googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Oli Meditran Sx di Honda Verza, Akhirnya Sesat Juga

Oli Meditran Sx di Honda Verza, Akhirnya Sesat Juga





Halo Brosis
 Sebagai penyambut tahun 2017, alangkah baiknya bjr mengajari nyesat.hehehe
Menyambung artikel ganti kampas kopling lalu, sebenarnya sama sekali nggak ada niatan sama sekali untuk beralih ke oli hdeo/pcmo yang kerap dianggap sesat. Akan tetapi bjr rasanya tergoda untuk mencoba di honda verza.
Apalagi si verza sudah cukup berumur, alias baru 3,5 tahun. Terlebih bjr yang sejak beberapa bulan lalu demen baca-baca di grup facebook LDIC (Long Drive Interval Community), rasanya agak gimana gitu untuk (tidak) ikut-ikutan sesat, hehehe.
Alhasil bjr mantapkan hati, sekalian ganti kampas kopling beberapa waktu yang lalu, saat itu pula bjr coba oli hdeo (heavy duty engine oil) alias oli mesin diesel, kok nggak pcmo ?, harga menurut bjr masih rasional hdeo ketimbang pcmo yang rata-rata up to 50 ribu, sedangkan anggaran oli verza sejak beli bjr patok nggak boleh lebih 50 ribu, maklum motor murah apa-apa juga harus murah (tapi nggak murahan loh, hehehe).

Alasan lainnya menurut beberapa suhu di ldic untuk pemakaian long drive banyak menyarankan hdeo karena memang oli hdeo dirancang untuk long life pemakaian. Sedangkan kalau mengejar peforma alias tarikan mesin, mending pilih pcmo (oli mobil). Selain itu bjr pikir pakai pcmo ngejar peforma bagaimana wong si verza ya ginuk2 saja mesinnya, alhasil dengan harapan peforma setara oli mco (oli motor) akan tetapi jangka pemakaian yang lebih lama maka bjr pilih hdeo.
Meditran sx bjr tebus seharga 44 ribu saja untuk kemasan 1 liter base olinya 15w-40, cukup kental dibanding rekomendasi pabrikan yang menyarankan 10w-30, ya namanya oli diesel terlebih base meditran sx masih mineral. Banderol 44 ribu artinya hanya selisih 2 sampai 3 ribu rupiah saja dengan oli mpx 1, masih rasional menurut bjr selisih harganya. 

sekalian ganti kamkop
Review Pemakaian
Setelah kurang lebih 3 minggu pemakaian, hal yang bjr rasakan adalah motor terasa lebih adem dibanding mpx 1, panas tetap, akan tetapi nggak sepanas saat menggunakan oli bawaan pabrikan.
Perpindahan gigi terasa lebih senyam, hanya pertama saat netral ke gigi 1 dan di pagi hari bunyi ceklak/ jedag (keras sekali), setelah jalan perpindahan gigi nyaris senyap. Tarikan mesin/ akselerasi juga terasa berbeda, kalau bjr menyebutnya “lebih padat” dibanding mpx 1, lemot sama padet beda loh gan ?.
Minusnya ? sejauh ini meditran msx di verza perlu nyetel agak lama, maksudnya tunggu jeda mesin agak panas, baru enaknya terasa. Pun dengan perpindahan gigi netral ke gigi 1 saat motor pertama kali di hidupkan di pagi hari yang kasar/ keras bjr siasati dengan memanasi mesin agak lama sekitar 2-3 menitan, dan 3-4 kali menekan tuas kopling agar oli bersikulasi maksimal masuk ke celah2 mesin dan kopling.
Perlu flushing
Meski bjr pakai oli ini bersamaan dengan ganti kampas kopling, akan tetapi rasanya tetap perlu flushing, tapi entar dah masih enak kok, hehehe. Menurut suhu2 ldic pemakaian kedua/ ketiga baru dah keluar peforma sebenarnya oli sesat ini.
Last, untuk harga 44 ribuan meditran msx yang notabene oli untuk mesin diesel ini cukup nyaman bjr pakai di honda verza, harga dapet, peforma standart/lumayan, pemakaian jangka panjang ? ini nih yang nggak ada di oli motor sekalipun.
So oli meditran sx di honda verza, positif

Note, sebenarnya bjr tidak ada masalah dengan oli standart ahm (mpx1), hanya untuk beralih ke oli hdeo yang sesat ini murni coba-coba kalau cocok dan lebih baik sih lanjut sesat, hehehe.

Semoga Bermanfaat

3 komentar:

  1. Aku pernah pakai PCMO buat Meggy Primus, ternyata ketagihan gas poll. Alhasil, kampas kopling cepet aus... T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. tangan kanannya kurang tertib, hehehe

      Hapus
    2. Harus disekolahkan lagi tangan kanannya... wkwk

      Hapus