Riding menggunakan shock belakang bertipe tunggal atau
akrab disebut monoshock memang berbeda dengan shock ganda.Selain kestabilan
yang lebih dibanding dual shock kenyamanan tentu adalah hal yang juga didapat
dari suspensi monoshock.
i
Akan tetapi jika monoshock mengalami masalah tentu sirna
sudah keunggulan yang ditawarkan system suspense ini.Salah satu motor yang
menggunakan monoshock adalah Jupiter MX
saya juga adalah pengguna Jupiter mx sejak lima tahun lalu.Bicara sedikit mengenai
motor saya memang mempunyai nilai histori yang tinggi (bagi saya),sudah 70 ribu
km lebih saya mengendarai motor ini dan masih banyak suka duka lainnya
mempunyai motor berkubikasi 135cc ini.
Bicara mengenai suka nya dengan motor ini memang
banyak,akan tetapi saya akan membahas tentang salah satu duka mempunyai motor
ini. Seperti yang saya singgung di paragraph kedua tadi yaitu tentang suspensi belakang (monoshock) yang mengalami masalah.Sistem suspensi belakang MX
menganut system suspense tunggal atau acap kali yang disebut monoshock akan
tetapi Yamaha sendiri lebih sering menyebut suspense ini monocros (cmiiw)
karena system dudukan bawah shock langsung kontak dengan lengan ayun (arm)
tentu hal ini membuat motor sangat nyuaman dikendarai (berdasarkan pengalaman
yang saya rasakan).
Akan tetapi hal tersebut hanya bertahan beberapa tahun
saja,Motor saya yang dulunya nyamaan banget setelah kurang lebih 3,5 tahun
mulai mengalami masalah pada bagian suspense belakang dimana shockbreaker
belakang yang hanya satu (memang Cuma satuu) ternyata bocor.Beberapa hal yang
saya rasakan ketika monoshock belakang bocor adalah sebagai berikut :
1.
Motor Tidak Stabil,hal ini saya rasakan baik
itu ketika saya sendiri mupun dalamkeadaan berboncengan,yang paling parah
memang ketika sendiri,ketika bagian belakang minim beban motor akan terasa
seperti mendal-mendal,akan tetapi ketika boncengan gejala mendal-mendal
sedikiiit berkurang.
2.
Rebah Berpotensi Ndelosor,yang saya alami bukan
berpotensi lagi akan tetapi memang benar-benar saya alami,ketika saya hendak
menikung sedikit agak ekstrem kontan saja bagian belakang motor serasa tidak
lengket dengan aspal (BAN belakang) bisa ditebak saya pun ndelosor dengan
mulus.
3.
Kecepatan Tinggi motor Getaar, Sebelum shock
belakang saya bocor ketika kecepatan tinggi (100 km/jam keatas motor terasa
stabil dan getaran sangat minim,akan tetapi ketika monoshock mengalami masalah
Chater (getaran) pada motor ketika kecepatan tinggi sangat terasa bahkan terasa
sampai sekuju bodi motor,mungkin hal ini terjadi karena monoshock sudah tidak
bisa meredam getaran mesin secara sempurna.
Setelah
kurang lebih setahun saya bertahan dengan kondisi motor yang mengalami masalah
pada bagian belakang saya pun iseng-iseng mencoba dating ke tukang servis
shockbreaker.Kenapa Nggak beli baru ? maklum lah uang 275 ribu termasuk besar bagi saya.
Dan
ketika Shock dibongkar ternyata bagian dalam monoshock bentuknya nggak
karuan,dimana bagian sil dalam shock yang menampung oli telah bengkok parah
(hampir patah),akan tetapi Alhamdulillah bagian yang lainnya termasuk batangan
shock dan per hanya mengalami kerusakan,dimana bagian batangan shock yang bawah
bengkok sedikiit dan per skok hanya sedikiit nggak senter (kencang).
Jadi
bagian yang diganti adalah sil oli skok dan bagian atasnya (entahlah apa itu
namanya),setelah kurang lebih 1 setangah jam an monoshock pun kembali seperti
sedia kala (nggak seperti baru loh,hehehe).Setelah membayar ongkos 35 ribu
motor pun langsung saya bejak ke kiri kekanan dan pada kecepatan tinggi.
Awalnya
memang sedikit agak canggung tetapi setelah penyesuaian bebrapa hari ternyata
motor serasa enak dikendarai kembali,entah itu diajak rebah kekanan ataupun
kekiri akan tetapi chater (getaran) pada kecepatan tinggi masih sedikit
terasa,Akan tetapi masih batasan wajar.Guna mengimbangi monoshock monoshock
yang waraas shock depan pun saya pendekkan beberapa centi (kurang lebih 4 cm)
dan sedikit menambah oli skok depan agar bantingan skok depan nggak sedikit lembek.
