googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Komstir Honda Verza

Ganti Komstir Honda Verza

Umur motor verza bjr memang belum lama, baru 2 tahun lebih dikitlah, akan tetaoi km sudah 30 ribu km lebih. Motor yang sehari-hari buat riwa-riwi sekaligus buat touring tentu saja ada part yang sudah waktunya minta ganti.



Yap gejala komstir oblak sudah mendera pasca touring ke Jakarta lalu , awalnya bagian depan motor kurang nyaman, sir terasa berat di kecepatan rendah, memang jika dibuat ngacir tidak terasa, akan tetapi ketika riding santai tampak berat sebelah. Awalnya bjr pikir bearing velg depan pecah, akan tetapi setelah di cek normal-normal saja. Lalu bjr gelandang saja ke ahas, dan minta stel komstir .


Terlihat si mekanik hanya ngendorin setelan komstir, setalah itu ia bilang "nih komstirnya kena, waktunya ganti mas, sementara di stel dulu saja ya", loalah ternyata benar komstir sudah kena, hehehe. Setelah ritual ngendorin komstir, gejala berat di stang hilang, akan tetapi stir terlalu enteng gan..., alhasil waktu dibuat menikung tajam, gejala membuang terasa. Sempat bjr buat short touring ke Ijen dan beberapa kali ke ngalam. Gak papa gan? tentu saja gakpapa akan tetapi ya betah-betahin , disamping stang liar waktu kena jalan bergelombang terasa stir njedug-njedug, dan ketika direm depan keras bunyi cklek..

awal cuma ngendorin komstir
Wah tentu saja naik motor seperti ini memang nggak mengenakkan. Langsung saja berburu part komstir. Oh iya brosis komstir honda verza bisa menggunakan komstir honda new megapro, komstir nmp juga pnp dengan cb150r, verza, cbr series, sonic 125. Jangan salah beli loh gan komstir sport honda ada dua jenis yang lebih kecil buat tiger, megapro primus, gl max, gl pro. 

Kode Part KTR gan,


Komstir NMP diameter sedikit lebih besar dengan kode part KTR, harganya ? murah brosis 90 ribu, akan tetapi harus sabar mencarinya karena di beberapa bengkel ahas part ini gak ready. Komstir dengan kode KTR ini dijual satu set mulai atas bawah beserta bola-bola gotrinya. murah kan 90 ribu, hehehe. bandingkan dengan komstir pabrikan sebelah 

Copot fork dan segitiga 
Kelar dapat langsung bjr bawa ke ahas, tak lupa juga ganti oli shock depan , sekaligus ganti seal shoock satu set, dan alamak nggak ready seal shock depan nmp, tapi ada punya tiger dengan koder part KRM, dan ternyata plek-plek plek sama, yaiyalah wong hampir semua diameter shock depan sport honda berdiameter 31mm cungkring memang , tapi katanya kuat loh, hehehe. O iya harga seal shock depan KRM 63 ribu , beli dua jadi 126 ribu, alamak mahal amat, beda jauh dengan harga seal shock NMP yang hanya 27500 satu set  dua jadi 55 ribu.
Jadi total repair komstir sekaligus shock depan rinciannya berikut :

Komstir Honda kode KTR NMP : Rp. 90.000

Seal Shock depan Honda kode KRM : Rp. 126.000

Oli Shok : Rp. 30000

Jasa Ganti Komstir  : Rp. 50.000

Jasa Ganti Oli Shock : Rp. Rp. 25.000

Total : Rp. 371.000

Jumlah total memang terasa mahal hehehe, maklumlah, jika pabrikan sebelah itu baru harga komstirnya loh gan (cmiiw), sebenarnya bisa lebih mudah jika pakai seal shok nmp, akan tetapi adanya seal tiger ya sikat saja, begitu juga jasa yang mencapai 75.000 , bisa lebih murah lagi jika brosis di bengkel non ahas, paling cuma separohnya, karena ongkos pasang komstir dan ganti oli shock di bengkel non resmi jadi satu. 

Sekian brosis, oh iya kelar pemasangan si montir bilang "2-4 hari pemakaian komstir akan penyesuaian, bisa ke sini lagi untuk menyetel komstir", ya dari beberapa referensi memang begitu adanya setelah pemasangan komstir baru selang beberapa hari harus di stel lagi, 

Jadi komstirmu oblak ? jangan tunggu lama, ganti saja, hehehe

11 komentar:

  1. Sangat bermanfaat gan, tks atas postingannya.
    Berhubung ane sebagai penganut paham verzais ikutan sbg follower nih

    BalasHapus
  2. ok sip gan, thanks sudah mampir, hehehe

    BalasHapus
  3. Permisi gan numpang tanya!! Ane baru ganti komstir verza ane ko pas dipake masih oblak juga ya gan? Masih bunyi Njedug juga kalo ngehantem lubang kecil juga gan??

    BalasHapus
  4. kurang rapet gan , tunggu 1-2 hari pemakaian terus balik ke bengkel buat nyetel komstir lagi biasanya gitu gan, komstir butuh penyesuaian juga 1-2 hari pakai riding santai (jangan hajar lubang) selang 1-2 hari kembali lagi buat nyetel komstir gan

    BalasHapus
  5. Mending pake komstir model bambu gan. Lbh tahan hentakan dan lbh awet. Emang agak mahal sdkt tp jangka panjangnya lbh oke.

    1 tips lain bwt nyetel komstir, pd setelan pertama, dikencengin aja sktr 10-15%. Nanti kemudi akan terasa sdkt berat, tp biasakan saja. Stlh bbrp hari dy akan otomatis menyesuaikan dan nge-pas normal lg kemudinya.

    BalasHapus
  6. kalo bekas jatoh kemungkinan besar komstirnya, tapi gak ada salahnya cek klaher roda depan juga,

    BalasHapus
  7. Kejadiannya sama persis kaya saya nih min, motor kalo km udah nyampe 30 rb an pasti udah bawel. Mulai dari cakram depan, komstir, filter udara wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, untung saja harganya masih terjangkau, hehehe

      Hapus
  8. Ceritanya sama persis seperti moto saya, thanks infonya sangat bermanfaat :D salam honda verza bikers

    BalasHapus
  9. Ane hari ini ke ahass. Masa komstir verza doang skrg 405rb.. bener ga tuh gan?

    BalasHapus