googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Impresi Ban FDR Genzi di Honda Verza

Impresi Ban FDR Genzi di Honda Verza

Impresi langsung buat touring
 Ban memang merupakan part yang vital buatkendaraan, kualitas riding, disamping sasis dan suspensi ban juga mempengaruhi bagaimana kualitas kendaraan ketika dikendarai. Yups, si verza yang baru menginjak 14 ribu (saat ganti ban), ban depan menunjukkan gejala aneh, seperti bagian dinding yang saat berputar agak keluar, dan secara fisik bagian dinding sebelah kiri keras dan sedikit menonjol. Sekadar informasi sebelum ganti ban , ban bawaan verza adalah standart bawaan motor Irc (lupa tipenya) ukuran 80/100 dan tipe tublles.

Awal memang dipakai riding nggak terasa kalau ban depan ada yang nggak beres, tapi saat kecepatan tinggi baru terasa gejala oleng. Awal mula ane kiran velg depan yang peyang , akan tetapi setelah ane bawa ke tukang reparasi velg dengan yakin mekanik bilang "ini mah bukan velgnya , tapi bannya" waktu itu ane nggak percaya begitu saja, tapi ketika motor distandar tengah dan diputar ban depan, tampak secara (sedikit) terlihat bahwa dinding ban sebelah kiri emang nggak beres (agak nonjol). Saat ane tanya ke makanik velg "kenapa bisa gitu?" mas e jawab "memang ban sekarang ada yang gitu" , sebenarnya agak tenangan saat velg nggak ada masalah, tapi tetap saja nggak nyaman saat dikendarai
Ukuran 90/80


Setelah bertahan beberapa minggu, langsung saat ada doku (uang), ane hunting ban depan , niat awal memang nggak cari ban bawaan motor, karena percaya memang suatu saat ya akan gitu lagi, ke bengkel tanya ban ukuran 80/90 atau 80/100 tapi yang ada alur tengahnya , tapi di bengkel yang ane jujuk nihil.
Adanya FDR Genzi tubles ukuran 90/80 , setelah ane pikir2 ambil ajah lah, kan FDR dalam benak berpikiran (mungkin) lebih baik dari standar. Secara fisik saat dipasang di velg depan yang berukuran 185, tampak lebih lebar dan terkesan ceper. Memang dibanding standar (80/100) maka ban fdr 90/80 ini lebih lebar tapi 2 tingkat lebih pendek  . O iya ane nebus ban ini dengan harga 200 ribu,

Tampak lebih lebar, tapi pendek
Impresi pemakaian yang ane rasakan

1. butuh peyesuaian , secara ban memang nggak ada alur tengahnya,

2. pertama-tama saat jalan kering ngegrip banget, jauh lebih ngegrip dibanding ban irc bawaan motor

3. Tapi saat jalan basah, waduh lumayan licin , tapi kalau sudah terbiasa memang lama-lama jadi ngegrip sendiri,

4. Nikung/ rebah jauh lebih nyaman, karena profil ban lebih lebar.

5. lebih hati-hati saat hajar lubang  secara profil ban lebih pendek , kalau sayang velg ya harus hati-hati saat hajar lubang

6. setelah 7 bulan pemakaian nggak ada masalah , angin nggak nambah-nambah, diajak touring ratusan kilo aman-aman saja.

Iulah yang ane rasakan, bila ada brosis yang mau tambahin atau ngurangi monggo,

semoga bermanfaat

46 komentar:

  1. Bang? Motor ane verza pake BOX Shad SH-40, ane juga baru aja beli Ban depan Michelin ukuran 90/80-17, tapi ban belakangnya masih standart 100/90-17. Dari penampilan sih agak kurang sangar,,, tapi enak buat nikung nikung!! yang ane mau tanyain ukuran ban depan 90/80-17 aman gak ya bang buat touring?? Buat perpaduan enaknya ban belakang pakai ukuran berapa yaa??

    Thank

    Paijo

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman gan , tapi ya tetep hati-hati lubang, belakang prefer ukuran 110 maks gan, maksa 120 bisa tapi ya donat , ban belakang 110 lebih realistis (pas sama velg)

      Hapus
    2. Tks atas pembahasannya, michelin yg dipasang tipe street pilot kayaknya, lumayan gan. Tapi mang malah sangar karena body depan berasa turun sekitar 10mm, klo untuk jarak jauh agak terasa karena badan condong ke depan tapi itu bisa disingkapi dengan setel setang agak rebah kedalem. Efek kombinasinya bagus pengereman jadi lebih gigit, dibanding jika diganti dengan bawaannya (NF25...sekalian mengingatkan). Sebenernya andai ban belakang ga diganti dengan 110 juga ga masalah, karena ukuran ban saat ini pasti sama jika dipasang ukuran 110. Biasanya turun satu step untuk ban racing seperti pilot street, coba saja (tapi investnya jadi lumayan).

