googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Filter Udara Honda Verza

Ganti Filter Udara Honda Verza

Perhatikan Kodenya K18, beda lo sama CB

 Iseng-iseng servis honda verza setelah odometer menginjak 12 ribuan km, Dan ternyata filter udara yang tertanam dalam bawah jok persis sudah kotor amat sangat, Dan sebenarnya sedikit aneh karena odometer belum juga 20 ribu eh filter udara kok kotor amat , awalnya asumsi saya mengenai kotornya filter ini adalah sebagai berikut :


1. Jarang dibersihkan, tapi kalau dipikir filter udara verza seperti kebanyakan motor saat ini yaitu berbahan kertas, jadi dirasa memang tidak bisa dibersihkan, artinya ya sekali pakai , beda dengan filter busa (spoon).

2. Efek Premium kah ?, sebelum 10 ribu kebawah ane memang cekokin verza dominan premium, emang ngaruh ? (belum tahu mungkin iya ?),

3. Efek gaya berkendara ? , tapi rasanya tidak mungkin.

Setelah dipikir lebih lanjut memang nggak ada habisnya, waktu itu memang pas servis stel klep, ganti kampas em depan, eh ternyata disamperin sama mekaniknya dia bilang "mas filter udara sudah kotor, mau diganti atau dibersihkan?" berhubung duit juga nipis maka saya pilih dibersihkan. Tapi sejenak "bersihkan ?" bukannya jelas filter jenis ini haram disemprot dsb, tapi entahlah ya itu urusan mekanik toj ... hehehehe.

Kotornya ,,,,,,,,

Selang seminggu berhubung ane ada duit langsung ngacir ke toko sparepart honda Suma, buat beli tuh filter udara, memang sejak servis mekanik bilang bahwa filter kotor, motor terasa berat gak enak,( entah memang begitu atau sugesti tuh mekanik ),. Untuk menebus filter udara verza cukup sediakan doku 50rb, betislah sama filter beat selisih 10 ribu .

Lah kok warnanya beda ? entah, memang bawaan motor warna kertas pada filter kuning, tapi ane beli kemarin warna hijau kertas filternya, tapi posting aja gak ngaruh secara cuma warna doang, fisik sama, insya allah gak pengaruh heheheh.

Untuk ganti gak perlu ke bengkel, cukup buka jok intip tuh box filter, lepas 4 baut dengan obeng plus, (hati-hati) saat membuka baut depan karena posisi tertutup oleh rangka, jangan sampai nyungsep tuh baut.

Efek setelah ganti filter udara ?

1. Tarikan uenak pool

2.

3.

2 dan 3 atau seterusnya bisa dishare nanti,

sooo jangan lupa ganti filter udara motormu ....



18 komentar:

  1. Ada ngga ya yang dari bahan stainless steel?
    Soalnya filter udara stainless steel CB 150R udah ada tuh yang jualan.

    BalasHapus
  2. Mantab bro, ane lg nunggu filter udara ferrox buat verza cuma blm ada project kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahal gan , standart lebih pas kantong hehehehe

      Hapus
    2. gan, filter standar verza sama gak kaya CB?

      Hapus
    3. beda beda sekali gan, verza k18,

      Hapus
  3. Misalkan filter kertas itu diganti spon gimana ya, kan mudah dicuci

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan gan eman2, sekarang filter kertas lebih mudah nyaring debu, tapi kalo kepepet banget ya gakpapa, hehehe,

      Hapus
  4. Mau tanya, ganti filter apa harus di kilometer 12 ??
    Karena punya saya sudah di kilometer 15 malah hampir 16 gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak harus, bergantung kondisi jalan yang dilalui, kalau sering lewat jalan berdebu, filter lebih cepat kotor, kalau km 16 ribu masih bersih ya nggak masalah tetap di pakai

      Hapus
  5. ane uda 48000km lbh, blm ganti,tarikan masih lumayan enak...wkwkwk
    btw pengen ganti yg spon aja ada gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wanjir 48 ribu, heheheh, kalau nyepon buat sendiri aja gan

      Hapus
  6. Wah benar juga yah ...saya sampai lupa sama filter udara ,udah 29.000 km pemakaian 2 tahun buset dahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset 29 ribu km, saya penasaran penampakannya , hahaha

      Hapus
  7. ^^^^ anjrid 48rb blm diganti wkwkwkwk... rider mati rasa namanya yak

    BalasHapus
  8. kalo cuma d copot trus gak dipasang lagi nanti efeknya gimana gan?

    BalasHapus
  9. +akselerasi bawah lebih nampol
    -injector cepat kotor
    - putaran atas melompong
    - oli cepat EOL (end of life)

    BalasHapus
  10. tapi kalo d copot nya untuk pemakaian dalam waktu yang enggak lama, gak ada masalah kan gan. punya aku aku copot kemaren udh hmpir seminggu blum ane pasang gan ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus