Punya motor pastinya ada ritual tertentu yang wajib dilakukan, yups perawatan, kalau pecinta motor sudah menjadi keharusan untuk memperhatikan motornya, dari segi perawatan rutin dilakukan, ya minimal ganti oli lah, hehehe
Bukannya begitu juga brosis, minimal bagi bjr merawat motor adalah bagaimana motor tersebut tetap dalam kondisi prima ketika digunakan. Tentu ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam perawatan motor salah satunya tentu biaya, ya memang setiap motor memang berbeda biaya dalam perawatannya.
Kali ini bjr akan berbagi mengenai berapa sih biaya untuk merawat verza, oh iya brosis, kalau ditanya bulanan , atau semesteran (tiap 6 bulan) atau satu tahunan, atau mau yang lebih detail perawatan setiap berapa kilo meter yang ditempuh,
Oli setiap 2000 km wajib ganti, memang ada yang bilang bisa 4000 km tapi bjr tak mau memaksakan, untuk oli walau sempat berpindah-pindah, akan tetapi bjr kembali lagi ke Mpx 1, hitung saja harganya 43 ribu
Kampas rem depan (disk brake), setiap 10000km ganti, bisa juga lebih , bergantung pemakaian juga , harga 50 ribu saja untuk yang ori hgp.
Busi, tipe busi cpr9ea, atau denso U27, karakter busi dingin, sama dengan vario, memang di beberapa bengkel resmi maupun non resmi agak sulit di dapat , tapi asal ulet mencari pasti dapat kok, untuk menjaga kondisi mesin tetap prima setiap 10000 km wajib ganti , harga 24 ribu.
Filter Udara, perannya sentral banget untuk motor injeksi, salah-salah TB jadi kotor kalo part ini bermasalah (kotor), celakanya bahan part ini dari kertas, tidak dianjurkan dibersihkan, atau istilahnya sekali pakai, tapi tiap 15000 km bisa ganti, harga 50 ribu
Bohlam depan/ belakang, harga bohlam depan masih terjangkau , tipe Halogen HS1 , bisa substitusi pakai bohlam NVL yang sama persis, kalo part hgp 55-65 ribu, tapi bjr pakai bohlam bawaan merk osram harga ?, cuma 35 ribu.. lalu bohlam belakang pernah putus juga, tapi tenang harga masih murah ori hgp cuma 7 ribu.
Komstir, memang untuk part ini bervariasi gantinya, akan tetapi rata-rata di km 30 ribuan, bjr di artikel sebelumnya juga bahas nih ganti komstir, tanang saja harga murah 90 ribu, pakai punya NMP kode part KTR, jangan dibandingkan harganya dengan pabrikan sebelah (motornya juga beda, hehehe).
Gear set, rantai verza memang bawaannya kemryosok , gear belakang juga tipis, tapi tenang saja bisa disiasati, memag kalau betah 30-40 ribu km mah masih tahan tuh gear set, tapi bjr ganti punya NMP pilih non ori merk orisin , harga ? cukup 110 ribu, mau ori boleh tapi harga 2 kali lipatnya ya, hehehe
Ban depan belakang, ban bawaan sudah tubles, akan tetapi ban belakang bjr ganti di km 25 ribuan, bjr pakai michelin pilot street ukuran 110/70,harga 500 ribu kembali sedikit , hehehe. Sedangkan depan lebih awal lagi gantinya ban bawaan merk IRC ukuran 80/100 memang bawaannya nyaman dan tinggi, tapi buat yang ridingnya nyantai gak sruntulan sih fine-fine saja, tapi di tangan bjr langsung spaleng tuh ban hehehe, bjr ganti fdr Genzi ukuran 90/80, harga ?, cukup 200 ribu, total 700 ribu
Seal Shock dan Oli Shock, waktu ganti kemarin pakai punya tiger kode KRM kena 63 ribu satu set / satu shock dikali 2, ketemu 126, oli shock 2 botol ketemu 25 ribu
Biaya lain, biaya ini meliputi biaya servis, tentu saja jika berpatokan anjuran pabrik memang setiap 4000 km servis, akan tetapi verza yang bjr tunggangi tidak demikian, setel klep tiap 10000/ 15000 km, sekalian membersihkan TB. biaya servis cukup 55 ribu. Lalu biaya ganti komstir 50 ribu, dan ganti seal dan oli shock 25 ribu. Biaya lain seperti ganti gear set, bohlam, filter udara, dan oli bjr lakukan sendiri kadang ya dibantu teman, lumayan mudah lah, sekalian belajar hehehe.
Kampas rem depan (disk brake), setiap 10000km ganti, bisa juga lebih , bergantung pemakaian juga , harga 50 ribu saja untuk yang ori hgp.
