googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Servis CVT honda beat : Ganti Kampas Ganda

Servis CVT honda beat : Ganti Kampas Ganda


     Honda Beat yang sudah jadi kendaraan komuter ane tiba-tiba ngrenjel-ngrenjel (apa istilahnya) tersendat lah istilahnya. Tengok odometer , wuihh sudah 45 ribuan, (masa pakai 2 tahun), saat itu pakai saja dulu, toh ngrenjel2 paling mah rollernya sudah mulai mengotak, yups, memang ane rutin ganti roller tiap 15 ribu km, tercatat hingga pemakaian 45 ribuan sudah 2 kali ganti roller van belt belum ganti sama sekali. Hal ini sebenarnya melenceng dari anjuran pabrikan yang menyarankan setiap 15-20 ribu vanbelt harus ganti (cmiiw).
      Selang beberapa kilo tak ada masalah sampai saat mau dipakai nyalip tiba-tiba power ngemos, ane pikir nggak segitunya kalaupun roller sudah mulai ngotak (habis) toh akselerasi waktu nyelip masih ada, untung saja, reflek  ane ngiri sambil cek ternyata kasar bener suara di cvt , waduh apa iniii. Tenang dulu lalu lanjut jalan pelan-pelan.

      Lalu iseng-iseng serch di google penyakit honda beat nyendat, dari beberapa artikel dan forum  dijelaskan bahwa setelah pemakaian  di atas 30 ribu, kampas ganda wajib ganti , waduh biyuuh repotnya pakai metik !!, hehehe.
      Lalu buka site ahm masuk ke katalog sparepart , rujukan 

yang habis no 4
      Sebenarnya dianjurkan untuk ganti pulley satu set , akan tetapi berhubung kantong nipis jadi terpaksa cuma ganti tuh 


Harganya ? , murah brosis, (tapi kalau duit nipis ya tetap mahal, hehehe ), harga weight set clutch 123 ribu , tapi jangan heran jika sparepart ini susah didapat , karena kampas ganda ini juga acap kali digunakan mio sebagai substitusi , jadi kalau nggak bejo ya harus inden ?, nggak mau lama ?, ane juga ogah inden jadinya ubek-ubek bengkel dan akhirnya nemu, tapi ya lebih mahal, tapi tak apalah , ane dapat 140 ribu  

jangan lupa cek kode sparepart


 Seperti foto di atas rupa kampas ganda honda beat , dan bisa dilihat jika dilihat secara horizontal maka akan tampak perbedaan jika kampas ganda beat lebih tebal dibanding merk sebelah,Dan sekali lagi ini termasuk cerdiknya honda karena menjual dudukan dan kampasnya secara terpisah, jadi konsumen bebas beli mau clucth aja apa sama dudukannya ? dan berhubung dudukan masih bisa dipakai jadi beli kampasnya saja, merk sebelah ? harus dengan dudukannya , dan perlu diingat Jangan sekali-kali pakai merk kw karena part ini riskan jika pakai non ori, salah-salah bisa ganti pulley satu set.
           Sekaligus ane juga ganti vanbelt plus roller

Beli yang kit (vanbelt+roller)  harga lebih murah

grease jangan lupa
            Perlu diingat juga untuk part kecil seperti grase jangan lupa, dan untuk grase sebenarnya terserah yang penting khusus untuk matic dan ada 2 jenis primer dan sekunder (depan belakang), harga?  murah, 8-14 ribu (tergantung merk), kan bisa pakai stempet ? pikir 2 kali jika pakai stempet.

Kelar belanja part yang dibutuhkan cus langsung pasang bisa kebengkel ahas atau ke bengkel non ahas, karena ane punya bengkel langganan jadi ane langsung ke bengkel non ahas,


kontur vanbelt tampak retak2

      Dan waktu dibongkar tutup cvt tampak vanbelt sudah retak2, mangkok pulley sampai peang-peang , hal tersebut wajar dengan jarak sekian puluh ribu, sorry foto kampas sama roller kelupaan (gak tega foto , roller hampir kotak, kampas tuipissss),,

         JAdi total untuk kali ini bisa ditotal belanjaan 

kampas ganda : 140 ribu
Belt kit : 115 ribu
Grease : 12 ribu
Oli : 30 ribu 
Ongkos : 45 ribu

