googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series

Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series

kampas kopling gl
5 Ganti semua
Halo Sob
Sejak pergantian kampas kopling pada akhir tahun lalu memang peforma honda verza kembali ke sedia kala, memang tidak seperti saat muda, tapi setidaknya lebih baik. Pada saat itu saya mengganti kampas kopling verza dengan honda grand, lebih hemat sudah pasti akan tetapi selang beberapa bulan masalah mulai timbul, yaitu peforma menurun.

 Masalah peforma menurun karena transfer tenaga pada gigi 4 yang loyo adalah bjr alami, dan ini sudah saya rasakan dan tulis pada review final gear 15-41 beberapa waktu yang lalu. Selidik punya selidik dugaan saya mengarah pada 1 kampas kopling verza yang habis, mengingat saat ganti kampas kopling lalu saya hanya mengganti 4 dari seharusnya 5 kampas kopling.
Pertama tentu tebus kampas kopling baru, kali ini saya pakai punya gl series yang jumlahnya 5 biji, memang sebelumnya banyak saran dari teman maupun montir kalau ganti kampas kopling sebaiknya satu set atau semuanya agar habisnya merata ya mirip ganti gear set roda yang satu set.
Keesokan harinya saya tebus kampas kopling GL series seharga 90 rbu rupiah, sebenarnya kampas kopling ini sama saa dengan punya grand/ supra 100 akan tetapi dengan jumlah 5 buah besar semua.
Langsung menuju ke bengkel langganan, lepas baut2 calter kopling plus stater kaki, lalu getok perlahan dan taraaa ternyata daleman mesin sangat kinclong sekali lebih bersih saat bongkar pertama kali Desember tahun lalu, istilahnya kali ini daleman crankcase sebelah kanan lebih kinclong efek oli kah ?
kopling honda verza
kinclong tanpa ampun
Mungkin iya,  karena riwayat oli setelah ganti kampas kopling akhir tahun lalu adalah MSX-Fastron Techno- Prima XP- dan Fastron Techno  total jarak tempuh sekitar 11 ribuan kilometer tentu saja setelah mengalami flushing pertama dan fuel dilution di pemakaian kedua, jadi rata-rata ganti oli di 290-3000 km, fastron techno ini saja masih jalan 2000 an km dan masih enak, tapi berhubung ganti kampas kopling jadi harus sedikit mengalah membuang oli.

“bahkan montir bengkel sampai heran, daleman crankcase kanan mesin kok tetap kinclong, bahkan lebih kinclong dibanding saat membongkar 8 bulan lalu, hehehe”
Setelah rumah kopling dilepas, lalu bjr amati dan raba ternyata memang benar satu kampas kopling bawaan verza terasa tipis dan “hampir” mencapai batas maksimalnya, dibanding kampas grand yang baru berumur 8 bulanan yang lebih tebal. Kemudian langsung saja pasang kampas kopling baru di selang-seling dengan plat kopling.

kampas kopling direndam oli
cukup celup pakai oli

Sebelum di pasang terlebih dahulu kampas kopling di oles atau di celup oli terlebih dahulu, hal ini untuk mengurangi gesekan secara berlebihan saat pertama kali di pakai. Ada yang menyarankan di rendam semalam, akan tetapi saya cukup mencelup kampas kopling kurang lebih semenitan dan pastinya pastikan kampas kopling tidak dalam kondisi kering saat pemakaiannya.

nomor angka di kampas kopling
perhatikan bagian yang ada nomornya hadap ke luar

Tapi ada juga yang perlu di perhatikan adalah letak kampas kopling pada bagian yang ada nomornya menghadap ke depan semua, dan ini perlu diperhatikan karena pada pemasangan sebelumnya 1 kampas kopling salah menghadap ke dalam pada bagian yang ada nomornya. Mengapa menghadap ke depan/ luar karena ketebalan antara yang ada dan tidak ada nomornya berbeda, dan jika pemasangan salah bisa mengakibatkan kampas kopling lebih cepat habis.

Setelah semua terpasang rakit kembali seperti semula, dan reviewnya sudah pasti akselerasi kembali nampol pada tiap giginya, tidak ada lagi gejala miss/slip setiap perpindahan gigi. Oh iya kali ini hanya ganti kampas kopling saya tidak mengganti plat kopling maupun per kopling karena setelah di cek kondisi masih bagus.

So bisa diambil pelajaran jika mengganti kampas kopling sebaiknya diganti semuanya, tentu tidak semua kampas kopling habisnya merata antara satu dengan lainnya, tetapi setidaknya seiring pemakaian kampas kopling lama yang ada di antara kampas kopling baru akan kalah secara umur dan durability, so dari pada bongkar 2 kali seperti bjr, labih baik diganti semua kan.

Semoga Bermanfaat


20 komentar:

  1. Itu pakai gear gl series yg gl 100 atau gl pro series? Semua dipakai 5 lembar? Gk pakai verza lagi bang? Mengingat verza ada 3 besar dan 2 kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. verza 5 besar semua dimensinya kaki 8 pas saya cek kampas bawaan motornya, sebenarnya kampas kopling genuinenya verza kode kpm 3 biji dan mr8 2 biji,mr 8 ada di awalan (bagian dalam) dan akhiran (bagian luar menjepit 3 kpm dengan kombinasi silang dengan besi plat kopling, yang membedakan kpm dengan mr 8 di ketebalan bidang yang menggesek di plat kopling. kalau kampas kopling kecil seperti yang agan maksud beda lagi itu juuder spring seperti yang ada di honda megapro (primus) dan tiger yang akrab di sebut MJ8 (kode partnya) sama2 kaki 8 tapi diameter nya kecil, jadi MR8 dengan MJ8 secara fungsi sama tapi ukuran beda MR8 ukuran lebih besar dibanding MJ8. perbedaan kampas GL (kode 107 seperti yang saya pasang di atas) dengan kampas bawaan verza saat pemakaian ada di akselerasi bawah, sedangkan bawaan verza cenderung flat dari bawah sampai atas. top speed sama saja.

      Hapus
    2. kemarin baru ganti kampas GL series juga bang, tp malah jadi gak karuan knapa ya?, kadang ditarik suka ndut ndutan, sering nembak nembak di rantai pas turun gigi (4-3, 3-2, sering banget) padahal sebelum ganti kopling gak ada masalah sama skali, itu pun alasan ganti kampas kopling karena ngikutin panduan buku petunjuk perawatan servis. mohon pencerahannya gan

      Hapus
    3. bahan kampas gl series dengan bawaan verza memang beda, otomatis beda karakter , next ane bikin artikel perbandingan keduanya

      Hapus
  2. Masalah di kopling verza kayaknya ud jd kelemahan utk motor yg bisa di bilang kelas paket hemat, saya jg ud merasakan hal yg sama,.
    Ud abis byk percobaan pake kampas kopling ini dan itu..
    Akhirnya pilihan terakhir kampas kopling aq pasang punya sonic/CS-1 yg lebar semua kebetulan bahan aq pilih yg kevlar biar awet dan tahan lama,.
    Lembaran Pelat besinya aq pasang yg model lebar semua..
    Trus per kopling pake yg daytona..
    Olinya aq pake motul 3100.. Alhamdulillah pemakaian mobilitas tinggi selama 2-tahun s/d sekarang tetep ok..
    Tarikan mantap+top speed-nya nambah dikit,.
    Masalah ud teratasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampas original nya Sonic asli dealer atau variasi . Mohon infonya.. saya mau pasang juga

      Hapus
  3. Om mau tanya kenapa ya, dah ganti pack kopling, nggak mau pres kalo tarik kabelnya, seakan ditarik ngelos koplingnya.... Mohon solusinya....

    BalasHapus
  4. om mau minta solusinya dong,selip kopling trus ga kuat lama, ganti semua apa ganti sebagian rumah kupling,sama yg lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai oli apa ?, biasanya dari
      oli
      setelan kopling/ jarak main
      per yang lemah
      plat kopling yang aus
      terakhir baru rumah kopling cek kalau oblak ganti, gak ada dana bisa pantek karet rumah kopling cuma sementara maksimal bisa tahan 6bulan - 1 tahun

      Hapus
  5. Apakah ada kendala ketika kampas GL series di aplikasikan ke cb verza 150 mas bro, mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada PNP, tapi beda karakter, masing2 punya plus minus

      http://www.bangjoru.com/2018/11/kampas-kopling-verza-bawaan-dengan.html

      Hapus
  6. Bg.seminggu yg lalu saya ganti kampkop verza pakai gl series.tapi begitu d pasang saat dingin knapa ya.kok agak menggigil gtu... cuman klw dingin aja.. tarikan gigi 1 aj... setelah itu normal aj... mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda bahan gan, gl series lebih gelap dan keras bahannya beda dengan kamkop bawaan yang lebih soft dengan bahan semi sinter, otomatis pas dingin memang kamkop gl bisa dibilang lebih selip, solusinya tentu butuh waktu agak lama manasi motor agar kamkop dapat terbilas oli lebih lama, tapi efeknya akselerasi lebih enak di putaran bawah dibanding kamkop bawaan, lebih lengkapnya cek

      http://www.bangjoru.com/2018/11/kampas-kopling-verza-bawaan-dengan.html

      Hapus
    2. Itu ada pengaruh k mesin g y gan...
      Apa mesti d ganti kebawaan kamkop ny. Trimaksih

      Hapus
    3. dengan asumsi cara bawa motornya sama, gak ada pengaruh buruk ke mesin , cuma buat pengemudi perlu pembiasaan saja karena kedua kamkop beda karakter, masing2 punya plus minus, sesuaikan karakter berkendara saja

      Hapus
    4. Trimakasih pencerahan ny gan...
      O y.. mau tany ni gan ...kamkop new megapro mono shock itu sama dg kamkop verza y..🙏🙏

      Hapus
    5. sama persis 100% kamkop new megapro ya kampas verza, duluan new megapro keluarnya, hehehe

      Hapus
  7. Bang,mau nanya saya baru ngambil verza 2013 sekitar sebulan lalu. Keadaan kurang enak karena saya rasa tarikan dan nafas ganti gigi pendek pendek.. akhirnya saya bawa ke honda.. di service dan cek.. aus ktnya kampas kopling. Karena stok tidak ada saya bawa pulang dengan niat cari barangnya dulu..

    Tapi keesokannya, kondisi sangat menurun! Sepertinya tidak nyangkut mau gigi berapapun juga speed motor hanya sekitar 5km/jam.. (padahal sebelum di bawa ke honda kondisi masih lumayan)

    Mekanik honda menyarankan beli kampas 22201KPM850 & 22201MR8001 2 & 3 lembar

    Tapi saya dapat satu set 22201KPM850 isi 5 apakah bisa ya bang dipasang?

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sekalian ganti plat besi koplingnya, fyi nafas verza memang pendek2 , kalo sudah berumur biasanya rumah kopling juga waktunya ganti

      Hapus