5 Ganti semua |
Halo Sob
Sejak pergantian kampas
kopling pada akhir tahun lalu memang peforma honda verza kembali ke sedia kala,
memang tidak seperti saat muda, tapi setidaknya lebih baik. Pada saat itu saya
mengganti kampas kopling verza dengan honda grand, lebih hemat sudah pasti akan
tetapi selang beberapa bulan masalah mulai timbul, yaitu peforma menurun.
Masalah peforma menurun karena transfer tenaga
pada gigi 4 yang loyo adalah bjr alami, dan ini sudah saya rasakan dan tulis
pada review final gear 15-41 beberapa waktu yang lalu. Selidik punya selidik
dugaan saya mengarah pada 1 kampas kopling verza yang habis, mengingat saat
ganti kampas kopling lalu saya hanya mengganti 4 dari seharusnya 5 kampas
kopling.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Pertama tentu tebus
kampas kopling baru, kali ini saya pakai punya gl series yang jumlahnya 5 biji,
memang sebelumnya banyak saran dari teman maupun montir kalau ganti kampas
kopling sebaiknya satu set atau semuanya agar habisnya merata ya mirip ganti
gear set roda yang satu set.
Keesokan harinya saya
tebus kampas kopling GL series seharga 90 rbu rupiah, sebenarnya kampas kopling
ini sama saa dengan punya grand/ supra 100 akan tetapi dengan jumlah 5 buah
besar semua.
Daleman Bersih Peforma
Pulih Kembali
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Langsung menuju ke
bengkel langganan, lepas baut2 calter kopling plus stater kaki, lalu getok perlahan
dan taraaa ternyata daleman mesin sangat kinclong sekali lebih bersih saat
bongkar pertama kali Desember tahun lalu, istilahnya kali ini daleman crankcase
sebelah kanan lebih kinclong efek oli kah ?
kinclong tanpa ampun |
Mungkin iya, karena riwayat oli setelah ganti kampas
kopling akhir tahun lalu adalah MSX-Fastron Techno- Prima XP- dan Fastron
Techno total jarak tempuh sekitar 11
ribuan kilometer tentu saja setelah mengalami flushing pertama dan fuel
dilution di pemakaian kedua, jadi rata-rata ganti oli di 290-3000 km, fastron techno
ini saja masih jalan 2000 an km dan masih enak, tapi berhubung ganti kampas
kopling jadi harus sedikit mengalah membuang oli.
“bahkan montir bengkel sampai heran, daleman crankcase kanan mesin kok tetap kinclong, bahkan lebih kinclong dibanding saat membongkar 8 bulan lalu, hehehe”
Setelah rumah kopling
dilepas, lalu bjr amati dan raba ternyata memang benar satu kampas kopling
bawaan verza terasa tipis dan “hampir” mencapai batas maksimalnya, dibanding
kampas grand yang baru berumur 8 bulanan yang lebih tebal. Kemudian langsung
saja pasang kampas kopling baru di selang-seling dengan plat kopling.
cukup celup pakai oli |
Sebelum di pasang terlebih dahulu kampas kopling di oles atau di celup oli terlebih dahulu, hal ini untuk mengurangi gesekan secara berlebihan saat pertama kali di pakai. Ada yang menyarankan di rendam semalam, akan tetapi saya cukup mencelup kampas kopling kurang lebih semenitan dan pastinya pastikan kampas kopling tidak dalam kondisi kering saat pemakaiannya.
perhatikan bagian yang ada nomornya hadap ke luar |
Tapi ada juga yang perlu
di perhatikan adalah letak kampas kopling pada bagian yang ada nomornya
menghadap ke depan semua, dan ini perlu diperhatikan karena pada pemasangan
sebelumnya 1 kampas kopling salah menghadap ke dalam pada bagian yang ada
nomornya. Mengapa menghadap ke depan/ luar karena ketebalan antara yang ada dan
tidak ada nomornya berbeda, dan jika pemasangan salah bisa mengakibatkan kampas
kopling lebih cepat habis.
Setelah semua terpasang
rakit kembali seperti semula, dan reviewnya sudah pasti akselerasi kembali
nampol pada tiap giginya, tidak ada lagi gejala miss/slip setiap perpindahan gigi. Oh iya kali ini hanya ganti
kampas kopling saya tidak mengganti plat kopling maupun per kopling karena
setelah di cek kondisi masih bagus.
So bisa diambil
pelajaran jika mengganti kampas kopling sebaiknya diganti semuanya, tentu tidak
semua kampas kopling habisnya merata antara satu dengan lainnya, tetapi
setidaknya seiring pemakaian kampas kopling lama yang ada di antara kampas
kopling baru akan kalah secara umur dan durability, so dari pada bongkar 2 kali
seperti bjr, labih baik diganti semua kan.
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Itu pakai gear gl series yg gl 100 atau gl pro series? Semua dipakai 5 lembar? Gk pakai verza lagi bang? Mengingat verza ada 3 besar dan 2 kecil?
BalasHapusverza 5 besar semua dimensinya kaki 8 pas saya cek kampas bawaan motornya, sebenarnya kampas kopling genuinenya verza kode kpm 3 biji dan mr8 2 biji,mr 8 ada di awalan (bagian dalam) dan akhiran (bagian luar menjepit 3 kpm dengan kombinasi silang dengan besi plat kopling, yang membedakan kpm dengan mr 8 di ketebalan bidang yang menggesek di plat kopling. kalau kampas kopling kecil seperti yang agan maksud beda lagi itu juuder spring seperti yang ada di honda megapro (primus) dan tiger yang akrab di sebut MJ8 (kode partnya) sama2 kaki 8 tapi diameter nya kecil, jadi MR8 dengan MJ8 secara fungsi sama tapi ukuran beda MR8 ukuran lebih besar dibanding MJ8. perbedaan kampas GL (kode 107 seperti yang saya pasang di atas) dengan kampas bawaan verza saat pemakaian ada di akselerasi bawah, sedangkan bawaan verza cenderung flat dari bawah sampai atas. top speed sama saja.