Yups hampir 350 ribuan, dan saat kelar pasang semua test , Alhamdulillah lancar amin , bisa dibilang ini paket hemat servis cvt untuk motor matic yang menginjak di atas 30 ribu , tapi sebenarnya bisa kurang atau lebih sehingga bergantung pemakaian dan riding style rider, yang terpenting diingat untuk part cvt jangan pakai merk non ori (kecuali racing, dan lebih baik) , hal itu demi kelancaran , Kelar itu ngacir lagi lah  

motor sehat, touring pun lancar hehehehe,
 Sekian Brosis

update



saat ganti kampas ganda, cek juga karet dumper dudukannya, baiknya sih diganti juga harganya murah sebiji paling mahal 3 ribu. Pergantian ini karena karet sudah keras, dan kurang mengigit di dudukan, part ini sama dengan karet kampas ganda honda grand.

Semoga Bermanfaat

75 komentar:

  1. bang ,, beat punya ane thn 2009 itu tu kalo di pas macet trus di gas ,, suka berebed,, knapa yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 4 kemungkinan
      1. rollernya sudah peang (diganti)
      2. mangkok kampas ganda sudah peang (diganti )
      3. karet kampas ganda keras/ getas, jumlahnya 3 biji (diganti) murah perbijinya paling mahal 3000
      4. bisa juga kampas gandanya gan

      note, kalau ganti kampas ganda sekalian ganti karet kampas ganda (no3) sekalian biar gak bongkar pasang

      thanks da mampir gans

      Hapus
    2. Karet kampas ganda... yang bentuk nya kaya Per nya gan... yang menghubungkan 3 bagian kampas ganda Jika di pasang di dudukan kampas ganda nya...

      Hapus
  2. Bang ane pake beat 2009 nih, ane mau tanya dong kenapa ya pas ane gas kadang2 suka pelan sendiri, trus kalo mah nyari kanvas kopling sama klaher dimana ya? Soalnya ane tanya di ahass kudu inden dlu, posisi ane di depok

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti vanbelt nya, sama ver cvt nya broh

      Hapus
  3. di ahas memang bukan part fast moving gan, coba di bengkel non ahas, tapi barang biasanya lebih mahal,

    BalasHapus
  4. Ada tempat recommend ga yang jual sparepart beat yang bagus gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bengkel resmi gan, kalau nggak sabar inden coba ke suma honda (ada di tiap kota2 besar) alamatnya cek google,

      Hapus
  5. Kalo buat beat injection harga gnti cvt mahal gak bang ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sama gan, paling selisih 5-10 ribu, gak beda jauh,

      Hapus
    2. Ane gatau dunia otomotif nih suara mtor udah krekkrek mulu mana di tarik agak berat..
      Kemarin service kata ahas stang seher kata kawan cvt doang hahaha bingung ane klo soal mesin klo dunia kimia ane tau..

      Hapus
    3. Ane gatau dunia otomotif nih suara mtor udah krekkrek mulu mana di tarik agak berat..
      Kemarin service kata ahas stang seher kata kawan cvt doang hahaha bingung ane klo soal mesin klo dunia kimia ane tau..

      Hapus
    4. lah di cek gan asal suara dari cvt atau mesin (depan), tapi kalo stang seher yang kena, bisa karena 1. jarak tempuh yang memang sudah tinggi, 2.sering geber rpm tinggi, atau 3.sering telat ganti oli,

      ane juga bukan basic mesin, malah pendidikan, cuma ya banyak2 belajar gan entah itu dari teman maupun baca2 di forum, hehehe

      Hapus
  6. punya ane udah 52ribu kilo gan, tapi belum ganti kampas ganda, kira kira jika tambah 300kilo lagi buat sekali touring kuat ga ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa peang mangkok kampas ganda lu bro, musti kudu di ganti

      Hapus
  7. Terimakasih bangjoru...
    Akhirnya ane tahu juga penyakit motor kalau di RPM Rendah suka getar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang Tanya Bangjoru
      Soal Roller

      Untuk Roller Motor Matic honda sama semua gag sih... untuk beat,beat fi,spacy,scoopi, vario & pcx. Kalau untuk berat nya sih pasti beda beda berat standar roller nya tiap motor.

      Masalah nya kemarin ane ganti Roller TDR 8gr buat honda beat fi d pasang nya malahan Roller Vario 8gr TDR. Mesin Motor jadi nangis... suara mesinnya mendengung... udah gitu di speed 40kmh getar banget... tuh motor kaya gag ada lari nya...

