Halo
brosis
tukang nglayap, hehehe |
Jika
brosis sekalian mengikuti blog kecil ini tentu akan tahu bagaimana sepak
terjang si verza tunggangan bjr (cie bahasanya , hehehe). Ya si Verza yang
sudah berumur 2 tahun lebih dikit ini sudah melanglangbuana sampai ke ibu kota
dan kota-kota lain yang ada di pulau jawa.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
- Touringke Jakarta
- TouringKe Dieng Wonosobo
Sudah
ribuan kilo jarak yang ditempuh (iwan fals mode on, hehehe), bukan ribuan lagi
sih , akan tetapi sudah puluhan ribu. Tercatat semua provinsi di pulau Jawa
sudah sukses di singgahi. Odometer atau jarak tempuh yang tertera sudah
mencapai 33 ribu km lebih (saat tulisan ini dibuat).
Tak
banyak perawatan yang bjr lakukan terhadap tunggangan yang sehari-hari bjr
gunakan buat cari ilmu dan kesenengan. Tercatat Cuma ganti oli tiap 2 ribu km,
ganti filter udara sudah 3 kali, busi 2 kali, dan servis setiap 10 ribu km.
Selebihnya tidak ada bagian yang diganti secara berarti.
Akan
tetapi sudah 2 minggu ini bjr dibuat pusing pala barbie oleh si verza, hal itu
dikarenakan bagian fork (depan) dan buritan kurang nyaman ketika di buat
menikung. Alhasil saat menikung sukses melebar dan gak berani rebah. Awalnya
cek ban depan yyang bersepatu FDR Genzi akan tetapi normal saja, meski sudah
mulai bergelombang. Kemudian cek bagian belakang yang bersepatu Michelin Pilot
Street, dan ternyata juga normal.
Tersangka
utama setelah ditelisik adalah bagian bearing roda, ya mulai oblak ternyata,
memang tidak parah dan kelihatan, akan tetapi ketika menikung (cornering)
gejala bearing ban oblak terasa. Coba cek ternyata kode bearing depan verza
sama plek dengan MegaproNew (NMP) 6301 RS, sedangkan belakang lebih besar 6302
RS.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Langsung
meluncur ke dealer, dan eng ing eng, ternyata kosong, langsung dah melipir ke
bengkel langganan, ternyata kosong juga bearing ah, dan ditawari merk genio
yang juga dari pabrikan skf, oh iya brosis bearing roda honda juga buatan skf ,
gak percaya coba cek, akan tetapi untuk kode RS tidak ada, adanya kode belakang
z.
Perbedaan
kode z dengan rs adalah jika, rs bantalan penutup bearing adalah plastik karet,
sedangkan z bantalan penutupnya besi (seng). Langsung saja bjr tebus dengan
mahar untuk 6301 seharga 21 ribu dan 6302 seharga 22 ribu, tinggal dikali 2
masing masing, masih kembali 14 ribu (uang bjr 100 ribu).
Bjr
nggak tulis tutorial pasang bearing, bjr yakin bikers yang sayang motor sudah
tahu caranya hehehe. Impresi setelah di pasang ? , mantap masbro, saat
cornering gejala membuang sudah tidak ada lagi, dan saat riding sudah tenang
kembali.
Cek
Kondisi Bearing Sebenarnya berdasarkan informasi yang bjr dapat setiap 4ribu km
harus ganti bearing, akan tetapi bjr sarankan cek saja kondisi bearing, jangan
membabi buta memvonis masalah ban jika terjadi hal yang tidak bearing di roda
depan maupun belakang. Karena kerja bearing lumayan berat terlebih jika brosis
demen klayapan dan punya badan panda seperti bjr, hehehe. Harus sering cek
kondisi bearing.
Sebisa
mungkin juga gunakan bearing yang tidak abal abal, dan gunakan merk terpercaya
dengan harga yang rasional tentunya semisal genio,skf, ntn dan merk bawaan
pabrik. Mau pasang bearing racing ? boleh juga, tapi tetap saja bearing racing
bukan jaminan gak ganti bearing selamanya.
Yups,
cek bearing rodamu sekarang,
Semoga Bermanfaat
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
maz bro, ane mau tanya nih, verza ane kalo pas jalan kalo ada selisih tinggi jalan/jalan ga rata verza ane goyang kanan kiri itu pengaruh dari apanya ya? sama kalo d tikungan melebar ga berani miring2..hehehe... itu pengaruh dari apanya maz bro.? suwun.
BalasHapusSma kya verza ane jg gtu .. oleng .. goyang kanan kiri ..
BalasHapuskalo ada selisih tinggi ya lumrah gan gan goyang kanan kiri, kalo belok melebar bisa bearing roda, komstir, atau ban
BalasHapushttps://www.tokopedia.com/bearings/bearing-roda-set-honda-verza-koyo?n=1
BalasHapussilakan gan bila butuh bearing
gan,verza ane bunyi kresek2 di bagian roda depan. wkt itu dibawa ke bengkel kata mekaniknya komstir hrs ganti. tp stelah diganti komstir baru,bunyi kresek2 ttp ga ilang. apa mungkin masalahnya di bearing gan?
BalasHapuskalau bunyi aneh di roda nggak ada hubungannya dengan komstir gan, kemungkinan bearing roda, bisa kering atau oblak atau juga seperti ini http://www.bangjoru.net/2016/07/bunyi-mendengung-di-honda-verza-cek.html
Hapusbarusan dah ane ganti bearing nya gan,tp mslh blm terpecahkan,alias msh bunyi srek2
BalasHapusCek bagian kampas cakram dan piringannya
HapusMau tanya mas bro. Verza ane klo buat cornering kanan guncang, tp klo cornering kiri aman/tenang. Ane cek bearing dan bosh swim arm masih keadaan baik. Yang ane bingungin tu apa yang buat verza ane oleng ketika buat cornering kanan?
BalasHapuscek ban belakang, kalau nggak ya dari shock belakang (mungkin) setelan kekerasannya gak sama antara kiri dan kanan
HapusKlo kode bearing gear nya brapa gan
BalasHapusKomstir stang tu bro
BalasHapus