standart isi 5 biji |
Halo Brosis
Si verza yang notabene
merupakan tunggangan bjr sehari-hari mulai tampak menandakan tanda-tanda
kelelahan. Maksudnya ?, yak beberapa hari belakangan bjr rasakan akselerasi
tambah boyo, padahal bjr sudah kembali menggunakan final gear standar 14-41.
Usia motor sudah hampir 3,5
tahun dengan jarak tempuh ya hampir 50 ribu kilometer. Ganti oli rutin iya,
servis rutin nggak sih, rasio gear standar, lain2 standar, lah kok motor
rasanya loyo, memang kalau kalem2 nggak akan terasa, tapi waktu di coba
akselerasi maksimal, wah mulai terasa terjadi penurunan peforma.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Saat konsultasi ke bengkel
langganan, mantap memvonis kampas kopling, apalagi katanya kalau ownernya
“gemar nglayap/ touring” seperti bjr wah sudah pasti kampas kopling wajib
diganti. Dipikir-pikir benar juga sih wong neng verza sudah hampir keliling pulau
jawa, bahkan sampai pulau seberang, hehehe.
Setelah konsultasi selesai,
lantas meluncur ke beres tanya harga kampas kopling verza, lah ndilalah
harganya 30 ribu, eh murah amat, ya tapi per lembar , hehehe. Waduh tengok
dompet, ternyata nggak cukup brosis, alhasil melipir pulang dulu ke rumah.
pakai kampas grand (kanan) 4 lembar, gak perlu kampas kecil |
Pakai kampas kopling
grand/megapro/supra/tiger
Lah ini solusi hematnya,
ternyata kampas kopling verza bisa pakai kampas kopling grand/supra 100/
megapro/ tiger, tinggal sesuaikan jumlahnya saja, kalau di verza 5 sama dengan
new megapro ya beli kampas kopling set grand yang isinya 4, plus beli ecer satu
lagi, atau pasang 4 kampas baru, 1 kampas kopling pilih yang lama masih bagus seperti yang bjr lakukan
Memang sama ? sama kok
brosis, contoh mega pro primus juga bisa pakai grand, hanya perlu beli kampas
kecil tambahan (mj8) . Soal harga ? lah ini enaknya di bengkel non resmi kampas
kopling ahm punya grand/ supra yang isi 4 lembar bjr tebus di harga 72 ribu
saja murah bukan, sisanya bisa buat beli... per kopling yang rada keras, alias
per kopling honda tiger.
Per kopling tiger bjr tebus
10 ribu / bijinya kali 4, 40 ribu. Kenapa per kopling tiger ? yak alasanya
sederhana, karena di samping pir bawaan yang disinyalir juga mulai lembek, per
tiger lebih keras, alhasil akselerasi bisa makin menyentak.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Inilah enaknya indonesia,
apa2 bisa diakalin, jangan mau di bodohi kampas kopling per lembar 35 ribu wong
yang lebih murah ada kok, gak usah menyangsikan juga, kan ini kampas kopling
juga orisinil honda dari pabrik yang sama.
kiri tiger, kanan verza, lebih keras dan panjang, alhasil gak jadi pakai |
Pasang pasang
Setelah dapat kampas
kopling, dan per kopling tiger, langsung dah melipir ke bengkel pasang, mau
pasang sendiri sebenarnya tapi apa daya toolkit untuk buka kalter kanan bjr gak
punya (alasan padahal nggak bisa, hehehe). Setelah di bongkar taraaa.
lumayan bersih, tanda yang punya rajin ganti oli |
biang, loyonya akselerasi |
Hal yang menarik baru bjr
tahu, kalau per kampas kopling verza ternyata sedikit lebih panjang dan lebih
keras di banding tiger, untuk dimensi sama saja. satu pertanyaan yang
mengelayut per kampas kopling verza lebih keras dan sedikit lebih panjang, lah
kenapa koling kok terasa enteng ?, wong yang bongkar saja tidak tau apalagi
bjr, hehehe.
