googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Bicara Monoshock Jupiter MX

Bicara Monoshock Jupiter MX




Riding menggunakan shock belakang bertipe tunggal atau akrab disebut monoshock memang berbeda dengan shock ganda.Selain kestabilan yang lebih dibanding dual shock kenyamanan tentu adalah hal yang juga didapat dari suspensi  monoshock.
 i
Akan tetapi jika monoshock mengalami masalah tentu sirna sudah keunggulan yang ditawarkan system suspense ini.Salah satu motor yang menggunakan monoshock  adalah Jupiter MX saya juga adalah pengguna Jupiter mx sejak lima tahun lalu.Bicara sedikit mengenai motor saya memang mempunyai nilai histori yang tinggi (bagi saya),sudah 70 ribu km lebih saya mengendarai motor ini dan masih banyak suka duka lainnya mempunyai motor berkubikasi 135cc ini.

Bicara mengenai suka nya dengan motor ini memang banyak,akan tetapi saya akan membahas tentang salah satu duka mempunyai motor ini. Seperti yang saya singgung di paragraph kedua tadi yaitu tentang suspensi belakang (monoshock) yang mengalami masalah.Sistem suspensi belakang MX menganut system suspense tunggal atau acap kali yang disebut monoshock akan tetapi Yamaha sendiri lebih sering menyebut suspense ini monocros (cmiiw) karena system dudukan bawah shock langsung kontak dengan lengan ayun (arm) tentu hal ini membuat motor sangat nyuaman dikendarai (berdasarkan pengalaman yang saya rasakan).

Akan tetapi hal tersebut hanya bertahan beberapa tahun saja,Motor saya yang dulunya nyamaan banget setelah kurang lebih 3,5 tahun mulai mengalami masalah pada bagian suspense belakang dimana shockbreaker belakang yang hanya satu (memang Cuma satuu) ternyata bocor.Beberapa hal yang saya rasakan ketika monoshock belakang bocor adalah sebagai berikut :

1.   Motor Tidak Stabil,hal ini saya rasakan baik itu ketika saya sendiri mupun dalamkeadaan berboncengan,yang paling parah memang ketika sendiri,ketika bagian belakang minim beban motor akan terasa seperti mendal-mendal,akan tetapi ketika boncengan gejala mendal-mendal sedikiiit berkurang.

2.   Rebah Berpotensi Ndelosor,yang saya alami bukan berpotensi lagi akan tetapi memang benar-benar saya alami,ketika saya hendak menikung sedikit agak ekstrem kontan saja bagian belakang motor serasa tidak lengket dengan aspal (BAN belakang) bisa ditebak saya pun ndelosor dengan mulus.

3.   Kecepatan Tinggi motor Getaar, Sebelum shock belakang saya bocor ketika kecepatan tinggi (100 km/jam keatas motor terasa stabil dan getaran sangat minim,akan tetapi ketika monoshock mengalami masalah Chater (getaran) pada motor ketika kecepatan tinggi sangat terasa bahkan terasa sampai sekuju bodi motor,mungkin hal ini terjadi karena monoshock sudah tidak bisa meredam getaran mesin secara sempurna.

 
Setelah kurang lebih setahun saya bertahan dengan kondisi motor yang mengalami masalah pada bagian belakang saya pun iseng-iseng mencoba dating ke tukang servis shockbreaker.Kenapa Nggak beli baru ? maklum lah uang 275 ribu   termasuk besar bagi saya.

Dan ketika Shock dibongkar ternyata bagian dalam monoshock bentuknya nggak karuan,dimana bagian sil dalam shock yang menampung oli telah bengkok parah (hampir patah),akan tetapi Alhamdulillah bagian yang lainnya termasuk batangan shock dan per hanya mengalami kerusakan,dimana bagian batangan shock yang bawah bengkok sedikiit dan per skok hanya sedikiit nggak senter (kencang).

Jadi bagian yang diganti adalah sil oli skok dan bagian atasnya (entahlah apa itu namanya),setelah kurang lebih 1 setangah jam an monoshock pun kembali seperti sedia kala (nggak seperti baru loh,hehehe).Setelah membayar ongkos 35 ribu motor pun langsung saya bejak ke kiri kekanan dan pada kecepatan tinggi.

Awalnya memang sedikit agak canggung tetapi setelah penyesuaian bebrapa hari ternyata motor serasa enak dikendarai kembali,entah itu diajak rebah kekanan ataupun kekiri akan tetapi chater (getaran) pada kecepatan tinggi masih sedikit terasa,Akan tetapi masih batasan wajar.Guna mengimbangi monoshock monoshock yang waraas shock depan pun saya pendekkan beberapa centi (kurang lebih 4 cm) dan sedikit menambah oli skok depan agar bantingan  skok depan nggak sedikit lembek.


