googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Review Oli Shell Advance AX7 di Honda Verza

Review Oli Shell Advance AX7 di Honda Verza


Setelah menempuh jarak 6000km lebih,akhirnya telah ane setia dengan oli bawaan pabrikan alias AHM oli,kini akhirnya nyeleweng juga coba oli lain barangkali ada perubahan seperti yang ane harapkan.Yups 6000 km dengan oli AHM memang cukup memuaskan tapi ya ada tapinya,AHM SPX 1 yang selama ini ane pakai memang sesuai dengan rekomendasi pabrikan 10w 30 dengan harga 50 rb dapat kembalian,peforma yang didapat saya rasa sebanding,akan tetapi ada beberapa poin minus dari ini oli diantaranya :


1.Sering selip kopling

2.Tingkat penguapan tingggi

jika diurai satu2 serlip kopling memang sering terjadi di honda verza terutama saat masuk ke gigi 2 tiba-tiba netral wasyem tenan toh,hal ini memang bawaannya motor hal itu sesuai dengan (kata) suhu-suhu honda verza di berbagai forum,akan tetapi masak iya ini penyakit turunan mengingat intensitas selip/miss gear sering terjadi.lalu tingkat penguapan tinggi,apa benar ? setelah dua kali pergantian rutin tiap 2000km oli yang tersisa hanya sekitar 0,6 L,edan toh ane sinyalir berkurangnya oli yang cukup signifikan ini jadi biang kerok selip/miss gear di verza.

Coba Oli yang lebih kental
Memang rekomendasi pabrikan adalah oli dengan kekentalan 10w-30,akan tetapi mengingat pilihan oli dengan viksionitas tersebut sangat jarang (kecuali ahm oil/cmiiw),maka terpaksa pakai 10w-40 yang setingkat lebih kental,maka ane coba pakai oli shell advance AX7,untuk harga hampir sama dengan SPX1.Lah setelah hampir 2000km pemakaian berikut testi ane pakai ini oli di honda verza

1.Tarikan Bawah lebih padat dan ganas

2.Selip/miss gear hampir tidak pernah terjadi

3.Tingkat penguapan stabil

tapi tetap ada sisi lemahnya (menurut ane ) :

1.Tarikan Atas Agak berat

2.Suhu mesin panas

Memang benar setelah si verza pakai AX7 gejala miss gear gigi 2 ke n hampir tidak pernah terjadi tapi tetep ada,tapi tidak sesering ketika menggunakan SPX 1,lalu tarikan bawah sampai menengah terasa lebih padat dan ganas disinyalir teknologi RCE pada Shell AX7 ikut andil disini suaranya ngebaas dan padat broo.Lalu tingkat penguapan stabil,setelah dicek ternyata tingkat penguapan stabil wajar dari 1L tingkat penguapan waktu ane ganti hanya turun 100ml,terbukti lebih stabil dari SPX1.

Tapi tetep saja ada sisi lemahnya ini oli,yang pertama ternyata konsekuensi responsifnya tarikan bawah sampai tengah ternyata tidak berlaku kalo dipakai top speed,ternyata putaran atas mena galami penurunan dibanding saat menggunakan SPX 1,tidak hanya itu suhu mesin terasa lebih panas,pernah ane coba riding 30 menit saja mesin terasa lebih panas dibanding waktu pakai SPX 1.
Last dengan harga yang hampir sama menurut ane Shell Advance Ax7 sedikit lebih baik dibanding SPX 1,tapi tentu juga bisa disebut berimbang mengingat kelebihan Ax 7 adalah hal yang bisa menutupi kelemahan di SPX 1 begitu juga sebaliknya.


10 komentar:

  1. wajar, prinsip pemilihan saya sih.
    ada harga ada kualitas.
    harga gak pernah bohong.
    sip buat artikelnya, saya pake cb150r, dan memakai shell ax7. alhasil, jarang slip kopling dibandingkan saat memakai mpx dan federal ultra.
    awalnya masalah oli saya kira yg penting sering diganti, karena dulu pake matic.
    ternyata saat memakai moge,memang terasa perbedaan tiap ganti jenis oli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi gan wajar gan , tapi ane kembali ke ahm oil hehehehe

      Hapus
    2. Maaf mau tanya ane kan pake new cb150r nah mau nyoba pake oli shell ax7 10w40 itu ada yang volume 1.2 liter ga oli nya?

      Hapus
  2. salam rider verza bro :D
    verza ane dulunya dikasih ax7 juga
    impresinya emang awalnya enak banget, tapi kalo udah lewat 1000km penurunan kualitas olinya berasa banget, apalagi kalo buat macet"an parah di jakarta, mesin overheat berasa naik supra 100cc tarikannya wkwkwk, belum lagi mesin pengen mati mulu bawaannya
    tapi setelah gabung di grup HDEO/PCMO ane kasih oli mobil adnoc voyager silver yg 10w-40 juga..
    harganya agak lumayan sih 98rb beli di toko pusat oli TODA di tangerang, tapi overall mantep banget ini oli, suara knalpot tambah padet, mesin lebih halus & getaran juga berkurang, panas mesin stabil, kalo macet"an ngak kedodoran kaya ax7, dan konon bisa sampe 3000km++..
    so far menurut ane worthed deh dari pada ax7 yang ane kasih v-power tiap hari tetep aja 1000km udah item banget, 1500km tenaga makin hilang ditambah pagi" engkol motor lebih susah dari biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. macetnya surabaya aja amit2, gimana ya jakarta hehehehe. sekarang pakai standart pabrikan gan mpx 1, yang penting rajin ganti oli

      Hapus
  3. Kalo mtr ku hsx 125 fi th2012. Di awal pake ahm mpx1 tapi mesin panas tarikan berat kopling berat dan sring slip kopling suara mesin kasar ngalahin suaranya knalpot. Pake enduro racing 4t dua kali malah lebih buruk. Bulan mei 2015 ini mulai pake shell advance ax7. Sudah 2kali tap oli dan sekarang makin nyaman dan maksimal motor hsx 125fi ku. Gigi persneling 1 nyampe 40km/jam gp2 nyampe 60km/jam gp3 nyampe 80km/jam gp4nyampe 110km/jam.

    BalasHapus
  4. Salam kenal brow.motor q jg verza,q sering pake SPX1.tp q gk pnh tu sring selip.slm verza riders...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Verza mas bro... Ane juga pake si Verza. Tapi lebih cocok pake castrol POWER1. Uda perna nyoba pake enduro racing, prima xp, fastron juga. tapi ending2nya, cocok castrol P1

      Hapus
  5. Mpx1 aja om. Tapi oli ditambah 150ml. Sudah dibuktikan Dan selama ini peforma lancar terkendali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal2 dulu pernah coba nambah oli mpx dikarenakan suara mesin. Mindah girnya enak tapi akselerasinya turun. Kopling kurang nggigit padahal cuma ditambah sedikit. Ikuti anjuran pabrik aja.

      Hapus