Halo Brosis
Sejak resmi
diperkenalkan di Imos beberapa waktu lalu, calon matic penantang vario 150 dari
yamaha memang menandakan bukan isapan jempol semata. Di luar sudah launching
dengan nama nvx, tapi di Indonesia menggunakan nama yang sebenarnya agak baru
di pasar roda dua tanah air.
Tidak main-main
sederet fitur yang di sandangnya di gadang-gadang membuat honda vario tampak
selangkah tertinggal. Meski hadir dengan 3 pilihan tipe dengan harga termurah
sama dengan vario 150 yaitu di angka 20 jutaan jelas secara market memang
yamaha ingin merongrong pasar vario 150.
Aerox menggunakan
mesin yang sama dengan nmax, yaitu 155 cc dengan teknologi VVA 4 Klep, klaim
tenaganya mencapai 14,7 dk, jauh meninggalkan vario 150 yang hanya 12,5 dk.
Tentu sektor mesin mutlak vario KO, lah memang vario 150 masih teknologi
konvensional 2 klep, meski sama-sama masih SOHC.
Kaya Fitur
Oke urusan mesin
fix yamaha unggul telak, akan tetapi tidak hanya sampai di situ, yamaha pun
juga menjejali aerox dengan segudang fitur. Mulai dari kaki-kaki yang lebih
besar, bayangkan saja ban depan ukuran 110 belakang 140 dengan ukuran 14 inch,
nmax saja kalah gambot apalagi vario 150 !?.
Tidak hanya di
situ, shock belakang aerox menggunakan shockbreaker ganda (meski rupanya agak
aneh), dengan opsi tabung pada tipe R, vario ? masih setia dengan single shock
pada bagian belakang.
Kemudian konsol
speedometer sudah full digital dengan ukuran 5,8 inch (hape ane aja Cuma 4,5
inch, wkwkwk) yang memuat berbagai macam fitur seperti VVA indicator, fuel meter,
battery indicator, odometer, trip meter, average fuel consumption, real time
consumption, digital clock dan rpm meter (verza saja nggak punya takometer,
hehehe).
Fitur-fitur standar lain pun
sama seperti lampu-lampu sudah full led, hanya letak tangki bensin yang kali
ini berbeda aerox di dek tengah seperti nmax, sedang vario 150 masih harus
turun saat isi bensin karena letaknya di bawah jok walau begitu volume tangki
vario masih lebih besar 0,9 L di banding aerox.
Lantas Apa Keunggulan Vario
Bicara fitur dan mesin
memang sudah sangat jelas vario kalah telak, akan tetapi nama besar vario
menurut bjr adalah keunggulan yang sulit untuk di tumbangkan. Apalagi aerox
masihlah anak kemarin sore yang versi 125 cc nya saja super langka di pandang
mata di jalan.
Terkadang memang sebuah nama
yang familiar memang sangat mempengaruhi penjualan, karena di balik nama besar
vario ada image -> honda, astra, dan segerombolan makelar mokas yang amat
demen berdagang vario karena cepet lakunya.
Terlebih memang nama vario
sudah amat sangat melegenda, karena merupakan matic honda pertama di indonesia,
yang di produksi di Indonesia, bahkan nama vario lebih tua dibanding raja motor
belasan juta umat honda beat sekalipun.
Last menurut bjr vario
tetaplah vario, jadi dengan motor yang lebih advance dan kaya fitur serta
desain yang lebih baik sekalipun yamaha dengan aerox 155 belum tentu bisa
seperti vario dalam hal penjualan. Atau dengan adanya aerox 155 ini vario 150
akan berbenah alias facelift ? belum tentu juga wong pesaing nmax dari honda
saja belum ada batang hidungnya sampai saat ini, hehehe.
Semoga Bermanfaat
Seperti biasanya, taktik Yamahmud mengalahkan Jhanda bagai Megapro dibantai Vixion. Awalnya nama tsb sulit dikalahkan, namun lambat laun keok juga.
BalasHapusPaling nama Vario hanya akan merajai di segmen 125 cc aja deh bro.