      Jadi sebelum pasang roller ane foto kemasan nya... sadar nya pas lihat kemasan nya di foto. Itu roller di tujukan buat Vario

      Malahan Roller udah ke pasang di motor

      Hapus
    2. kalo beat karbu sama fi beda banget gan (rumah rollernya beda, beat fi lbih gede),

      lah 8 gr?, roller matic honda berat gan paling kecil 12 gr sampe yang paling gede punya pcx/vrio 150 18 gr

      kalo mendengung mungkin terlalu enteng kalo pake 8 gr, atau coba ganti rumah rollernya sekalian

      (cmiiw)

      Hapus
    3. Kalo yg rpm rendah beat fi, suka getar apa ya bang kira2 penyebabnya, soalnya getarnya pas keceptn dbawah 10 km, dan waktu macet

      Hapus
    4. kampas gandanya udah licin

      Hapus
  8. Iya... tarikan nya emang enteng... saking enteng nya mesin nya kaya nangis...
    Ganti Rumah Roller nya Beat karbu nya bangjoru?


    Makanya ane bingung kemaren pas selesai ganti Roller...
    Ane baca baca blog di google lebih dari 3 blog lah... Roller standar nya Beat : 9, beat fi : 9.
    Dan ada kesimpulan nya kalau mau ganti roller jangan lebih dari 3gr dari standarnya atau kurang dari 3gr...


    Maka dari itu ane ganti Roller buat akselerasi...
    Pengen nya pasang yg 7gr. Karna gag ada pakai yg 8gr deh...

    Ehkk hasil nya malahan begitu...
    .........................................

    Cuman kalau ganti per CVT 1500rpm roller nya di silang dengan bawaannya 3buah 8gr 3 buah...
    Tarikan Atas Bawah Bisa dapat kali nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya coba di silang (kombinasi) rollernya gan,

      Hapus
  9. gan ane mau nanya klo mau main kirian biar knalpotnya di lepas gas bunyi mberr listrik itu pake roller brp gram sma per cvt brp yg brp rpm? trus yg bagus merknya apaan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak aftermarket sperti tdr, ktc, kawahara pakai yang 1500 atau 2000, kalau roller coba turunin 2 gram, cek rumah rollernya sekalian sudah atau atau nggak, kalau aus, ganti sekalian

      Hapus
  10. Gan beat FI ane bagian pulley belakang suaranya kasar grok grok, ane bawa ke ahass suruh ganti pulley lengkap krn dananya blm ada ane bawa pulang, kira part spesifik sumber bunyinya apa ya gan? biar bisa ganti part ketengan sesuai budget

    BalasHapus
    Balasan
    1. odometer sudah berapa gan ?, kalau under 50 rb km rasanya nggak mungkin harus ganti satu set pulley (paling mentok kampas ganda sama mangkoknya), dan biasanya kalau beat FI bunyi grok2 bisa dari bearing cvtnya (dicek oblak atau nggak),

      Hapus
  11. Gan kalau untuk scoopy f1.. Pke kampas kopling beatnya bsa?? Ktnya lbh tebal

    BalasHapus
  12. Halo bang joru, saya ijin nanya, beat saya karbu, kalo lagi macet kan brenti, trus pas mau jalan di gas pelan, itu mesin kayak mau mogok, sendat2 bunyi grokgrokgrok.. itu apa yak kemungkinan? Saya baru beli kampas ganda sih, tapi blum dipasang, apa haus ganti sama mangkoknya juga kalo ganti kampas ganda?

    Makasih banyak bang joru

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cek gan, kalau mangkok sudah peang2 dan dalamnya sudah kemakan diganti saja sekalian (harga cuma 80 ribuan), sekalian karet dumper dudukan kampas ganda jangan lupa di ganti juga (2rb sebiji x 3),

      Hapus
    2. Ok bang... Makasih banyak pencerahannya

      Hapus
    3. Kuras tangkinya gan pasti banyak air nya. Pengalaman pribadi

      Hapus
  13. Bang joru,ane mau nanya?mtr ane beat 2011,ane mau ganti roller yg 8gr,pke roller nya selang-seling apa gimna bang joru?ane minta solusinya hehe,mksh bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya selang-seling bisa, standart saja juga nggak masalah

      Hapus
  14. Bang mau tanya, motor beat fi saya, pas rpm rendah atau tarikan pertama suka getar setelah naik kekecepatan tengah normal aja bang, kira2 apa ya bang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tarikan pertama grenjel/ getar, kemungkinan dari karet dumper dudukan kampas ganda, tentu saja dengan catatan part lain seperti vanbelt, roller, rumah roller masih sehat

      Hapus
  15. Bang nanya motor ana beat F1 2014. Suaranya sudah kasar kata ahas suruh ganti cvt. Kira2 hbis brp ya bang. Apa ganti sluruh prangkat Cvt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun 2014, berarti 2 tahunan, kalau ganti cvt satu set ya lumayan gan harganya bisa hampir sejutaan.

      Tapi menurut saya, kalau umur 2 tahunan dan

      agan makenya normal gak asal betot gas dan rajin servis cvt

      rasanya gak sampai ganti satu set, paling cuma ganti vanbelt kit,kampas ganda, atau kalau odometer sudah 30-45 ribu km, ganti mangkok kampas ganda+ karet dumper, sama rumah roller.

      Hapus
  16. Bang nanya ya.. motor saya habis ganti v-belt 2 bln lalu tp kok masih getar aja dan makin kesini makin gak enak kira" kenapa ya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. roller nya ganti juga dong (sekalian cek rumah rollernya), odometer sudah berapa ? kalau sudah tinggi (lebih dari 35 ribu km) kampas ganda plus karetnya (no 4&5) sebaiknya diganti.

      Hapus
  17. Asalamualaikum bang numpang tanya nih
    Ane punya beat karbu 2011 knpa pas di starter bunyi nya nyiricik suara mesin padahal halus. Apa puli nya ? Dan kira" biaya perbaikannya brpa ? Trimakasih

    BalasHapus
  18. Asalamualaikum bang numpang tanya nih
    Ane punya beat karbu 2011 knpa pas di starter bunyi nya nyiricik suara mesin padahal halus. Apa puli nya ? Dan kira" biaya perbaikannya brpa ? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunyinya hanya pas di stater atau waktu mesin stationer ? bunyi dari mesin atau cvt ?

      kalau pas bunyi saat di starter saja, kemungkinan gigi rachet starter perlu di bersihkan dan beri grease (stempet), atau dari bostel starter juga bisa, tapi kalau bunyinya "bletak" saat starter itu wajar di beat karbu.

      tapi kalau pas jalan tetap bunyi kemricik/niricik kemungkinan dari pulley nya yang kemungkinan sudah mulai minta jajan (ganti.

      Hapus
  19. Pengalaman peribadi, kalo honda beat tersendat sendat ato mau mohok. Kuras tangkinya pakek selang transparan. Pasti bensin sudah tercampir dengan air, tinggal kuras tangki bengsin udah selesai.

    BalasHapus
  20. bang motor ane april 2015, kilometer baru 15 ribu. awalnya ngedredet . pas dicek di bengkel resmi awalnya cangklong busi kendor. trus dicek jeroannya (mesin sebelah kiri belakang) katanya hampir semuanya kena termasuk vanbelt(retak2), kanvas ganda. apa betul bisa begitu? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja gan, kemungkinan pulley sekunder kering akibat jarang di lumasi grease akibatnya pulley cepat panas alhsil vanbelt juga retak2, baiknya ganti saja vanbelt kit plus kampas gandanya, untuk kemudian rajin servis dan lumasi bagian dalem cvt pake grease setiap 6 ribu km

      Hapus
  21. Bang sya ud ganti daleman pully tpi motor sering getar klo di tarik gas,,yg blom diganti cuma per kampas kopling ama rumah roller kira" apa ea bang klo misal'a rusak ciri"a gmana bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan rumah rollernya gan,(cek rumah roller kalau longgar tanda rumah roller kemakan,ganti), cek juga karet slide piece tutup rumah roller baiknya diganti (3 biji, gak akan lebih dari 15 ribu, kalau cvt sekunder cek juga "pernya" biasanya kalau lama juga karatan, terus karet dumper kampas ganda sudah diganti gan ?

      Hapus
  22. Yg gue dah unclok all operator 2 gsm nya dah 4g

    BalasHapus
  23. maau nanya gan,, honda beat fi saya ketika mau jalan / km rendah kedengeran klotok klotok di bagian cvt, trus di cek kena puleynya, trus udh ganti tuh dn beres, tapi skrg malah yg di rasain saat ngegas motor kaya tersendat/ berat. kira2 apanya yh gan..

    BalasHapus
  24. Gan mau nanya rpm rendah metic bergetar kampas ganda baru cuma dudukan tiang kampas ganda sedikit bengkok kira" apa penyebabnya itu? Harga kira" kalo ganti brp?

    BalasHapus
  25. Gan mau nanya rpm rendah metic bergetar kampas ganda baru cuma dudukan tiang kampas ganda sedikit bengkok kira" apa penyebabnya itu? Harga kira" kalo ganti brp?

    BalasHapus
  26. kemungkinan sering tahan gas/rpm (sambil ngerem) biasanya saat macet, bisa juga sering buka gas secara mendadak, sebaiknya ganti sekalian karet dumpernya. untuk harga kisaran 60-90 ribuan (yang pasti masih dibawah 100, note matic honda kecuali vario 150 ama pcx)

    BalasHapus
  27. Kalo motor di lepas gas ada letupan kenapa ya? Motor vario 110 fi led

    BalasHapus
  28. Gan mau nanya,motor saya beat sporty cwe 2017,pengen ganti knalpot cld kalau standartran mesinya bakal masuk ga suaranya atau malah ga masuk,atau harus ganti per cvt sama roller

    BalasHapus
  29. Kita juga mau tanya nih bang, motor ku beat fi iss 2015 . kalo nglewatin polisi tidur mau digas pelan malah kaya brebet* gitu . dibongkar sama kakak kata'y suruh ganti v-belt udh pecah* ama kampas ganda'y udh tipis apa gmana gitu. Nah kalo v-belt nya diganti engga 1 set sama roller'y . kira* gimana bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau roller masih bulat sempurna gakpapa tetap dipakai, api kalau sudah peang sisi-sisinya lebih baik ganti sekalian

      Hapus
  30. Saya punya motor beat 2014,dibagian cvtnya suka bunyi krek krek gitu bang kira2 apanya yg bermasalah ?

    BalasHapus
  31. Saya punya beat 2012,, bagian cvt suka bunyi ngreng kalau tariakan gas awal katanya polly nya harus ganti,, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  32. Lokasi nya dimana bang ,bengkel nya dijakarta bukan ???

    BalasHapus
  33. Motor saya beat, setelah sehari ganti oli gardan motor saya ada bunyi krek-krek yg makin kuat d kecepatan 50-60km Dan gas nya secara tiba-tiba jadi tersendat-sendat, saya bawa ke bengkel katanya seal ny sudah bocor Dan sudah saya ganti, tp bunyi krek-krek ny masih ada Dan gas masih tersendat-sendat, sebenernya apa ya masalah motor saya, moon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau odometer sudah tinggi bisa dari gear rasio gardan (mungkin aus kemakan) atau kalau jarak tempuh belum tinggi2 amat biasanya dari laher (bearing) cvt yang oblak

      Hapus
  34. Gan beat fi sama all new beat fi esp kampas ganda nya sama ga gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda,
      beat fi sama dengan scoopy fi, spacy, vario 110 led kode part KZLA00
      beat esp K81N00
      beda harga cuma 3-5 ribu

      Hapus
  35. Bang mau tanya dong,klo daleman cvt/puli beat karbu sma beat fi bisa di tuker pasang ngga ya?

    BalasHapus
  36. Kalo Vario 150 all new, pas macet bergetar..
    Itu kenapa ya?

    BalasHapus
  37. Duluin gnt vanbel pa kmpas gnda,bng

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu vanbelt, biasanya 3 banding 1,
      3 kali vanbelt, baru 1 kali ganti kampas ganda, bisa lebih lama jika pemakaian tidak terlalu agresif

      Hapus
  38. Bang mau tanya, knalpot kalo diposisi lepas gas nembak itu masalahnya diaapannya ya ? Soalnya pas setelan anginnya dikecilin udah gak nembak tpi bikin lari berat
    Solusi selain ngecilin setelan gas gimana lagi bang? Motornya beat esp

    BalasHapus
  39. Bang mau tanya.knpa ya bearing cvt yg kuninganya cpat oblak...smpai sring ganti.dan knp waktu jln d rpm tetap mtor tiba2 larinya ngempos trus normal lg.dan itu trus2an trjadi.mhon prcerahanya.mtor saya beat 2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuningan bearing ?, coba cari bearing yang nggak ada kuningannya

      Hapus