Hasilnya
yap sangat memuaskan,saya coba pulang pergi sidoarjo-malang handling motor
sangat bersahabat,memang tidak seperti ketika baru akan tetapi setidaknya lebih
baik dari ketika sakit dulu hehehe
punya q jg gan, emng bertahan lama ta gan kalo di servis gtu, soale punya q jg sama masalah e kayak punyae agan, truz tak servis, cuman bertahan 2 bulan truz bocor lagi gan, emng agan servis di sodoarjo mana gan.
BalasHapusSamping Lapangan tenis gor sda,emang nggak serasa monoshock baru,tapi lebih baik ketimbang kondisi bocor gan,
BalasHapussamping lapangan tenis bukanx kolam renang gan,
BalasHapussorry,samping belakang maksudnya(timur)
BalasHapusmx aku kluaran thn 2005, permasalah pada shock belakang cuma pada karet dudukan yg di posisi bawah, di ganti cm bertahan 2 mgg trus habis lg tu karet...
BalasHapusmohon pencerahannya gan....
punya ane mx 2011 da bocor gan skr,bingung jg cepet amat da bocor 1 thn..sama tuh mendal2..jd ngeri klo mo ngebut..KM mtr sih emg udah 26 rebu..klo yg harga 275rb itu yg ori yamaha ya gan? pencerahan gan...
BalasHapusmas bambang : harga orinya memang segitu gan,nggak sampek 300,paling banter 290 sekalian masang.yang YSS agak lebih tinggi,tapi kata temen ane Agak keras dikit secara harga juga nggak beda jauh (beda 10 ribu kalau nggak salah)
BalasHapustutus : langsung ganti aja gan,secara motor ente lebih tua dari motor ane,rencana ane juga mau ganti serasa sudah diambang batas (heheheh),
Motor saya Jupiter MX 2007, mungkin sudah mati monischor nya, soalnya akalau lewat jalan berlubang, terasa sekali getarannya, dan kalau jalan jauh, badan pegal semua....
BalasHapusoh ya .. didalam monoschot apakah ada oli? sepeti pada garpu/ shap yang memegang ban depan?
oli setahu saya ada pada monoshock mx,dan juga pastinya gas,untuk masalah badan sakit semua memang iya,dulu saya pakai 50km badan rasanya sakit, saran sebaiknya ganti saja bro,untuk menghindari efek buruk lebih jauh bagi anda
BalasHapussory gan, nyamber dikit,,,
BalasHapusane pnya mtor thn.2010 pas ane pake udah hmpir 2 thn ane klo lg boncengan, pas poldur pengebisan ban blakang suka bunyi jdaak, br ulang" saat itu.kaya beradu". tpi kejadian pas ane ganti geer blakang agak kecil" ngarep ada tarikan pas lurus.
tpi pas kesinian mlah parah. apa ad pengaruhnya sma geer yg agak kecil.
ketika ane udah risih.shock orinya ane jual 100. tpi diliat kondisi bgus.trus ane ganti shock 0ri lgi tp harga ga smpe 200. pas pake smpe skrg, kendalanya sma lgi bunyi" jdaak" lg. pas selesai poldur.malah skarg bocor. apess....
jdi ap ad ngaruhnya sma geer yg ane ganti. ber akibat bunyi" lg...
tolong infonya gan..thx
Itu dari monoshock yang bocor ky ny gan . Kaya punya saya juga gitu
Hapusgear belakang lebih kecil memang ngaruh sama top speed gan,tapi untuk bunyinya ane kurang tahu
BalasHapusMotor ane new mx 2012, sama gan baru setahun lebih dikit monoshock udh gak karuan, kalo dipake motor rasanya pada goyang, apalagi kalo lewat jalanan aspal yang bentol2, kira2 mending diganti shock Ori atau YSS yaa gann..... Mungkin ad yg bisa jawab
BalasHapusMotor ane new mx 2012, sama gan baru setahun lebih dikit monoshock udh gak karuan, kalo dipake motor rasanya pada goyang, apalagi kalo lewat jalanan aspal yang bentol2, kira2 mending diganti shock Ori atau YSS yaa gann..... Mungkin ad yg bisa jawab
BalasHapusShock Ori rassnya handlingnya sama seperti mx ketika waktu pertama beli (dengan catatan nggak ada rubahan apapun),sedang YSS lebih tinggi monoshocknya,handling motor rasanya agak keras tapi pas lah untuk harian,harganya juga terpaut sedikit,
BalasHapusAda rekomendasi toko utk beli yss gan? Aku di sidoarjo juga
BalasHapusAda rekomendasi toko utk beli yss gan? Aku di sidoarjo juga
BalasHapuswah, lucu teman-teman, mx ku juga kalo jlan gk rata dikit aja, langsung koar-koar dah tuh.. pengendara lain jadi kaget, kirain sayanya yang jatuh saking keras bunyi "jdak"nya.
