googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Review Pemakai Xiaomi Redmi Note 4 Resmi, 2 juta Baterai Awet Parah

Review Pemakai Xiaomi Redmi Note 4 Resmi, 2 juta Baterai Awet Parah

XIAOMI REDMI NOTE 4X

Halo Brosis

Sebagai pecinta gadget tapi budget kere hore xiaomi memang belum terkalahkan sampai saat ini apalagi buat kaum budget smartphone kere. Apalagi priceto peformance hape-hape xiaomi memang juara dibanding hape yang sudah beken iklannya nongol di mana-mana macam samsung, vivo, atau oppo.

Hal itu pula yang mendasari saya memilih xiaomi redmi note 4 sebagai hp daily driver saya yang baru, menggantikan evercoss genpro x. Memang terasa campur aduk saat di gunakan, bukan genpro x jelek tapi ada sisi yang nggak saya suka dan bisa di bilang sudah nggak mumpuni untuk menunjang aktivitas saya seharian, yaitu peforma dan baterai.

Ya peforma genpro x rasanya hanya cukup untuk hanya bersosmed ria plus aplikasi ringan, apalagi baterainya yang terbilang ngepas plus manajemen ram/os yang apa adanya membuat saya harus ekstra sabar dengan hape ini, tapi melihat harganya yang kurang dari sejuta rasanya sebenarnya tak pantas untuk mengeluh terlalu berlebihan.

Akhirnya saat itu saya putuskan untuk mengupgrade handphone saya kebetulan juga ada sedikit rejeki PLUS si tokopedia lagi ulang tahun bagi2 diskon/cashback 20% , lumayan loh. Budget ada sekitar 2,5 jutaan saat itu, tapi juga harus terbagi dengan uang saku untuk ke GIIAS di BSD 19 Agustus.


Kriteria handphone sih gak muluk-muluk kalau saya asal baterai awet, garansi resmi, peforma multitasking mumpuni, kamera nomer 3, brand nomer 4. Ada beberapa pilihan menarik yang saya tangkap di antaranya xiaomi redmi 4x (1,9), asus zenfone 3 max, lg x power (1,8), lenovo k5 note (1,9) infinix zero 4 (2 diskon), infinix note 3 (2,1), dan xiaomi redmi note 4. Setelah menimbang-nimbang dan lihat review di youtube dan website sana-sini saya putuskan  memilih xiaomi redmi note 4.
 Xiaomi Redmi Note 4X Resmi
resmi "dirakit di Indonesia"
Alasannya simpel spek hardware paling bagus, baterai paling awet, garansi resmi, kamera gak jelek-jelek amat tentu dibandingkan dengan pilihan-pilihan di atas. Akhirnya saya tebus xiaomi seharga 2,276 sekian sudah plus ongkos kirim. Tapi setelah barang sampai dapat cashback 200 ribu (saldo tokocash), juga sebelum transaksi saya mampir ke shopback agar dapat cashback juga 50 ribu. Jadi xiaomi redmi note 4 saya beli hanya dengan harga 2juta dua puluh enam ribu rupiah.

First impresion
Hape datang di malam hari dengan jasa JNE YES yang tagline nya Yakin Esok Sampai (meski malam hari sekalipun).  Setelah datang esok paginya baru saya unboxing. Seperti biasa di keluarkan isinya satu persatu ada handphone xiaomi redmi note 4, kepala charger dengan output 2 amper yang tidak ada fitur fast charging, kabel micro usb, sim ejector, dan buku petunjuk plus kartu garansi. Penjual mengingatkan box jangan sampai hilang karena untuk klaim garansi tinggal serahkan nota pembelian dan scan barcode yang ada di sisi box hape.

xiaomi redmi note 4
isi dalam box yang minimalis
Impresi pertama ehhhmm, oke cakep apalagi saya pilih warna hitam / black yang warnanya hitam pekat. Sayang sisi belakang gampang terjeplak sidik jari. Saat di genggam reno 4 terasa pas di tangan/jari saya tapi sangat licin, perbedaan lebar layar 0,5 inch dari hp saya sebelumnya nyatanya memang tidak mempengaruhi handling hp ini saat di gunakan.

xiaomi redmi note 4
dari depan its oke
Di sisi atas ada jack 3,5 mm lalu ada sensor wajib di semua hape xiaomi yaitu IR blaster di sisi bawah ada port micro usb plus sepasang speaker yang ternyata sisi kiri sebagai audio saat telepon. Sisi kanan ada tombol volume dan tombol power, sisi kiri ada slot sim yang kurang saya suka karena hybrid.