      Hapus
    3. Verza ane ban belakangnya michellin pilot street130/70 wkwkwkwkw ,, lagi mau ganti yangg tapi blm ada doku wkwkwkw ,, tolong sarannya dong ban depan yang recommend buat sehari" dan enak buat nikung

      Hapus
  2. Buat touring pegel ke tangan ngak? ane pake IRC Reborn 90/80, IRC Roadwinner 120/70 belakang. buat perjalanan jauh tangan jadi pegel, dibanding pake ban bawaan... Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pegel kalo hajar lubang, ban 2 step lebih rendah , tapi lebih lebar 1 step dari bawaan

      Hapus
  3. Gan, klo belakang 130/70, depannya masih standart gimana? ada masalah gak kira2..? Itu cuma ganti ban nya aja loh, velg dan lain2 masih ori, kira2 plus minus nya apa gan?

    BalasHapus
  4. belakang 130 berat gan, kasihan mesinnya, belum lagi tampak ban ngedonat secara velg standart, 120 lah maksimal gan, jangan lupa ubah gear belakang disesuaikan

    BalasHapus
  5. gan Verza ane. mo ganti ban depan belakang... yg pas kira2 apa yah...???
    gear belakang dh naik 1 mata dr yg ori. make punya NMP...

    BalasHapus
    Balasan
    1. depan maks 100 gan, belakang 120 dah tapi kalo aman ya depan 90 belakang 110, biar gak ndonat

      Hapus
  6. Gan kalo depan 100/70 belakang 120/70 velg standard aman gak gan? Sm kalo ane mau ganti ban, yg bagus n aman dimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman-aman aja gan, tapi motor tambah pendek (tinggi ban 70 soalnya), kalo mau aman gak ribet ya di planet ban gan dan sejenisnya, lebih mahal belasan ribu tapi gratis pasang dan nitrogen selama setahun dah,

      thanks sudah mampir gan

      Hapus
  7. gan verza ane ban depan udah ganti pake corsa platinum r26 karna corsa platinum cocok banget buat nikung2, ane mau ganti ban belakang yg cocok dan pas ukuran 110/80 apa 100/80 gan? thanks

    BalasHapus
  8. ya disamakan saja, 110/80 corsa banyak pilihan kok gan,

    BalasHapus
  9. Kan ukuran ban yg pas buat mp primus velg ukuran 215 dpan & 250 blakang..dan pake ban merk apa yg enak buat harian/ touring

    BalasHapus
  10. Kan ukuran ban yg pas buat mp primus velg ukuran 215 dpan & 250 blakang..dan pake ban merk apa yg enak buat harian/ touring

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa depan 90/80, belakang 110/70. Atau bisa juga depan maksimal 100 gan, belakang 120, kalo merk sesuaikan kantong saja gan,

      thanks dah mampir

      Hapus
  11. Ane jg pake bro emang mantap dach dh 4 bulan kg ngisi2 angin dibelokan gaya pembalap trasa nyaman dn terlihat lbh sporty

    BalasHapus
  12. ukuran ban belakang paling mentok berapa ya bro.? rencana mau ganti 130/17-17 FDR XR Evo apakah mentok arm.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 130 maasuk gan, tapi kalo velg standart jadi ndonat loh bannya, kecuali ganti velg, 110 atau 120 lah yang paling cucok buat verza di velg standart

      Hapus
  13. Gaann.. ane sih niatnya mau nurunin sedikit nih ban nya..
    kata orang rumah ane, pada ketinggian.. susah naeknya .
    depan pasang 80/80 blakang 100/80 gimana yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sudah sip gan, tapi kecil banget loh, prefer yang belakang 110/ 80 depan 80/90

      Hapus
  14. Bro ane mao ganti ban blkng masih bingung nih., butuh saran

    BalasHapus
  15. Bos , motor saya Verza , dengan ukuran Velg Standard Verza saya mau ganti ban belakang ukuran 120/70-17 , apakah ban akan terlihat lebar ? Terima kasih bos ...

    BalasHapus
  16. Bos , motor saya Verza , dengan ukuran Velg Standard Verza saya mau ganti ban belakang ukuran 120/70-17 , apakah ban akan terlihat lebar ? Terima kasih bos ...