Busi, tipe busi cpr9ea, atau denso U27, karakter busi dingin, sama dengan vario, memang di beberapa bengkel resmi maupun non resmi agak sulit di dapat , tapi asal ulet mencari pasti dapat kok, untuk menjaga kondisi mesin tetap prima setiap 10000 km wajib ganti , harga 24 ribu.
Filter Udara, perannya sentral banget untuk motor injeksi, salah-salah TB jadi kotor kalo part ini bermasalah (kotor), celakanya bahan part ini dari kertas, tidak dianjurkan dibersihkan, atau istilahnya sekali pakai, tapi tiap 15000 km bisa ganti, harga 50 ribu
Bohlam depan/ belakang, harga bohlam depan masih terjangkau , tipe Halogen HS1 , bisa substitusi pakai bohlam NVL yang sama persis, kalo part hgp 55-65 ribu, tapi bjr pakai bohlam bawaan merk osram harga ?, cuma 35 ribu.. lalu bohlam belakang pernah putus juga, tapi tenang harga masih murah ori hgp cuma 7 ribu.
Komstir, memang untuk part ini bervariasi gantinya, akan tetapi rata-rata di km 30 ribuan, bjr di artikel sebelumnya juga bahas nih ganti komstir, tanang saja harga murah 90 ribu, pakai punya NMP kode part KTR, jangan dibandingkan harganya dengan pabrikan sebelah (motornya juga beda, hehehe).
Gear set, rantai verza memang bawaannya kemryosok , gear belakang juga tipis, tapi tenang saja bisa disiasati, memag kalau betah 30-40 ribu km mah masih tahan tuh gear set, tapi bjr ganti punya NMP pilih non ori merk orisin , harga ? cukup 110 ribu, mau ori boleh tapi harga 2 kali lipatnya ya, hehehe
Ban depan belakang, ban bawaan sudah tubles, akan tetapi ban belakang bjr ganti di km 25 ribuan, bjr pakai michelin pilot street ukuran 110/70,harga 500 ribu kembali sedikit , hehehe. Sedangkan depan lebih awal lagi gantinya ban bawaan merk IRC ukuran 80/100 memang bawaannya nyaman dan tinggi, tapi buat yang ridingnya nyantai gak sruntulan sih fine-fine saja, tapi di tangan bjr langsung spaleng tuh ban hehehe, bjr ganti fdr Genzi ukuran 90/80, harga ?, cukup 200 ribu, total 700 ribu
Seal Shock dan Oli Shock, waktu ganti kemarin pakai punya tiger kode KRM kena 63 ribu satu set / satu shock dikali 2, ketemu 126, oli shock 2 botol ketemu 25 ribu
Biaya lain, biaya ini meliputi biaya servis, tentu saja jika berpatokan anjuran pabrik memang setiap 4000 km servis, akan tetapi verza yang bjr tunggangi tidak demikian, setel klep tiap 10000/ 15000 km, sekalian membersihkan TB. biaya servis cukup 55 ribu. Lalu biaya ganti komstir 50 ribu, dan ganti seal dan oli shock 25 ribu. Biaya lain seperti ganti gear set, bohlam, filter udara, dan oli bjr lakukan sendiri kadang ya dibantu teman, lumayan mudah lah, sekalian belajar hehehe.
Biaya sebulan (2000km) , paling bjr cuma ganti olihitunglah 43 ribu (bergantung milleage)
Biaya 6 bulan (12000 km), meliputi, ganti oli, busi, (43 ribu x 5 = 215 ribu+ busi 24 ribu+ servis stel klep dan cleaning TB 55 ribu + filter udara 50 ribu = 344 ribu.
Biaya 1 tahun (24- ribu km) = biaya 6 bulan - filter 50 ribu = 294 + 344 ribu =638 ribu
motor sehat, touring pun tenang, hehehe |
biaya di atas adalah biaya rerata bjr selama punya verza, mungkin sedikit berbeda karena jarak tempuh setiap 1 bulan, 6 bulan, maupun satu tahunnya berbeda-beda. o iya brosis untuk part seperti bohlam, seal shock + oli, dan gear set bisa dimasukkan ke tahun ke dua, begitu juga komstir, kenapa bjr gak masukkin? tentu saja kembali untuk part yang bjr tidak masukkan karena bergantung pemakaian
semoga berguna brosis
Wah, sangat bermanfaat nih, master Verza. Hehe...
BalasHapusJadi tahu deh si Veve harus belanja apa kalau udah di KM tertentu.
Thanks Bang Joru. Salam Kenal!
http://van-d-teach.blogspot.co.id/2016/04/busi-yang-pas-untuk-honda-verza.html
Mas bro, ane kan masih belajar ngerawat motor sendiri, kalau kelengkapan kunci untuk ganti gear set sekaligus buat nyetel rantai apa aja?