Hasilnya yap sangat memuaskan,saya coba pulang pergi sidoarjo-malang handling motor sangat bersahabat,memang tidak seperti ketika baru akan tetapi setidaknya lebih baik dari ketika sakit dulu hehehe 

34 komentar:

  1. punya q jg gan, emng bertahan lama ta gan kalo di servis gtu, soale punya q jg sama masalah e kayak punyae agan, truz tak servis, cuman bertahan 2 bulan truz bocor lagi gan, emng agan servis di sodoarjo mana gan.

    BalasHapus
  2. Samping Lapangan tenis gor sda,emang nggak serasa monoshock baru,tapi lebih baik ketimbang kondisi bocor gan,

    BalasHapus
  3. samping lapangan tenis bukanx kolam renang gan,

    BalasHapus
  4. sorry,samping belakang maksudnya(timur)

    BalasHapus
  5. mx aku kluaran thn 2005, permasalah pada shock belakang cuma pada karet dudukan yg di posisi bawah, di ganti cm bertahan 2 mgg trus habis lg tu karet...
    mohon pencerahannya gan....

    BalasHapus
  6. punya ane mx 2011 da bocor gan skr,bingung jg cepet amat da bocor 1 thn..sama tuh mendal2..jd ngeri klo mo ngebut..KM mtr sih emg udah 26 rebu..klo yg harga 275rb itu yg ori yamaha ya gan? pencerahan gan...

    BalasHapus
  7. mas bambang : harga orinya memang segitu gan,nggak sampek 300,paling banter 290 sekalian masang.yang YSS agak lebih tinggi,tapi kata temen ane Agak keras dikit secara harga juga nggak beda jauh (beda 10 ribu kalau nggak salah)

    tutus : langsung ganti aja gan,secara motor ente lebih tua dari motor ane,rencana ane juga mau ganti serasa sudah diambang batas (heheheh),

    BalasHapus
  8. Motor saya Jupiter MX 2007, mungkin sudah mati monischor nya, soalnya akalau lewat jalan berlubang, terasa sekali getarannya, dan kalau jalan jauh, badan pegal semua....

    oh ya .. didalam monoschot apakah ada oli? sepeti pada garpu/ shap yang memegang ban depan?

    BalasHapus
  9. oli setahu saya ada pada monoshock mx,dan juga pastinya gas,untuk masalah badan sakit semua memang iya,dulu saya pakai 50km badan rasanya sakit, saran sebaiknya ganti saja bro,untuk menghindari efek buruk lebih jauh bagi anda

    BalasHapus
  10. sory gan, nyamber dikit,,,
    ane pnya mtor thn.2010 pas ane pake udah hmpir 2 thn ane klo lg boncengan, pas poldur pengebisan ban blakang suka bunyi jdaak, br ulang" saat itu.kaya beradu". tpi kejadian pas ane ganti geer blakang agak kecil" ngarep ada tarikan pas lurus.
    tpi pas kesinian mlah parah. apa ad pengaruhnya sma geer yg agak kecil.
    ketika ane udah risih.shock orinya ane jual 100. tpi diliat kondisi bgus.trus ane ganti shock 0ri lgi tp harga ga smpe 200. pas pake smpe skrg, kendalanya sma lgi bunyi" jdaak" lg. pas selesai poldur.malah skarg bocor. apess....
    jdi ap ad ngaruhnya sma geer yg ane ganti. ber akibat bunyi" lg...
    tolong infonya gan..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dari monoshock yang bocor ky ny gan . Kaya punya saya juga gitu

      Hapus
  11. gear belakang lebih kecil memang ngaruh sama top speed gan,tapi untuk bunyinya ane kurang tahu

    BalasHapus
  12. Motor ane new mx 2012, sama gan baru setahun lebih dikit monoshock udh gak karuan, kalo dipake motor rasanya pada goyang, apalagi kalo lewat jalanan aspal yang bentol2, kira2 mending diganti shock Ori atau YSS yaa gann..... Mungkin ad yg bisa jawab

    BalasHapus
  13. Motor ane new mx 2012, sama gan baru setahun lebih dikit monoshock udh gak karuan, kalo dipake motor rasanya pada goyang, apalagi kalo lewat jalanan aspal yang bentol2, kira2 mending diganti shock Ori atau YSS yaa gann..... Mungkin ad yg bisa jawab

    BalasHapus
  14. Shock Ori rassnya handlingnya sama seperti mx ketika waktu pertama beli (dengan catatan nggak ada rubahan apapun),sedang YSS lebih tinggi monoshocknya,handling motor rasanya agak keras tapi pas lah untuk harian,harganya juga terpaut sedikit,

    BalasHapus
  15. Ada rekomendasi toko utk beli yss gan? Aku di sidoarjo juga

    BalasHapus
  16. Ada rekomendasi toko utk beli yss gan? Aku di sidoarjo juga

    BalasHapus
  17. wah, lucu teman-teman, mx ku juga kalo jlan gk rata dikit aja, langsung koar-koar dah tuh.. pengendara lain jadi kaget, kirain sayanya yang jatuh saking keras bunyi "jdak"nya.

    BalasHapus
  18. ane barusan servis sokbreker MX '12 kena 100ribu,apa itu kemahalan gan?ane ngerasa curiga dikerjain ama tukang servisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NB:sokbreker belakang (monoshock).

      Hapus
  19. cara nurunin shock depannya gimana mas ?

    BalasHapus
  20. sokbreker punya gw keras gan... padahal baru ganti original harga Rp250 ribu ... apa iya kalo sokbrekeroriginal malah kerasdan g tahan lama...?? mohon solusinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kok aneh gan , prasaan shock ori baru bantingannya nggak stif (keras) amat, punya mx cenderung lembut, yang penting nggak ngesot aman gan

      Hapus
  21. SHOCK belakang Motor anda...
    BOCOR-- AUS-- MATI-- NJEDOK2 di polisi tidur --AMBLES-- KERAS

    Jangan beli SKOK IMITASI atau SKOK VARIASI MURAHAN
    APALAGI SKOK SUNTIK2 AN anda pasti kecewa

    GANTI TABUNG HIDROLIS DALAMnya SKOK aja BARANG BARU ORI KWALITAS 1 IMPORT

    CUKUP MINDAH PER ORISINIL nya SAJA BERES SHOCK JADI BARU LAGI

    Honda
    1- Prima, Grand , Kirana , Legenda ===> 70 rb/set
    2- Supra X 125 , Revo 2008, Karisma ===> 70 rb/set
    3- Beat lama , Vario tecno lama ===> 50 rb
    4- Beat Fi , Vario PGM Fi 125 ===> 60 rb
    5- GL MAX PRO MP TIGER VERSA ===> 145 rb/set
    6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 ==> 95
    Yamaha
    1- Vega R , Fiz ,Alfa , Cripton , Jupiter Lama ===> 65 rb/set
    2- Mio , Soul , Xeon ===> 50 rb
    3- Vega R New , Jupiter Z ===> 70 rb/set
    4- Vega ZR , Jupiter Z New ===> 75 rb/set
    5. Jupiter MX ===> 150 rb
    Suzuki
    1- Shogun R 110, Smash 110 ===> 70 rb/set
    2- Shogun R 125 ===> 95 rb/set
    3- Spin ===> 60 rb
    4. Satria FU ===> 200rb

    UNTUK BENGKEL HARGA LEBIH MURAH GARANSI 6 BULAN PENGIRIMAN LANGSUNG DARI SURABAYA-JATIM

    stan1 Pak Man skok jl adityawarman 85 sbya
    stan2 Loebis Motor jl semampir 41a sbya
    stan3 Sulton Skok jl raya Betro 45 sedati
    stan4 Asco skok perum kahuripan nirwana blok CA 9/58 sda

    TERSEDIA DI kota KEDIRI , TRENGGALEK , PONOROGO , MALANG

    DICARI MITRA DI KOTA2 LAINNYA
    LUAR KOTA VIA POS JNE DLL

    Fast response WA --0857xxx3019xxx3167-- BBm 587F5DF8


    ketik ASCO SKOK di google anda

    BalasHapus
  22. Apa iya pakai shock DBs pertama pakai oli merembes ke batang tengah nya

    BalasHapus
  23. Guns mendekin shock depan 3 cm apa cukup ceper? Apa kurang pendek lagi biar kliatan ceper depan tolong gan kasih pencerahannya trus olinya nambah brpa mili? Btw ane sidoarjo buduran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. depan mentok 4 cm, 3 cm pas lah lebih dari itu resiko moncong depan cium selebor, oli sesuaikan saja tiap orang beda2, coba sesuaikan pemakaian sering sendiri atau boncengan(standart kurang lebih 64/65)ml,

      Hapus
  24. Ane baru beli sock mx 208, stelah ane pasang kok keras yaaaa gan, apa karena msih baru yaaaa...?

    BalasHapus
  25. Ane baru aja ganti sock blakang mx 2008 gan, stelah ane pasang, kok terasa keras yaaaa, apa karena masih baru yaaaa...?

    BalasHapus
  26. Ane baru aja ganti sock blakang mx 2008 gan, stelah ane pasang, kok terasa keras yaaaa, apa karena masih baru yaaaa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, masih baru dan mungkin agan terbiasa shock yang empuk,

      Hapus
  27. Ada punya vedio or tuturial memberbaiki shock belakang jupiter mx135 gak ya...klo ada bisa dibagi donk...

    BalasHapus