    BalasHapus
  17. Bos , motor saya Verza , dengan ukuran Velg Standard Verza saya mau ganti ban belakang ukuran 120/70-17 , apakah ban akan terlihat lebar ? Terima kasih bos ...

    BalasHapus
  18. Bos , motor saya Verza , dengan ukuran Velg Standard Verza saya mau ganti ban belakang ukuran 120/70-17 , apakah ban akan terlihat lebar ? Terima kasih bos ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebar gan,tapi lebih ngepas (ideal) pakai ukuran 110/80 atau 110/70, tapi lebar 120 pun nggak masalah asal gak 130 (kegedean, jangan lupa ban depan dilebarin juga 90/80

      Hapus
  19. bang mau nanya nih; ban depan pake 100/80. ban belakang mending 120/70 atau 110/80 ??? Mohon info nya yah bang. Lagi musim hujan, ban udah botak.

    BalasHapus
  20. bang mau nanya nih; ban depan pake 100/80. ban belakang mending 120/70 atau 110/80 ??? Mohon info nya yah bang. Lagi musim hujan, ban udah botak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 120 maksimal, 110 ngepas, tapi berhubung ban depan pakai ukuran 100, jadi ukuran 120 lebih nyaman (kayaknya)

      Hapus
  21. Bg mau nanya nih.. Verza ane pakai velg depan 2.15 dam blkg 3". Sejauh ini amasih pakai ban standart.. rencana ban depan mw ganti 90/90 aspira sportivo dan blkang 110/80 sportivo.. kira2 dah Pas n enak gak bg ???

    BalasHapus
  22. Bg mau nanya nih.. Verza ane pakai velg depan 2.15 dam blkg 3". Sejauh ini amasih pakai ban standart.. rencana ban depan mw ganti 90/90 aspira sportivo dan blkang 110/80 sportivo.. kira2 dah Pas n enak gak bg ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah sip gan, tapi kalau ada opsi ukuran depan 90/80 belakang 120/70 juga gak ada salahnya,

      Hapus
  23. Bang mau nanya nih... verza ane depan ane pasang 90/80 belakang 120/70 dipake akselerasinya menurun (ga dapet berasa kaya 110cc) apa depan pasang 110/70 atw gmana bang... mohon pencerahannya bang 😀😀... Terima kasih banyak Bang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. depan sudah ngepas gan pakai 90/80, belakang prefer 110, kalaupun maksa tetep pakai ukuran 120, baiknya final gear di peringan untuk menjaga akselerasi

      Hapus
    2. Ok terima kasih banyak bang..

      Hapus
  24. Gan. Rencana ane mo ganti velg Verza ane. Pke velg Chemco ukuran depan 2.5 dan belakang 3.5. kira2 ukuran ukuran max bannya berapa2 ya...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. belakang mentok 140/70 (tapi kebanyakan nyman dan pas pakai 130/70), depan maksimal 110 (tapi lebih pas dan nyaman 100/80)

      Hapus
    2. Ban 130/140 tu mentok k rante gk bos...???

      Hapus
  25. Bang
    Motor sy verza pelek standar.
    Ban dpn sy pakai fdr genzi pro 100/80.
    Ban belakang cocoknya pakai ukuran brp ya ?
    Rencana pakai yg ukuran 110,tp fdr genzi pro ga ada yg ukuran 110.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran harusnya depan 90/80, belakang 100/80. Tapi kalau terlanjur belakang 110 atau 120/70 (dikit ngedonat). Paling ideal pakai 110, dan 110 pun ada 2 pilihan 110/70 atau 110/80. 110 enak buat cornering (pernah pake michel pilot street) tapi kompensasinya gak enak buat jalan mix. saran sih 110/80 karena profil lebih tinggi tapi 110/80 memang sedikit pilihanya tapi ada kok,setau saya cuma ini
      aspira premio sportivo 110/80
      swalow sb117 (cocok buat touring maupun kota ataupun jalanan mix)
      corsa s123 (awet coz hard compound, saya pakai di ban depan saat ini, cuma soal grip ya gak jauh beda sama ban bawaan verza)
      atau kalau mau kembangan ban yang mirip fdr genzi ada IRC Reborn ukuran 110/80 (ini juga lumayan sulit carinya tapi ada kok)

      Hapus
  26. Saya mau ganti ban verza ane,ganti merk apa yang enak ukiran berapa depan belakang

    BalasHapus