Halo Sob
Barstep ata pijakan
kaki adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai tempat pijakan
kaki pengendara sepeda motor. Menurut jenisnya bentuk barstep bermacam-macam
mulai dari yang menempel ke rangka bagian samping sehingga bisa di tekuk, ada
pula model underbone yang biasa di gunakan di motor balap, atau konvensional
yang berupa besi melintang yang terikat di mesin.
Model konvensional yang
melintang di bawah mesin ini biasanya yang masih banyak di gunakan di motor
bebek dan beberapa motor sport seperti verza. Biasanya sebagai pengikat ke
bagian bawah mesin ada 4 baut ukuran 12 berjumlah 4 buah. Akan tetapi bila
sering di bongkar pasang apalagi saat pemasangan setelah di lepas kurang
presisi bisa jadi lubang dudukan baut
akan patah, bahkan bisa juga baut patah di dalam.
Hal pait itu pula yang
saya alami di motor honda supra beberapa waktu yang lalu, sebenarnya masalah
ini sudah lama, bukan karena lalai atau kurang presisi, tapi karena dari
pemakai sebelumnya yang kurang hati2 dalam merawat bagian ini. Awal mula sudah
pasti barstep depan bergoyang setelah di cek ternyata dari 4 dudukan baut
pengikat di bawah mesin 1 2 patah di dalam, 1 lobang baut besi barstep patah,
dan hanya 1 yang normal.
dudukan baut patah |
Solusi
Untuk baut yang patah
dari 2 baut hanya bisa 1 yang di keluarkan sisa patahannya, sedangkan 1 lagi
tidak bisa, sedangkan untuk gantungan baut besi barstep yang patah saya bawa ke
tukan las untuk dibuatkan dudukan baru. Solusi ini setidaknya bertahan sampai 2
tahuanan, tentu dengan beberapa kali mengencangkan baut, dan untuk dudukan
cantolan aut yang di las juga rawan patah paling tidak sudah 2 kali saya
bolak-balik ke tukang las.
Tidak sabar atau memang
nggak mau repot lagi, akhirnya saya ganti besi barstep sekalian, dan ternyata
setelah saya amati dan bandingkan dengan yang kondisinya baru jauh berbeda,
maksudnya besi barstep lama sudah bengkong pada beberapa bagian.
pakai genuine ahm |
Besi barstep depan honda
supra x 100 saya tebus seharga 85 ribu rupiah di toko sparepart motor merk asli
ahm dengan kode KEV-880, mahal ? memang untuk ukuran besi memang mahal apalagi
merk asli honda. Alternatif bisa pakai merk lain seperti askipart tentu dengan
harga yang lebih murah setengahnya kekuatannya ? kalau yang ini saya kurang
tahu. Dan jangan sekali-kali cari/beli di ahass karena sparepart ini tergolong
slow moving parts apalagi motor yang sudah discontinue macam supra x 100.
Memperbesar Lubang
baut/ drat yang lebih besar
Sebelum pemasangan
ternyata oleh mekanik bengkel di sarankan untuk membuat drat baut yang lebih
besar karena sebelumnya sudah dol parah. Oke tanpa harus menurunkan mesin ya,
caranya ? cukup miringkan motor hampir 90 derajat, jangan lupa ganjal roda depan
supaya tidak berputar.
miring sambil rebah, ekstra sabar |
Memperbesar drat baut
memang lumayan susah, apalagi letaknya di bawah crankcase mesin dan tanpa
menurunkan mesin dari rangka motor, EKSTRA SABAR, saya pun harus ikut membantu
memegangi motor supaya tidak goyang,sedang mekanik sampil merunduk membuat drat
baut secara perlahan dengan cara manual.
Ada 3 lubang yang harus
dibuat drat baru, diperbesar dari ukuran sebelumnya 12 ke baut 14. Setelah
hampir 1 jam akhirnya selesai. Pindahkan karet forstep ke besi barstep plus
jagang samping lalu pasang.
tinggal 1 yang susah di cabut/senai |
Impresinya sudah pasti
aman dari gejala goyang-goyang, meski hanya 3 baut yang mengikat ke mesin dari
4 baut. So ini merupakan solusi hemat buat yang baut barstep ataupun dudukan
baut di besi barstep patah, tenang tidak usah turun mesin, cukup cara hemat
seperti cara saya di atas, meski harus sedikit ekstra tenaga dan ekstra sabar
saat pengerjaannya.
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar