Umur motor verza bjr memang belum lama, baru 2 tahun lebih dikitlah, akan tetaoi km sudah 30 ribu km lebih. Motor yang sehari-hari buat riwa-riwi sekaligus buat touring tentu saja ada part yang sudah waktunya minta ganti.
Yap gejala komstir oblak sudah mendera pasca touring ke Jakarta lalu , awalnya bagian depan motor kurang nyaman, sir terasa berat di kecepatan rendah, memang jika dibuat ngacir tidak terasa, akan tetapi ketika riding santai tampak berat sebelah. Awalnya bjr pikir bearing velg depan pecah, akan tetapi setelah di cek normal-normal saja. Lalu bjr gelandang saja ke ahas, dan minta stel komstir .
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Terlihat si mekanik hanya ngendorin setelan komstir, setalah itu ia bilang "nih komstirnya kena, waktunya ganti mas, sementara di stel dulu saja ya", loalah ternyata benar komstir sudah kena, hehehe. Setelah ritual ngendorin komstir, gejala berat di stang hilang, akan tetapi stir terlalu enteng gan..., alhasil waktu dibuat menikung tajam, gejala membuang terasa. Sempat bjr buat short touring ke Ijen dan beberapa kali ke ngalam. Gak papa gan? tentu saja gakpapa akan tetapi ya betah-betahin , disamping stang liar waktu kena jalan bergelombang terasa stir njedug-njedug, dan ketika direm depan keras bunyi cklek..
awal cuma ngendorin komstir |
Wah tentu saja naik motor seperti ini memang nggak mengenakkan. Langsung saja berburu part komstir. Oh iya brosis komstir honda verza bisa menggunakan komstir honda new megapro, komstir nmp juga pnp dengan cb150r, verza, cbr series, sonic 125. Jangan salah beli loh gan komstir sport honda ada dua jenis yang lebih kecil buat tiger, megapro primus, gl max, gl pro.
Kode Part KTR gan, |
Komstir NMP diameter sedikit lebih besar dengan kode part KTR, harganya ? murah brosis 90 ribu, akan tetapi harus sabar mencarinya karena di beberapa bengkel ahas part ini gak ready. Komstir dengan kode KTR ini dijual satu set mulai atas bawah beserta bola-bola gotrinya. murah kan 90 ribu, hehehe. bandingkan dengan komstir pabrikan sebelah
Copot fork dan segitiga |
Kelar dapat langsung bjr bawa ke ahas, tak lupa juga ganti oli shock depan , sekaligus ganti seal shoock satu set, dan alamak nggak ready seal shock depan nmp, tapi ada punya tiger dengan koder part KRM, dan ternyata plek-plek plek sama, yaiyalah wong hampir semua diameter shock depan sport honda berdiameter 31mm cungkring memang , tapi katanya kuat loh, hehehe. O iya harga seal shock depan KRM 63 ribu , beli dua jadi 126 ribu, alamak mahal amat, beda jauh dengan harga seal shock NMP yang hanya 27500 satu set dua jadi 55 ribu.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Jadi total repair komstir sekaligus shock depan rinciannya berikut :
Komstir Honda kode KTR NMP : Rp. 90.000
Seal Shock depan Honda kode KRM : Rp. 126.000
Oli Shok : Rp. 30000
Jasa Ganti Komstir : Rp. 50.000
Jasa Ganti Oli Shock : Rp. Rp. 25.000
Total : Rp. 371.000
Jumlah total memang terasa mahal hehehe, maklumlah, jika pabrikan sebelah itu baru harga komstirnya loh gan (cmiiw), sebenarnya bisa lebih mudah jika pakai seal shok nmp, akan tetapi adanya seal tiger ya sikat saja, begitu juga jasa yang mencapai 75.000 , bisa lebih murah lagi jika brosis di bengkel non ahas, paling cuma separohnya, karena ongkos pasang komstir dan ganti oli shock di bengkel non resmi jadi satu.
Sekian brosis, oh iya kelar pemasangan si montir bilang "2-4 hari pemakaian komstir akan penyesuaian, bisa ke sini lagi untuk menyetel komstir", ya dari beberapa referensi memang begitu adanya setelah pemasangan komstir baru selang beberapa hari harus di stel lagi,
Jadi komstirmu oblak ? jangan tunggu lama, ganti saja, hehehe
Semoga bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Sangat bermanfaat gan, tks atas postingannya.
BalasHapusBerhubung ane sebagai penganut paham verzais ikutan sbg follower nih
ok sip gan, thanks sudah mampir, hehehe
BalasHapusPermisi gan numpang tanya!! Ane baru ganti komstir verza ane ko pas dipake masih oblak juga ya gan? Masih bunyi Njedug juga kalo ngehantem lubang kecil juga gan??
BalasHapuskurang rapet gan , tunggu 1-2 hari pemakaian terus balik ke bengkel buat nyetel komstir lagi biasanya gitu gan, komstir butuh penyesuaian juga 1-2 hari pakai riding santai (jangan hajar lubang) selang 1-2 hari kembali lagi buat nyetel komstir gan
BalasHapusMending pake komstir model bambu gan. Lbh tahan hentakan dan lbh awet. Emang agak mahal sdkt tp jangka panjangnya lbh oke.
BalasHapus1 tips lain bwt nyetel komstir, pd setelan pertama, dikencengin aja sktr 10-15%. Nanti kemudi akan terasa sdkt berat, tp biasakan saja. Stlh bbrp hari dy akan otomatis menyesuaikan dan nge-pas normal lg kemudinya.
kalo bekas jatoh kemungkinan besar komstirnya, tapi gak ada salahnya cek klaher roda depan juga,
BalasHapusKejadiannya sama persis kaya saya nih min, motor kalo km udah nyampe 30 rb an pasti udah bawel. Mulai dari cakram depan, komstir, filter udara wkwkwk
BalasHapusyups, untung saja harganya masih terjangkau, hehehe
HapusCeritanya sama persis seperti moto saya, thanks infonya sangat bermanfaat :D salam honda verza bikers
BalasHapusAne hari ini ke ahass. Masa komstir verza doang skrg 405rb.. bener ga tuh gan?
BalasHapus90-95 rb ,
Hapus