BalasHapusane barusan servis sokbreker MX '12 kena 100ribu,apa itu kemahalan gan?ane ngerasa curiga dikerjain ama tukang servisnya.
BalasHapusNB:sokbreker belakang (monoshock).
Hapuscara nurunin shock depannya gimana mas ?
BalasHapussokbreker punya gw keras gan... padahal baru ganti original harga Rp250 ribu ... apa iya kalo sokbrekeroriginal malah kerasdan g tahan lama...?? mohon solusinya....
BalasHapuslah kok aneh gan , prasaan shock ori baru bantingannya nggak stif (keras) amat, punya mx cenderung lembut, yang penting nggak ngesot aman gan
HapusSHOCK belakang Motor anda...
BalasHapusBOCOR-- AUS-- MATI-- NJEDOK2 di polisi tidur --AMBLES-- KERAS
Jangan beli SKOK IMITASI atau SKOK VARIASI MURAHAN
APALAGI SKOK SUNTIK2 AN anda pasti kecewa
GANTI TABUNG HIDROLIS DALAMnya SKOK aja BARANG BARU ORI KWALITAS 1 IMPORT
CUKUP MINDAH PER ORISINIL nya SAJA BERES SHOCK JADI BARU LAGI
Honda
1- Prima, Grand , Kirana , Legenda ===> 70 rb/set
2- Supra X 125 , Revo 2008, Karisma ===> 70 rb/set
3- Beat lama , Vario tecno lama ===> 50 rb
4- Beat Fi , Vario PGM Fi 125 ===> 60 rb
5- GL MAX PRO MP TIGER VERSA ===> 145 rb/set
6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 ==> 95
Yamaha
1- Vega R , Fiz ,Alfa , Cripton , Jupiter Lama ===> 65 rb/set
2- Mio , Soul , Xeon ===> 50 rb
3- Vega R New , Jupiter Z ===> 70 rb/set
4- Vega ZR , Jupiter Z New ===> 75 rb/set
5. Jupiter MX ===> 150 rb
Suzuki
1- Shogun R 110, Smash 110 ===> 70 rb/set
2- Shogun R 125 ===> 95 rb/set
3- Spin ===> 60 rb
4. Satria FU ===> 200rb
UNTUK BENGKEL HARGA LEBIH MURAH GARANSI 6 BULAN PENGIRIMAN LANGSUNG DARI SURABAYA-JATIM
stan1 Pak Man skok jl adityawarman 85 sbya
stan2 Loebis Motor jl semampir 41a sbya
stan3 Sulton Skok jl raya Betro 45 sedati
stan4 Asco skok perum kahuripan nirwana blok CA 9/58 sda
TERSEDIA DI kota KEDIRI , TRENGGALEK , PONOROGO , MALANG
DICARI MITRA DI KOTA2 LAINNYA
LUAR KOTA VIA POS JNE DLL
Fast response WA --0857xxx3019xxx3167-- BBm 587F5DF8
ketik ASCO SKOK di google anda
Apa iya pakai shock DBs pertama pakai oli merembes ke batang tengah nya
BalasHapusane belum pernah pake dbs
HapusGuns mendekin shock depan 3 cm apa cukup ceper? Apa kurang pendek lagi biar kliatan ceper depan tolong gan kasih pencerahannya trus olinya nambah brpa mili? Btw ane sidoarjo buduran..
BalasHapusdepan mentok 4 cm, 3 cm pas lah lebih dari itu resiko moncong depan cium selebor, oli sesuaikan saja tiap orang beda2, coba sesuaikan pemakaian sering sendiri atau boncengan(standart kurang lebih 64/65)ml,
HapusTolong gan pencerahannya
BalasHapusAne baru beli sock mx 208, stelah ane pasang kok keras yaaaa gan, apa karena msih baru yaaaa...?
BalasHapusAne baru aja ganti sock blakang mx 2008 gan, stelah ane pasang, kok terasa keras yaaaa, apa karena masih baru yaaaa...?
BalasHapusAne baru aja ganti sock blakang mx 2008 gan, stelah ane pasang, kok terasa keras yaaaa, apa karena masih baru yaaaa...?
BalasHapusyup, masih baru dan mungkin agan terbiasa shock yang empuk,
HapusAda punya vedio or tuturial memberbaiki shock belakang jupiter mx135 gak ya...klo ada bisa dibagi donk...
BalasHapus