Hapuskemarin baru ganti kampas GL series juga bang, tp malah jadi gak karuan knapa ya?, kadang ditarik suka ndut ndutan, sering nembak nembak di rantai pas turun gigi (4-3, 3-2, sering banget) padahal sebelum ganti kopling gak ada masalah sama skali, itu pun alasan ganti kampas kopling karena ngikutin panduan buku petunjuk perawatan servis. mohon pencerahannya gan
Hapusbahan kampas gl series dengan bawaan verza memang beda, otomatis beda karakter , next ane bikin artikel perbandingan keduanya
HapusMasalah di kopling verza kayaknya ud jd kelemahan utk motor yg bisa di bilang kelas paket hemat, saya jg ud merasakan hal yg sama,.
BalasHapusUd abis byk percobaan pake kampas kopling ini dan itu..
Akhirnya pilihan terakhir kampas kopling aq pasang punya sonic/CS-1 yg lebar semua kebetulan bahan aq pilih yg kevlar biar awet dan tahan lama,.
Lembaran Pelat besinya aq pasang yg model lebar semua..
Trus per kopling pake yg daytona..
Olinya aq pake motul 3100.. Alhamdulillah pemakaian mobilitas tinggi selama 2-tahun s/d sekarang tetep ok..
Tarikan mantap+top speed-nya nambah dikit,.
Masalah ud teratasi..
Kampas original nya Sonic asli dealer atau variasi . Mohon infonya.. saya mau pasang juga
HapusOm mau tanya kenapa ya, dah ganti pack kopling, nggak mau pres kalo tarik kabelnya, seakan ditarik ngelos koplingnya.... Mohon solusinya....
BalasHapusom mau minta solusinya dong,selip kopling trus ga kuat lama, ganti semua apa ganti sebagian rumah kupling,sama yg lainnya
BalasHapuspakai oli apa ?, biasanya dari
Hapusoli
setelan kopling/ jarak main
per yang lemah
plat kopling yang aus
terakhir baru rumah kopling cek kalau oblak ganti, gak ada dana bisa pantek karet rumah kopling cuma sementara maksimal bisa tahan 6bulan - 1 tahun
Jozzz boss
BalasHapusApakah ada kendala ketika kampas GL series di aplikasikan ke cb verza 150 mas bro, mohon pencerahannya.
BalasHapusgak ada PNP, tapi beda karakter, masing2 punya plus minus
Hapushttp://www.bangjoru.com/2018/11/kampas-kopling-verza-bawaan-dengan.html
Bg.seminggu yg lalu saya ganti kampkop verza pakai gl series.tapi begitu d pasang saat dingin knapa ya.kok agak menggigil gtu... cuman klw dingin aja.. tarikan gigi 1 aj... setelah itu normal aj... mohon pencerahan nya
BalasHapusbeda bahan gan, gl series lebih gelap dan keras bahannya beda dengan kamkop bawaan yang lebih soft dengan bahan semi sinter, otomatis pas dingin memang kamkop gl bisa dibilang lebih selip, solusinya tentu butuh waktu agak lama manasi motor agar kamkop dapat terbilas oli lebih lama, tapi efeknya akselerasi lebih enak di putaran bawah dibanding kamkop bawaan, lebih lengkapnya cek
Hapushttp://www.bangjoru.com/2018/11/kampas-kopling-verza-bawaan-dengan.html
Itu ada pengaruh k mesin g y gan...
HapusApa mesti d ganti kebawaan kamkop ny. Trimaksih
dengan asumsi cara bawa motornya sama, gak ada pengaruh buruk ke mesin , cuma buat pengemudi perlu pembiasaan saja karena kedua kamkop beda karakter, masing2 punya plus minus, sesuaikan karakter berkendara saja
HapusTrimakasih pencerahan ny gan...
HapusO y.. mau tany ni gan ...kamkop new megapro mono shock itu sama dg kamkop verza y..🙏🙏
sama persis 100% kamkop new megapro ya kampas verza, duluan new megapro keluarnya, hehehe
HapusBang,mau nanya saya baru ngambil verza 2013 sekitar sebulan lalu. Keadaan kurang enak karena saya rasa tarikan dan nafas ganti gigi pendek pendek.. akhirnya saya bawa ke honda.. di service dan cek.. aus ktnya kampas kopling. Karena stok tidak ada saya bawa pulang dengan niat cari barangnya dulu..
BalasHapusTapi keesokannya, kondisi sangat menurun! Sepertinya tidak nyangkut mau gigi berapapun juga speed motor hanya sekitar 5km/jam.. (padahal sebelum di bawa ke honda kondisi masih lumayan)
Mekanik honda menyarankan beli kampas 22201KPM850 & 22201MR8001 2 & 3 lembar
Tapi saya dapat satu set 22201KPM850 isi 5 apakah bisa ya bang dipasang?
Terima kasih sebelumnya
bisa sekalian ganti plat besi koplingnya, fyi nafas verza memang pendek2 , kalo sudah berumur biasanya rumah kopling juga waktunya ganti
Hapus