BalasHapusMau nyicil beli kunci2 nya..
Suwun....
kalo untuk verza 22,17,12 sudah lepas roda belakang, kalau nyopot gear baiknya pakai kunci T, biasanya untuk gear depan T8, belakang T12/14, amannya sedia kunci 8-22,
HapusMas, tulisan2nya saya baca hampir semuanya, sangat bermanfaat, saya calon peminang Honda Verza, lagi cari rondo juga hehehe... Keep writing!
BalasHapusmonggo berburu rondo verza, masih banyak yang kinyis2, hehehe
Hapussip.
BalasHapussip.
BalasHapusVolume oli sok depan verza brp cc bro?
BalasHapuswaduh kurang tau gan, tapi ini mungkin bisa buat acuan, tapi dibanding motor di bawah yang sama2 uk shocknya 31, ane rasa mirip2 ama tiger revo soalnya shock depan verza termasuk empuk,
HapusGL PRO / MAX 157 ml
MEGA PRO 159 ml
NEW MEGA PRO 163 ml
TIGER 126 ml
NEW TIGER 135 ml
Ukuran oli sok depan verza brp cc ya bro?
BalasHapusBang, bnyk yg bilang pertama kali beli verza baru olinya cuman di isi setengah ya??
BalasHapuslah ini yang masih abu2 sampai sekarang, kebanyakan kalau pertama kali ganti oli ya di beres sekalian servis , (soalnya dapat gratis), masalah kalau dari pabrik cuma di isi setengah ya ane kurang tahu, (tapi kemungkinan sih ada). Kecuali ganti oli pertama diganti sendiri dan lihat dengan mata kepala sendiri volume olinya.
HapusTepat bang.. Ga tau kalo yang laen tapi kbtulan ane ga pernah service resmi (buku garansi dan service gratis pun masih perawan)
HapusPas ane ganti oli yg keluar ko dikit amat ane asumsikan itu stnghnya (meskipun yg keluar ternyata kurang dari setengah)
Mas Bro... apa ada niat rem belakang diganti jadi Cakram ? Kalo iya, bagusnya pakai apa yaa, apa pakai megapro atau ada rekomendasi lain? Sama biaya nya yaaa sekalian tempat buat ganti nya....
BalasHapuskalau ane rem belakang verza sudah cukup mumpuni gan, hehehe
Hapuscakram belakang kalau nggak mau ribet dan minim ubahan bisa pakai nmp atau old cb
kalau mau yang paket hemat sekalee bisa pakai variasi tiger di tokopedia banyak kisaran 200-300 ribuan sudah dapet
Masbro, ane liat masbro servis direntang km yg cukup besar. Kira2 pertanda butuh servis/stel klep apanya? Mohon petunjuk masbro, udah 3 tahun ane pakek verza hehehe
BalasHapuskalau pertanda pastinya yang saya rasa bunyi ngelitik di cylinder head, pertanda celah klep sudah renggang. kenapa tiap 10 ribu ? sebenarnya nggak ada patokan pasti, gaya berkendara juga mempengaruhi, toh setiap servis motor nggak harus stel klep kan. berangkat dari situ saya servis ke beres setiap 10 ribu atau paling awal setiap 8000, toh untuk perawatan rutin seperti ganti oli, ganti filter udara, ganti bohlam lampu2 yang putus, stel rantai rasanya tangan saya sudah bisa, itung2 ngirit juga toh, hehehe, tapi kalau urusan perawatan daleman mesin saya serahkan ke beres saja.
HapusArtikel yang sangat bermanfaat, saya pengguna baru verza,, jd brtambah ilmu yg ada. Trims ya kwan..
BalasHapusyup sama-sama gan
HapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusMas bro saya verza owner juga thn 2016 saya cuma pake sekolah jarak setengah kilo meter dan sesekali touring sekarang sudah 1thn lebih kilometer 8221,4 kira kira apa saja yang harus diperhatikan dan ganti oli itu biasanya bulanan atau perkilometer oh ya saya pernah crash sekali alhamdulillah tidak apa2 cuma patah dan retak 2 tangan tapi si verza spionnya ngunci doll. Service apa yang harus ditempuh serfis lengkap atau ringan? Mohon bantuannya
BalasHapuspatokan oli dari kilometer, kalau servis, ringan saja cukup, asal oli diperhatikan plus pakai bahan bakar yang berkualitas (minim pertalite) sudah cukup, spion ngunci doll ? ulirnya atau dudukannya patah ? bawa ke tukang las kalau dudukannya lepas/patah, kalau dol bawa ke tukang bubut biar di senai ulang
HapusDi atas kan ada perawatan cleaning TB 55rb , TB itu apa ya ? Dan apa fungsi serta pengaruhnya bila kotor pada motor?
BalasHapus