Halo Sob
Bukan Yang Terbaik, Tapi Saat Ini Terbaik Bagi Saya
Itulah satu kalimat
yang mewakili review verza yang sudah berumur 4 tahun, yap Agustus ini si verza
sudah genap berumur 4 tahun, belum termasuk motor tua atau antik malah, tapi di
tengah masa ganti motor yang saat ini rata2 3 tahun ganti (biasanya nunggu
cicilan lunas, hehehe), rasanya verza juga sudah termasuk motor cukup jadul
secara tampilan, hehehe.
4 tahun umur verza dan
odometer saat ini kurang lebih ada di angka 58 ribu km, termasuk jarak tempuh
yang normal, mengingat setahun terakhir saya juga mengurangi aktivitas touring
yang dahulu gemar saya lakukan saat pertama kali meminang verza 3 tahun lalu.
History, diantara
lirikan motor batangan lainnya
Sedikit cerita mengenai
si verza, motor yang 3 tahun lalu saya pinang dalam kondisi bekas atau bahasa
gaulnya second, yap masih ingat di
benak saya waktu itu dengan uang sebesar 14 jutaan saya meminang verza dalam kondisi
bekas pakai, tapi istimewanya saat itu si verza saya dapat dalam kondisi yang
sangat amat istimewa yaitu full standart, service
masih terpakai satu kali, dan odometer kurang dari 3 ribu km.
Sebelum meminang verza
saat itu dengan budget yang harus terbagi
untuk kebutuhan kuliah akhirnya mau tidak mau saya dihadapkan pada 2 pilihan
beli motor bebek/ matic kondisi baru atau motor sport tapi dalam kondisi second. Pilihan pertama jelas saya coret
karena saya sudah bosan pakai bebek lagian di rumah masih ada si jupiter mx,
matic ? 2 tahun memelihara beat rasanya cukup bagi saya merasakan getirnya
motor yang tak sesuai postur (dibaca: motor kekecilan) dan dipusingkan perawatan
cvt-cvt-cvt.
Lantas di pilihlah opsi
memilih motor sport bekas, verza sebenarnya masuk pilihan ke sekian alias bukan
prioritas. Akhirnya setelah hunting
motor seminggu lebih di showroom
mokas atau ke pembeli langsung ternyata saya belum ada motor yang “sreg” di
hati, 2 hal saat itu yang mengganjal saat itu adalah harga yang terlalu tinggi
dan jarak tempuh yang lumayan tinggi rata2 yang saya lihat sudah di atas 40
ribu km.
Setelah bersabar iseng
saat itu saya buka website berniaga.com (yang saat itu masih belum di beli
olx), dan secara tidak sengaja membaca iklan “verza 2013 kondisi istimewa
kilometer rendah”, tanpa berpikir panjang saya hubungi penjual malam itu juga,
dan di putuskan cod di rumah penjual keesokan paginya.
Esok paginya setelah
mengecek kondisi motor secara tampilan memang masih muluuuus lus lus lus, cek
mesin normal, dan odometer alamaaak masih 2700 km di pakai jalan, kunci serep
masih lengkap, setelah nego2 harga yang cukup alot akhirnya deal dengan harga
14,750 juta rupiah, selisih 4 juta lebih dibanding harga baru di dealer (jawa
timur loh).
“di sinilah cerita saya dan verza di mulai, dari menemani saya riwa-riwi setiap hari, touring, kerja serabutan, panas, hujan tetap gas,”
4 tahun berjalan,
Yup setelah membayar
pajak tahunan yang besarnya 230 ribuan rupiah + biaya ghoib alias pengesahan 25
ribu rupiah (total 255 ribu) saya langsung menulis artikel ini. Lantas
jauh-jauh hari sudah ada 3-4 orang pembaca bangjoru.net yang message ke saya maupun coment mengenai
pemakaian verza sejauh ini.
hai konde |
Ada yang tanya
“verzanya masih ada bro”, “bro nggak review verza lagi”, “masbro sejauh ini
sejak 2013 sampai sekarang bagaimana review verzanya”.
4 tahun umur motor
lantas bagaimana review honda verza apakah masih sama seperti review 3 tahun
verza yang saya tulis tahun lalu. Ehhhm............ bisa di bilang demikian.
Tapi sedikit banyak memang ada yang saya berubah dan saya pun melakukan
penyesuaikan di umur motor yang menuju 5 tahun tahun depan ini.
Konsumsi bbm
Saya bukan rider yang
jago menghemat bahan bakar, ya meski tangan kanan ini sudah lulus sekolah tapi
entah mengapa naik motor apa saja selalu “terasa” agak boros, tapi seboros-borosnya
saya naik verza sudah pasti tidak akan lebih boros dari beat karbu, motor saya
sebelum meminang verza, hehehe.
Sampai sekarang saya
tidak pernah tahu berapa angka “real” konsumsi bensin verza untuk setiap
liternya. Akan tetapi menurut feel saya
masih konstan di atas 40 km untuk setiap liternya, atau lebih tepatnya kisaran
40-45 km/ liter itu sudah pemakaian ala saya yang sesuka tangan kanan saya dan
rute dalam kota.
Sebagai gambaran kasar
yang saya alami yaitu untuk tiap 1 strip (verza total 7 strip/bar indikator
bbm) rata-rata bisa mencapai lebih kurang 70-75 km. Jadi jika verza yang
kapasitas tangki honda verza full 12,2 liter dibagi 7 (jumlah indikator
bar/strip bensin) maka
12,2 : 7 = 1,74 untuk setiap
bar/strip, dan rata2 satu strip/bar bisa jalan 70-75 km, 70 (angka terkecil): 1,74 = 40, 2
/ liter.