Setelah di timang-timang
antara pakai per kopling standart dengan tiger, akhirnya bjr putuskan pakai per
kopling standart saja, oh iya brosis per kopling verza sama dengan new megapro,
dan ternyata di kalangan bengkel menjadi alternatif selain per kopling tiger,
hanya saja per kopling new megapro lebih sulit di dapatkan di banding tiger,
alhasil per tiger tetap menjadi primadona, meski kekerasannya masih kalah
dengan new megapro.
Test,
Saat di test, akselerasi
kembali terasa nampol, saat coba lepas gigi secara spontan di gear ½ terasa ban
depan ngangkat (Cuma dikit). Nafas di rentang kecepatan mulai terasa lebih
enakan.
Jadi untuk memulihkan
akselerasi verza kali ini habis
Kampas kopling grand/supra –
72 ribu
Gasket kalter kanan fuboru –
10 ribu
Oli meditran sx – 44 ribu
Ongkos – 35 ribu
Total – 161 ribu
Heeem 161 ribu yang
dihabiskan untuk mengobati akselerasi verza yang mulai loyo, so cukup
terjangkau menurut bjr, dan nggak beda jauh dengan motor2 bebek, kalau di
hitung sebenarnya cukup 126 ribu (kamkop, dan gasket, oli) ongkos mah
nyesuaikan cukup terjangkau untuk ukuran motor sport, namanya juga motor murah,
apa-apa harus murah, hehehe.
Kalau ada yang tanya tuh kok
oli meditran sx bukannya itu oli mesin diesel , wah wah sesat ini, hehehe iya
brosis, kalau ada yang tanya sejak kapan ? itu mah barusan sekalian ganti
kampas kopling, hehehe.
So verzamu akselerasinya
loyo, ganti yo kampas koplingmu, hehehe
filter oli, 3,5 tahun gak terlalu kotor |
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Gimana sensasi Verza + Meditran SX?
BalasHapusagak gimana gitu, maklum pertama belum lenyah
HapusBro.. Punya saya, Si neng perzah kl di stndard, msk gigi 1, pencet kopling.. Roda belakang tetep muter gk bs free.. Apa emang gitu? Trus shifting gearnya kasar/keras.. Motor 1,5 gaon beli seken
BalasHapusNb: oli pake rimula skrg mdmx
itu cuma setelan koplingnya kurang pas gan, kalau shifting keras kalau dalam kondisi normal enggak kok gan, malah dibanding mx/ supra 125, verza shifting nya lebih kalem suaranya, kalaupun keras selama pakai oli mpx, msx, maupun pft cuma pas gigi n ke 1 (pagi hari)
HapusSetelan kopling yg di dlm blok(rumah kopling) ??? Kl stelan yg di tuas atas ma bawah udh dimaenkan hasilna sama aja.. Dl shifting pernah alus pake oli ax7 tp tahan cm 1000 km doang.. Kl dibilang kampas aus..masa iy?! Tuh mtr baru 1,5 taon trus kl buat akselerasi kopling msh respon bagus.. Apa ganti kampas nya aj ya???
BalasHapusSetelan kopling yg di dlm blok(rumah kopling) ??? Kl stelan yg di tuas atas ma bawah udh dimaenkan hasilna sama aja.. Dl shifting pernah alus pake oli ax7 tp tahan cm 1000 km doang.. Kl dibilang kampas aus..masa iy?! Tuh mtr baru 1,5 taon trus kl buat akselerasi kopling msh respon bagus.. Apa ganti kampas nya aj ya???
BalasHapusane km 92rb msh belum ganti kamkop.. btw referensi yg bagus juga, ntr mau ganti kamkop nmp..
BalasHapussaya juga pakai Oli Meditran SX untuk verza 150
BalasHapusmantaaaps
HapusBang Kampas Kopling verza apa besar semua..
BalasHapusyup besar semua, kaki 8, 5 biji/lembar
Hapus