Sisi layar tampak istimewa karena ada lampu led notifikasi di bagian atas sebelah kiri, kamera depan di sisi kanan dan sensor cahaya di tengah. Beranjak ke bagian bawah atau dagu ada 3 tombol capacitive yang sudah di lengkapi backlight sangat berguna saat di kegelapan. Di sisi belakang ada kamera beresolusi 13 mp dan led flash dibawahnya, sedang sensor sidik jari ada di bawahnya.

Sensor Xiaomi Redmi Note 4X
sensor cukup lengkap

Hardware xiaomi redmi note 4 ini sebenarnya tidaklah istimewa yaitu Snapdragon 625 dikombinasikan RAM sebesar 3GB, Internalnya memorynya 32 GB setelah di potong system memory yang terpakai tinggal 23 GB (masih cukup lega bagi saya). Mengapa saya sebut “sebenarnya” tidak istimewa karena banyak yang menganggap snapdragon 625 lebih inferior dibanding Mediatek helio X20 dengan decacore-nya yang tertanam pada redmi note 4 versi sebelumnya.

Dua hal yang saya keluhkan saat menggenggam dan menggunakan redmi note 4 adalah backcover belakang yang mudah kotor oleh sidik jari dan saat digenggam body belakangnya licin abis.

xiaomi redmi note 4
backcover licin dan mudah kotor (yang kiri) 

Atau dengan pendahulunya yaitu redmi note 3 sekalipun yang menggunakan snapdragon 650 yang memiliki score antutu lebih baik ketimbang 625, tetapi anggapan itu bagi saya tidak terlalu berpengaruh, bahkan dengan baterai 4000 mah xiaomi redmi note 4 dengan procesor 625 sangat-sangat memuaskan saya dalam hal keseimbangan peforma dan daya tahan baterainya.

User Experience & peforma
Setelah menyalakan hardware dan setting sana-sini, ROM yang di dapat sudah MI UI 8.1 kemudian ada notifikasi update ke 8.5.4 global stable. Saya sangat suka dengan Mi UI karena tanpa ap drawer macam Ui android lainnya untuk ini sih sebenarnya sesuai selera, hehehe. Saya pun juga tidak asing dengan MI UI karena sebelumnya saya sudah memakai di Andromax A unlock.

xiaomi redmi note 4 vs samsung a5 2017
peforma gegas, dibandingkan hp dengan harga 2x lipatnya masih mampu bersaing
Tetapi di redmi note 4 ini sedikit lebih menyenangkan dalam penggunaanya, ada beberapa hal baru (bagi saya) yang saya rasakan di antaranya adalah penambahan beberapa fitur yaitu , double tap 2 week untuk menghidupkan dan mematikan layar, quick ball untuk mengakses cepat ke beberapa menu dan aplikasi (terbatas hanya 5 aplikasi), dan one hand mode yang memudahkan menggunakan dalam satu tangan.



MI UI sudah terkenal boros ram, dari 3 gb ram, free ram hanya berkisar 1,7-1,5 gb artinya hampir separuhnya di gunakan untuk menjalankan UI. Tapi semua terbayar oleh manajemen aplikasi yang baik saat saya pergunakan untuk membuka dan menjalankan aplikasi sebanyak 7-8 aplikasi sekaligus nyatanya tanpa ada gejala restart aplikasi.

score antutu xiaomi redmi note 4
score antutu 60 ribuan 
Untuk score antutu xiaomi redmi note 4 saat saya tes sanggup mencapai score 62 ribu poin, kalah jauh dengan xiaomi redmi note 4 mediatek milik teman saya yang mencapai 80 ribuan poin. Tapi nyatanya saat saya gunakan hampir tidak ada gejala ngelag di xiaomi redmi note 4 ini buka tutup aplikasi lancar jaya, multitasking apalagi masih sanggup, buat ngegame ? saya bukan yang demen ngegame di hp tapi masih lancar jaya saat saya coba main aspahlt 8.

Kamera, Bagus dan Cukupan Tapi Tidak Istimewa
Kamera xiaomi redmi note 4 di kalangan para reviewer adalah sisi terlemahnya, untuk harga 2 jutaan kualitas hasil tangkapan kameranya masih kalah di banding infinix zero 4 yang sudah tersemat  OIS (optical image stabilitser)  pada lensa kameranya. Saat saya coba pun ya memang demikian adanya, nggak wauuw banget tapi bagi saya ini lebih sudah cukup memadai untuk kebutuhan saya.

Kamera belakang beresolusi 13 megapixel yang dilengkapi dual tone flash hasilnya tidak mengecewakan, meski minim opsi dalam mode manual juga minim fitur tangkapan kamera tergolong baik menurut saya, dibanding genpro x ? jauh malah, jelas reno 4 lebih baik. Autofokus-nya bagi saya kurang cepat, apalagi saat di malam hari, padahal sudah di sematkan fitur  phase detection autofokus.
 
kamera xiaomi redmi note 4
detail objek bagus
Contoh foto di atas adalah kondisi pagi hari, saat di zoom tekstur jok tampak jelas.