Memang bukan metode
yang sahih atau akurat, tapi saya rasa tidak jauh dari angka 40-45 km/ liter,
bahan bakar yang saya pakai saat ini pertalite, kadang juga pertamax kalau pas
ada uang lebih.
ganti bosh arm |
Masalah & beberapa
penyesuaian
Untuk tahun ke 4 ini
verza memang jajan agak lebih di banding tahun sebelumnya, di tahun ke 3 menuju
ke 4 verza sudah ganti kampas kopling 2 kali , bosh arm kit, minyak rem yang
jika keduanya di total tidak akan lebih dari 400 ribu. Lainnya seperti ban,
rantai, bearing roda, kampas rem, bohlam lampu tidak saya masukkan karena
bergantung pemakaian dan part apa yang di pakai.
terkadang juga masih do it yourself |
Tidak ada masalah yang
termasuk parah atau fatal yang menimpa verza, hanya bosh arm yang waktunyaganti, lainnya ? ada membersihkan kaliper depan yang kotor plus kuras minyak
rem.
Ada beberapa
penyesuaian yang saya lakukan yaitu menaikkan tingkat kekerasan shock di posisi
nomer 3 (tengah2) dari 5 tingkat kekerasan di honda verza, hal ini saya lakukan
karena suspensi belakang tampaknya terlalu soft
jika memakai setelan nomer 2 (efek shock belakang sudah berumur/ lelah).
Perawatan
Tetap tidak ada treatment khusus yang saya lakukan di
honda verza, servis tetap 6-7 bulan sekali (malah sekarang 8 bulan belum
servis, hehehe) plus ganti busi, kampas rem tiap 6-8 ribu km. Kuras tangki bbm
pun belum saya lakukan sampai saat ini. Cuci motor kalau kotor kena hujan
langsung cuci, di lap bersih tiap seminggu 2 kali.
pakai oli yang lebih long drain |
Perawatan lain ada yang
saya rubah dibanding sebelumnya yaitu memakai oli mobil/pcmo dan sejak akhir
tahun lalu saya sudah meninggalkan oli motor mpx 1 dan mengubah kebiasaan ganti
oli tiap 2000 km.
Kenapa ? karena verza
saat ini menggunakan oli fastron techno hijau yang berdasarkan pemakaian bisa
mencapai 3500 km atau bahkan lebih pemakaian di verza, tentu saja ini jauuuh
lebih hemat dibanding rutin ganti oli tiap 2000 km saat memakai oli mpx dahulu.
So, tidak ada perubahan
yang berarti kan dibanding review 3 tahun verza yang saya tulis tahun lalu,
tapi perlu diingat verza saya tetap kondisi standart pabrikan gak ada modif2 an
tentu karena yang punya pun gak suka (bisa di artikan: gak punya uang lebih,
hehehe) untuk modif verza model ini-itu.
Bukan yang terbaik,
tapi bisa membawa kemanampun saya mau
Ya ungkapan ini memang
benar adanya, seraya memang niatan saya untuk pelihara motor tentu adalah “
motor yang menuruti kemauan saya” bukan “saya yang menuruti kemauan motor”
bahasa sederhananya verza memang bukan motor terbaik atau terkenceng atau
tergagah, tapi sejauh ini sudah mampu membantu kegiatan maupun aktivitas saya.
Semoga Bermanfaat
Honda Verzaku udah dijual belum lama ini (sekitar 1 bulanan), alasannya karena cari motor yang lebih ringan, pendek dan bisa dipakai semua (soalnya di keluarga ada yang ngga bisa pakai motor kopling)
BalasHapusVerza yang selama ini menemani, tahun depan udah wajib ganti plat.
wah sudah berpisah sama si veve nih, saya juga di rumah godaan untuk ngejual veve besar juga secara menteri keungan ngidam nmax teruus sedari awal keluar, hehehe entah saya juga nggak tau sampai tahan berapa lama lagi mempertahankan veve, hehehe
Hapusveve saya beli baru dulunya, lbh muda stgh tahun dari veve bang joru, km 38rb... pergantian nya slama ini sih dikit : busi 2x, filter udara 2x, ban depan 1x, seal head mesin (cmiiw) yg rembes oli itu, gear set 1x, kampas rem depan 1x, bohlam depan 2x, aki 1x... sy gak bgtu ngerti tanda2 komponen roda (ntah namanya as roda atau bearing, gak ngerti) atau bosh arm kudu diganti nih...
BalasHapusbearing nedle swing arm memang biasanya 3-4 tahun baru kerasa, bisa lebih cepat kalo sering lewat jalanan mix, atau sering hajar lubang
HapusVerza saya belon ada yg diganti KM 15ribuan motor generasi awal dari 2013
BalasHapuspaling ganti bohlam depan pake LED, bohlam rem ganti pake punya scorpio biar lebih terang wattnya, kampas rem belum bunyi besi beradu ya belum saya ganti, aki masih tokcer, girset memang khasnya berisik selama belum lancip ya its ok, busi bodo amat pernah mau diganti tapi pas dibuka keras banget akhirnya biarin aja..
kalau saya yang masih belum ganti hanya Aki, maklum motor kuli (kerja keras) tiap hari riwa-riwi , hehehe, but overall okelah untuk kelasnya toh part vital macam fuel pump dan mesin (kecuali kampas kopling) masih oke
BalasHapusPostingan mantaf mas, oiya- verza saya jg th 2013, KM 17000an, cm ganti rantai aja, hehe
BalasHapusSalam verza
nah itu dia rantai hgp verza kualitasnya, hmmmm
Hapus