Halo Brosis
Pada motor matic pada
khususnya terdapat 2 oli yang harus di ganti secara periodik, yang pertama
tentu oli mesin yang melumasi bagian dalam mesin dan yang kedua adalah oli
transmisi atau orang indonesia menyebutnya oli gardan (saya juga bingung dimana
gardannya, hehehe).
Oli mesin pada motor
matic sama kerjanya dengan di motor lain seperti motor bebek atau sport. Tetapi
oli mesin motor matic lebih sederhana yaitu hanya melumasi bagian dalam mesin
tidak melumasi kopling atau transmisi seperti pada motor kopling basah. Tetapi
bukan berarti tanpa motor matic tanpa transmisi, karena letak gear trasmisi
otomatis motor matic ada di bagian roda belakang yaitu dekat pulley sekunder.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Kerja oli transmisi
berbeda dengan oli mesin, kerjanya lebih ringan dan sederhana yaitu hanya
melumasi gigi-gigi transmisi yang di gerakkan oleh pulley primer dan sekunder,
oleh karena itu oli transmisi ketika di ganti perubahan warnanya tidak
sedrastis oli mesin yang menghitam karena ada dalam proses pembakaran, oli
transmisi cenderung sama bahkan paling parah sekalipun berubah sedikit gelap
kecoklatan. Tetapi meski kerjanya ringan , bukan berarti tidak butuh pergantian
loh.
Pabrikan menyarankan
mengganti oli transmisi motor matic dengan interval 8000 km atau 8 bulan, atau
maksimal 12.000 km atau 12 bulan/ 1 tahun. Mengapa oli transmisi motor matic
perlu di ganti ? menurut hondacengakeng itu agar supaya perpindahan gigi
otomatis tetap lembut dan lancar dan tentu agar umur komponen bisa lebih lama
atau terjaga.
oli tak akan menghitam, paling kecoklatan tapi daya lumas berkurang |
Volume Oli Pabrikan
Berbeda-beda
Yap yang perlu di
pahami di sini adalah volume oli transmisi atau gardan motor matic setiap
pabrikan berbeda-beda yaitu mulai dari 90ml- sampai 180 ml. Berikut daftar
volume oli gardan atau transmisi motor matic yang beredar di Indonesia
Matic
150 CC
Honda Vario 150 120 ml
Honda PCX 180 ml
Yamaha Nmax & Aerox
150 ml
Piagio LX 150 100 ml
Matic
110-125 CC
Suzuki Skywave,
Skydrive, Spin 100ml
Suzuki Addres 100 ml
Honda Beat Series,
spacy 120 ml
Honda Vario 125 120 ml
Yamaha Mio, Mio Soul 100 ml
Yamaha Mio J & Soul
GT, 140 ml
Yamaha Mio M3 & Mio
Z 120-140 ml
Lantas apakah bisa oli
gardan/ transmisi motor matic pakai oli mesin ?
Pada awal trend motor
matic di Indonesia oli gardan/ trnasmisi memakai oli mesin, baru beberapa tahun
belakangan saja pabrikan terkesan latah dan menjadikan oli trasnmisi/gardan
sebagai barang dagangan baru.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Contoh (yang lain cek
sendiri) Yamalube yang mempunyai spek oli transmisi 20w-40 SG MB, artinya gak
jauh beda atau sama dengan oli mesin. Kebanyakan motor matic di Indonesia
seperti keluaran Yamaha, Honda, Suzuki di Indonesia oli gear trasnmisinya
memakai kekentalan/spek yang mirip dengan oli mesin.
Kecuali Kymco yang dari
dahulu sampai sekarang untuk urusan oli gardan/transmisi menggunakan oli API
GL-4 ataupun SAE 90 dan juga 80W-90. Jadi the
questions bisakah pakai oli mesin ? bisa, tapiiii
Kebanyakan bikers yang
sudah melek informasi khususnya di dunia maya muli beralih menggunakan oli MTF
(manual transmision fluid) alias oli trnasmisi dengan spek 80W-90 API GL 4
untuk rekomendasi oli apa, monggo di search saja untuk hasil maksimal.
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Terima kasih atas infonya gan, Sippp dah
BalasHapusUntuk Mio soul GT ukuran oli gardan ya 140 ml ?? Bukannya 100 ml ya gan ?? Tolong pencerahannya gan ?? Thx 😅
BalasHapusbener 100 ml,hehehe
Hapushanya mio J yang 140 ml,
gen mio lain 100ml (toleransi lebih 20 ml)
Satu lagi nih gan saya tanya; pergantian oli gardan sebaiknya berapa bulan sekali?? Thx
BalasHapus3-4 kali setelah ganti oli mesin
HapusBukane mio z 100ml gan?
BalasHapusTanya ke toko aja. Di bungkusnya sdh dicetak tulisan untuk motor apa saja, jadi gak repot gan.
HapusKalo xeon rc berapa ml ,,,saya pernah denger harus 2 botol/200ml,,apa bner
BalasHapusbener, rasio xeon rc lebih besar otomatis butuh oli transmisi/ gardan lebih banyak
HapusAdd in ever stricter emissions controls with the stop and go commuting common in today's congested cities and you have operating conditions that are torturous for your cars motor oil.Maslo1
BalasHapusYou're out of discussion, this is discussing motorcycle oil
HapusKlo Xeon berapa ml ya?
BalasHapuskalo motor xride oli gardannya berapa mili,yah ?
BalasHapusGan boleh nga oli nya diisi 100 ml...untuk suzuki nex...di mesinya di isi 90 ml
BalasHapusgak masalah, lebih senyap
HapusKlo vario 150 diisi 100 ml bsa g Gan?
BalasHapus