utama bjr langsung tujukan kepada bagian karet vakum karbu yang sudah
berusia 7 tahun ini mengalami masalah. Dan saat bjr berhasil membuaka bagian
atas keluarlah per, kemudian bjr tarik karet vakum, dan ternyata bagian skeep
dan rumah skeed yang bewarna hitam tampak baret parah, tidak ada lapisan hitam
glossy yang memperlancar naik turunnya rumah skep.
Cara mengatasinya
?, tentu harus diganti, karena baretnya sudah parah sampai sekeliling rumah
skep sudah tampak pucat memutih. Masalah timbul disini, karena karet vakum ini
sudah terkenal akan kemahalannya, bayangkan saja karet vakumnya saja saat bjr
cek di catalouge ygp tercatat berharga 170 ribu, alamak mahal betuul !
Alhasil bjr
putuskan untuk cari part alternatif, tanya2 di bengkel harganya untuk
aftermarket bermacam-macam ada yang 70-80 sampai 90 ribu, bahkan ada part kw
seharga 100 ribu dengan bungkus yamaha, pas bjr tanya “asli gak
?”,jawabnya “kw 1 mas”, loalah percuma ,
ini mah sama saja sekalian beli mitasi saja, muter2 bjr dapat di harga 50 ribu merk
.....
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Setelah itu coba
pasang, lah ternyata ada perbedaan dimana di part mitasi yang bjr dapet lubang
ventilator di rumah skep bagian bawah hanya 2, sedangkan aslinya 3, kemudian
tutup jarum skep dalam lebih panjang yang mitasi. Akan tetapi untuk bentuk
keseluruhan tetap sama saja fungsinya, per pun tampak lebih panjang yang
mitasi, karena per bawaannya lebih pendek, (mungkin sudah lelah).
pernya sudah lelah |
Setelah itu pasang
semua ke dalam karburator, kemudian di coba, rasanya sedikit lebih baik, dari
kondisi bjr dapat. Tercatat gejala knalpot nembak, sudah minim sekali terjadi.
Problem gas yang sering nyangkut pun juga sudah hilang. Saat dirasakan grip gas
diputar, lebih berat dan feedbacknya pun lebih cepat (efek skep nggak baret).
harga 1/3 nya |
Semoga bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Wah Boleh di coba nih Gan dan salam kenal everything about fashion
BalasHapusMo nanya ni gan,mio sporty ane baru ganti karet vacum kmplit ma skep. Tp stlh d pasang tarik gas dkit brebet tp klo tarik gas bnyak ngga. Nah pa tu mslh ny?? Mohon solusi ny gan
BalasHapushttp://www.bangjoru.net/2016/10/masalah-karet-vakum-mio-imitasi.html , coba kombinasi dengan jarum skep bawaan, kalau tetap brebet memang harus ganti karet skep ori mio,
Hapuspengalaman pake karbu vacum tapi di sonic 125 lawas ,,,gejala gas ditarik brebet kadang bagus ,,,setelah di buka di bengkel karet ok ,,jarum baret ringan ,,, dipasang lagi tarikan enak ,,, eh cuman bertahan 3 hari brebet lagi ,,, lihat punya lihat posisi jarum yg baret kembali ke posisi semula terputar ,,, akhirnya supaya gar terputar lagi jarum sy lem dengan setitik lem super ,,pasang kembali dan tarikan mantab terus ...dan udah di coba untuk motor lain yg pake vakum seperti thunder ,, vario ,, mio dan tiger ,,, yg kebetulan dapet kasus sama ,,, dari pada beli kit vakum yg harganya buat kantong robek wkwk
BalasHapusgan mau nanya kok stiap langsung gas atau tanjakan itu dia jalannya nembak mundur maju gitu terus bang?? apa perlu ganti vakum atau apa?
BalasHapusnembak mundur ? knalpot nembak ? kalau itu dari setelan angin karburator yang kurang pas, bisa juga dari AIS nya yang gak beres. kalau jlan nembak mundur ? apa ngrenjel bisa dari roller cvt maupun rumah roller yang sudah peang.
Hapusom numpang mampir cara lepas karet vakum mio gmnaa yya gen
BalasHapus