googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Volume Oli Gardan Motor Matic

Volume Oli Gardan Motor Matic

volume oli gardan matic

Halo Brosis
Pada motor matic pada khususnya terdapat 2 oli yang harus di ganti secara periodik, yang pertama tentu oli mesin yang melumasi bagian dalam mesin dan yang kedua adalah oli transmisi atau orang indonesia menyebutnya oli gardan (saya juga bingung dimana gardannya, hehehe).

Oli mesin pada motor matic sama kerjanya dengan di motor lain seperti motor bebek atau sport. Tetapi oli mesin motor matic lebih sederhana yaitu hanya melumasi bagian dalam mesin tidak melumasi kopling atau transmisi seperti pada motor kopling basah. Tetapi bukan berarti tanpa motor matic tanpa transmisi, karena letak gear trasmisi otomatis motor matic ada di bagian roda belakang yaitu dekat pulley sekunder.

Kerja oli transmisi berbeda dengan oli mesin, kerjanya lebih ringan dan sederhana yaitu hanya melumasi gigi-gigi transmisi yang di gerakkan oleh pulley primer dan sekunder, oleh karena itu oli transmisi ketika di ganti perubahan warnanya tidak sedrastis oli mesin yang menghitam karena ada dalam proses pembakaran, oli transmisi cenderung sama bahkan paling parah sekalipun berubah sedikit gelap kecoklatan. Tetapi meski kerjanya ringan , bukan berarti tidak butuh pergantian loh.


Pabrikan menyarankan mengganti oli transmisi motor matic dengan interval 8000 km atau 8 bulan, atau maksimal 12.000 km atau 12 bulan/ 1 tahun. Mengapa oli transmisi motor matic perlu di ganti ? menurut hondacengakeng itu agar supaya perpindahan gigi otomatis tetap lembut dan lancar dan tentu agar umur komponen bisa lebih lama atau terjaga.

volume oli gardan motor matic
oli tak akan menghitam, paling kecoklatan tapi daya lumas berkurang

Volume Oli Pabrikan Berbeda-beda
Yap yang perlu di pahami di sini adalah volume oli transmisi atau gardan motor matic setiap pabrikan berbeda-beda yaitu mulai dari 90ml- sampai 180 ml. Berikut daftar volume oli gardan atau transmisi motor matic yang beredar di Indonesia

Matic 150 CC
Honda Vario 150 120 ml
Honda PCX 180 ml
Yamaha Nmax & Aerox 150 ml
Piagio  LX 150 100 ml

Matic 110-125 CC
Suzuki Skywave, Skydrive, Spin 100ml
Suzuki Addres 100 ml

Honda Beat Series, spacy  120 ml
Honda Vario 125 120 ml

Yamaha Mio, Mio Soul  100 ml
Yamaha Mio J & Soul GT, 140 ml
Yamaha Mio M3 & Mio Z 120-140 ml

Lantas apakah bisa oli gardan/ transmisi motor matic pakai oli mesin ?

Pada awal trend motor matic di Indonesia oli gardan/ trnasmisi memakai oli mesin, baru beberapa tahun belakangan saja pabrikan terkesan latah dan menjadikan oli trasnmisi/gardan sebagai barang dagangan baru.

Contoh (yang lain cek sendiri) Yamalube yang mempunyai spek oli transmisi 20w-40 SG MB, artinya gak jauh beda atau sama dengan oli mesin. Kebanyakan motor matic di Indonesia seperti keluaran Yamaha, Honda, Suzuki di Indonesia oli gear trasnmisinya memakai kekentalan/spek yang mirip dengan oli mesin.

Kecuali Kymco yang dari dahulu sampai sekarang untuk urusan oli gardan/transmisi menggunakan oli API GL-4 ataupun SAE 90 dan juga 80W-90. Jadi the questions bisakah pakai oli mesin ? bisa, tapiiii

Kebanyakan bikers yang sudah melek informasi khususnya di dunia maya muli beralih menggunakan oli MTF (manual transmision fluid) alias oli trnasmisi dengan spek 80W-90 API GL 4 untuk rekomendasi oli apa, monggo di search saja untuk hasil maksimal.




16 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya gan, Sippp dah

    BalasHapus
  2. Untuk Mio soul GT ukuran oli gardan ya 140 ml ?? Bukannya 100 ml ya gan ?? Tolong pencerahannya gan ?? Thx 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener 100 ml,hehehe
      hanya mio J yang 140 ml,
      gen mio lain 100ml (toleransi lebih 20 ml)

      Hapus
  3. Satu lagi nih gan saya tanya; pergantian oli gardan sebaiknya berapa bulan sekali?? Thx

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Tanya ke toko aja. Di bungkusnya sdh dicetak tulisan untuk motor apa saja, jadi gak repot gan.

      Hapus
  5. Kalo xeon rc berapa ml ,,,saya pernah denger harus 2 botol/200ml,,apa bner

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, rasio xeon rc lebih besar otomatis butuh oli transmisi/ gardan lebih banyak

      Hapus
  6. Add in ever stricter emissions controls with the stop and go commuting common in today's congested cities and you have operating conditions that are torturous for your cars motor oil.Maslo1

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're out of discussion, this is discussing motorcycle oil

      Hapus
  7. kalo motor xride oli gardannya berapa mili,yah ?

    BalasHapus
  8. Gan boleh nga oli nya diisi 100 ml...untuk suzuki nex...di mesinya di isi 90 ml

    BalasHapus
  9. Klo vario 150 diisi 100 ml bsa g Gan?

    BalasHapus