Mode HDR juga cukup membantu di kala mode auto kurang bisa diandalkan.
kamera xiaomi redmi note 4
AUTO

kamera xiaomi redmi note 4
HDR

hasil kamera xiaomi redmi note 4
mode auto malam hari
Untuk video kamera xiaomi reno 4 bisa merekam sampai resolusi full hd 1080 P, kualitasnya bisa di andalkan saat cahaya melimpah, mix nya bahkan amat sensitif menangkap suara, meski saat di putar dengan volume maksimal terdengar sedikit tertahan.



Ada fitur slow motion juga pada perekaman video, hasil saya lampirkan di atas, cukup menarik untuk handphone seharga 2 jutaan sudah ada fitur perekam video slow motion.

Kamera depannya beresolusi 8 megapixel, dan bukaan lensa atau tangkapannya termasuk sempit, nggak beda jauh dengan genpro x. Tapi hasilnya saat digunakan selfie terbilang anjay muka jadi mulus berkat adanya beutyfy, hehehe.

bangjoru
kamera depan : muka mulus parah, hehehe

So untuk kamera handphone seharga 2 jutaan, asal gak demen foto mode manual dan demen wefie seperti saya nyatanya xiaomi redmi note 4 cukup maknyus hasilnya. Untuk di post di sosmed, instagram masih sangaaat layak.

mode foto redmi note 4

Fingerprint Responsif Baterai Awet Paraah !

Pengalaman tidak mengenakkan mengenai pemakaian sensor fingerprint di handphone sebelumnya tidak saya temui di xiaomi redmi note 4 ini. Letaknya sama di belakang di bawah led flash camera layaknya genpro x akan tetapi kecepatan dan akurasinya jauuh lebih baik milik xiaomi redmi note 4.

Sensor fingerprintnya dapat memuat 5 sidik jari, saat saya coba membuka hanya menempelkan jari tanpa menekan dalam waktu kurang dari setengah detik handphone membuka dan otomatis membuka kunci, tidak butuh effort lebih.


Keunggulan mutlak yang paling saya suka dan rasakan pada xiaomi redmi note 4 adalah peforma baterainya. Yap 4000 mah, bukan yang paling besar, tapi ternyata dengan snapdragon 625 yang irit daya plus peforma yang nggak malu-maluin ternyata setelah saya coba lebih dari 3 minggu, rekor paling lama adalah 2 hari (2x24 jam) itupun masih sisa 8%, itu dengan pemakaian handphone memakai konektiviras data seluler (bukan wifi), dengan 2 kartu sim yang aktif. Pemakaian ala saya yaitu ngetik, sosmed, browing, streaming, kamera dan video beberapa kali dan sesekali bermain game ringan.

Baterai Awet Parah

Beraktivitaslah seharian penuh, tidak perlu membawa charger karena xiaomi redmi note 4 dengan pemakaian super intens sekalipun anda tak akan dipusingkan kehabisan baterai.
Ini adalah handphone paling awet yang pernah saya pakai, di banding sebuah tablet sekalipun xiaomi redmi note 4 masih lebih unggul soal keawetan baterai, AWET PARAH !

Conclusion
Apakah xiaomi redmi note 4 sesuai ekspektasi saya?  YA PASTI !, dengan harga 2 juta rupiah lebih sedikit saja, secara real handphone ini dapat mengakomodir aktivitas dan kegiatan saya sehari-hari.

xiaomi redmi note 4
Sangat Layak Untuk Di Beli !

Sisi yang saya keluhkan sebenarnya bukan kamera yang tidak istimewa, tapi body yang licin dan cepat kotor di bagian belakang, tapi bisa di siasati dengan memakai soft case seperti yang saya pakai atau memakai back cover. Lalu pada bagian depan penggunaan kaca 2,5D menambah kacantikan TAPI sampai saat ini saya belum menemukan lapisan pelindung layar yang pas, mau pakai tempered glass juga gak bisa di kaca 2,5, pakai full kaca pelindung depan juga gampang pecah dan beberapa bagian kurang presisi, pakai anti gores masih ribet motong dengan ukuran yang pas.

Jadinya sampai saat ini plastik pelindung layar depan belum saya lepas sampai saat ini. Overall SANGAT PUAS dengan xiaomi redmi note 4.

+ Harga Terjangkau
+ Peforma Mumpuni
+ Baterai AWET PARAH
+ Garansi Resmi
+ Desain Cakep

- slot sim hybrid
- kamera tidak istimewa (cukupan)
- Body Licin dan fingerprint magnet

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar