Halo Sob
Berawal dari postingan
sebelumnya yaitu mengenai besi barstep yang patah, meskipun sudah saya ganti
tetapi hati masih saja gundah gulana, mengingat ini motor supra sudah tua
umurnya sudah 14 tahun dan dipakai tiap hari. Maka dari itu saya pun
berinisiatif untuk mencari motor lagi tentu saja motor second yang sedikit
lebih muda.
Maka keesokan harinya
saya tawari orang tua mau motor apa tentu dengan catatan motor second/bekas loh
yah. Uang ada meski tak seberapa yang penting aman dan tenang di jalan, dan
orang tua pun nyeletuk “motor bebek honda” ehhm gak salah pilih dan seperti
dugaan saya sebelumnya, mungkin ini bapak sudah termasuk fansboy honda,
meskipun masa mudanya akrab dengan motor batangan yamaha (faktor umur kali,
hehehe).
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Lantas pertanyaan saya
pun berlanjut “motor bebek honda apa?, revo absolute? Blade? Supra Fit? Fit X?
Cs1 ?” sudah tentu saya menghindari berucap supra x 125 karena saya tahu uang
tidak cukup, hehehe.
Setelah mendengar opsi
pilihan saya, bapak pun diam berpikir sejenak mungkin dalam hati mengingat rupa
motor yang saya sebutkan. Pikir saya sih paling revo absolute atau nggak blade
soalnya paling muda, gak mungkin lah cs 1 yang bukan selera orang tua, supra
fit apalagi.
Lantas 30 detik
kemudian tiba-tiba nyeletuk “revo lawas (lama) yang kecil ae (saja)”, dan kali
ini dugaan saya atau pilihan saya meleset semua. Kemudian saya tanya kembali
“lapo (kenapa) kok revo lama? Revo absolute, blade loh lebih baru mesin juga
lebih banter dan ngirit” ujar saya
tidak taunya pilih revo 100 (sumber) |
“gak enak, tumpak ane
atos, bodyne gopok kabeh” (tidak enak, handlingnya keras, body motor gopok semua)
ujar bapak, “revo lawas enak bodyne slim rapet, bensine irit, tumpak ane empuk”
imbuhnya.
Tentu saja bapak saya
memilih bukan tanpa alasan, karena dulu juga waktu awal2 revo muncul
menggantikan fit x di pasaran juga sempat beli, warna biru tipe cw saat itu. Kemudian 6 bulan kemudian di jual, tapi setahun berikutnya beli lagi warna biru
kombinasi hitam tapi tipe spoke whell sayang tak bertahan lama juga selang
setahun kemudian dijual ganti revo absolute warna hitam dengan list striping
merah. Jadi bisa dikata sudah hapal betul mana yang menurutnya enak dan cocok
untuk dirinya.
Saya pun masih ingat
bagaimana rasanya motor revo 100 bodynya memang slim, cakep (bebek honda paling
cakep menurut saya), larinya naudzubillah lemot banget meski suara knalpotnya gahar. Dan mungkin karena itu bapak ingin nostalgia sama motor yang
dulu dijual karena lebih milih bayar sekolah anaknya daripada bayar cicilan
motor, hehehe.
Oke fix cari revo lama 100.
Unit
Sedikit Harga Gelap
Setelah mendengar
kemauan bapak, hari itu juga saya searching di situs jual beli, dan setelah
saya amati kok unitnya sedikit sih, tidak sebanyak supra fit atau generasi yang
lebih baru yaitu revo absolute, bahkan jumlahnya mirip2 honda blade yang sampai
saat ini pun kurang laku.
Setelah mengamati, baru
sadar saya lah wong revo 100 (lama) Cuma dipasarkan kurang lebih 2 tahun yaitu
2007 dan 2008 (beberapa ada 2009 awal) pantas saja unit bekas di pasaran juga
sedikit. Cobaan tidak berhenti sampai di situ ternyata harganya termasuk mahal
di tempat tinggal saya Sidoarjo- Surabaya harganya berkisar 4-5 jutaan,
beberapa ada di bawah 4 juta tetapi kondisinya apa adanya dan pajak atau
surat-surat mati.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Termahal tentu ada pada
tipe cw yang rata-rata sudah di atas 5 juta, sedangkan tipe spoke whell 4 jutaan.
Tentu saja harga ini sama dengan harga honda revo absolute yang secara umur
lebih muda. Lantas apa penyebab mahalnya harga revo 100 ?, saya menduga ada 2
penyebab pertama unit/ ketersediaan barang yang sedikit karena dijual oleh ahm
Cuma 2 tahun, kedua desainnya cakep jadi masih banyak yang suka, apalagi
generasi bebek entry level honda penerusnya macam revo abs atau revo injeksi
bentuk/desain seakan lebih inferior dibanding revo lama.
Sekilas
Mesin Revo 100
Mesin honda revo lama
atau revo 100 masih tipe yang sama seperti yang digunakan pendahulunya yaitu
supra fit maupun fit x mesin ini juga penyempurnaan dari generasi sebelumnya
yaitu legenda. Tetapi berbeda dengan generasi mesin honda supra x 100 atau
mesin honda grand.
mesin c100 tua yang bandel irit, meski peforma pas2 an |
Letak perbedaannya ada
pada bahan cylinder dan cylinder head dimana generasi mesin grand/supra 100
adalah besi/dural sedangkan mesin supra fit adalah besi dengan campuran
aluminium, meski begitu beberapa menyebut suprax 100 keluaran terbaru bahannya
sama dengan supra fit (cmiiw). Lalu pada bagian jeroan seperti rantai kamrat (keteng)
legenda/sufit/ revo lebih panjang dibanding grand/supra, kemudian klep juga
demikian grand/supra xlebih kecil.
Tapi meskipun berbeda
kedua mesin tersebut sama-sama irit bahan bakar, konsumsi bbm 50 km untuk
setiap liternya bukan perkara sulit. Soal ketersediaan sparepart juga masih
sangat melimpah di pasaran jadi gak perlu was-was sulit mencarinya.
So mungkin inilah salah
satu pertimbangan bapak masih percaya mesin generasi c100 yang ada pada honda
revo lama, bukan karena mesin 110 honda jelek, tapi entah mengapa menurutnya lebih enak dan nyaman mesin
c100. Tapi indikasi saya mesin 110 honda revo terlalu liar putaran bawahnya
sedang untuk orang tua lebih cocok mesin c100 yang cenderung kalem di segala
putaran mesin.
Ekstra
Telaten Dan Cepet2 an
So tidak ada pilihan
lain selain sabar menanti mencari unit motor yang dijual dengan harga yang
sesuai juga kondisi yang baik. Ternyata sabar saja tidak cukup, ternyata sudah
2 kali saya kalah sigap kalah cepat oleh pembeli lain.
Ya istilahnya ada unit
kondisi baik harga bagus selang setengah sampai 1 jam saja saya hubungi
ternyata “sudah laku” parahnya lagi bukan satu dua kali saya kalah cepat,
bahkan sampai 3 kali, sempat peningpale “kok cepet banget ya?” inikah bukti
sahih bebek desain lancip bak pesawat tempur ini masih sangat diminati.
Pada hari ke 3 saya
ightiar pokoknya muncul langsung sikat, sampai di hari itu setelah gawe pagi
hari saya tinggalkan sejenak mantengin layar laptop buka situs olx hampir 2 jam
an. Kemudian muncul2 tiba-tiba iklan honda revo 2008 tipe spoke whell. Tidak
ada 2 menit pasca iklan di posting saya telpon langsung penjual- tanya alamat –
langsung berangkat (samperin ke rumahnya).
Setelah sampai di rumah
penjual saya langsung cek motor, setelah grepe-grepe beberapa bagian body hasilnya "masih rapet".
cat masih orisinil
tidak ada bekas jatuh atau cet2 an atau dempulan, baret halus masih ada dalam
batas wajar pemakaian.
Kemudian cek kaki-kaki roda
depan belakang di putar ternyata normal tidak ada gejala seret-nyantol apalagi
berat. Hanya rantai yang ekstra kendor dan kering, lalu shock depan tampaknya
lembek, belakang normal :
Cek kelistrikan yang
meliputi cek lampu2 sein nyala, double stater nyala, klakson bunyi.
Cek mesin, saya coba
sentuh mesin ternyata anget habis dipanasi, oke coba stater normal, coba kick
stater 2 kali baru hidup, coba geber-geber tidak ada tanda asap ngebul.
Lalu tes jalan coba
masukkan persneleng 1 ceklek normal coba langsung geber eh ternyata gradak,
rantai yang kendor parah menimbulkan bunyi gemrodak.
Setelah saya test ride,
terakhir saya cek2 nomor mesin dan nomor rangka dan hasilnya sama seperti yang
tertera di surat.
Lalu ritual terakhir
tawar ke penjual, penjual membuka harga 4,5 juta nego, motor dalam kondisi
pajak baru bulan Agustus yang artinya setahun ke depan saya gak di pusingkan
masalah pajak kendaraan. Oke langsung saya tawar 4 juta.
Setelah melewati
negosiasi yang lumayan alot akhirnya deal di angka 4,2 juta. Setelah serah
terima motor pun saya bawa pulang, tentu saja di bantu teman kkn waktu kuliah
yang sudi menemani saya saat itu, thanks bro, hehehe
Perbaikan
So si revo hiser (hitam
silver) akhirnya sukses di beli, keesokan harinya motor saya ambil di rumah
teman saya setelah sehari harus menginap di sana. Setelah itu motor saya
masukkan ke bengkel untuk penggantian beberapa sparepart, diantaranya.
beberapa part diganti |
Oli enduro -> 47
Seal shock depan
sepasang hgp gn5 + oli shock -> 62 ribu, (oli shock bawa sendiri)
Gear set indopart ->
105
Karet dudukan gear hgp ->
15
Fotstep belakang oem ->
15
Kabel speedometer denshin
-> 13
Kampas rem depan federal
+ minyak rem -> 20 (minyak bawa sendiri)
Kampas rem belakang hgp
-> 30
Filter udara hgp ->28
Ongkos pasang -> 65
Ban dalam belakang uk
300 -> 30
Total -> 430
So total secara
keseluruhan 430 ribu rupiah, ehhm cukup banyak memang tapi demi kenyamanan
berkendara minimal tanpa perlu ribet mikir ganti ini-itu dalam waktu dekat.
Seperti ban depan belakang yang sebenarnya masih layak pakai, tapi demi
kenyamanan ban belakang saya ganti ke ukuran yang lebih besar 80/100 milik oem
verza/nmp (ban depan), karena ban ini berpforil tinggi (100) yang membuat motor
nyaman dibuat bawa boncenger berat atau lewat polisi tidur sekalipun.
shock depan di remajakan |
Untuk sektor mesin saya
tidak menyentuh atau melakukan perbaikan sedikitpun, hanya mengganti filter
yang rusak parah (sepertinya tidak pernah diganti semenjak baru) yang
menyebabkannya susah stasioner plus ganti busi. Mesin hanya saya ganti oli saja
pakai enduro racing, (berikutnya pakai oli pcmo, hehehe), kebetulan memang
sektor mesin tidak ada masalah, tidak ada gejala ngebul asap putih maupun
hitam.
Suara
Khas
Selain desainnya yang
ramping dan serba runcing, satu hal lainnya yang saya suka adalah suara
knalpotnya. Ngebas Abis, untuk ukuran bebek entry level sampai saat ini belum
saya temui suara knalpot semerdu/ sengebas punya honda revo 100.
suara ngebass padat |
Treble suaranya berisi
sebelas dua belas ngebasnya atau hampir mendekati suara knalpot nmp karbu/
verza euro 2. Tapi ini beda suara knalpot itu dihasilkan hanya dari mesin 100
cc horizontal. Rahasianya ? sudah pasti ada pada bentuk silincer yang berbentuk
bulat dilapisi chrome mungkin mirip dengan supra x 125 karbu ataupun satria f
lampu kecil.
Sayangnya Cuma suara
doang yang gahar, akselerasi maupun top speednya gak ada beda dengan motor
bermesin sama seperti supra fit/ fit x, bahkan sepertinya feeling saya masih
enteng akselerasi fit x dibanding revo.
Next project adalah
ganti ruji roda depan maupun belakang, yang sebenarnya masih rigid tapi mata
rasanya sepet melihat jeruji roda yang menua di makan usia. So honda revo lama atau
revo 100 memang salah satu bebek discontinue yang masih sangat di cari dan
digemari
Dipasarkan Cuma 2
tahun- unitnya sedikit- peminatnya masih banyak = harganya gelap/ mahal
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
motor honda ahm jaman dulu (pra 2010) entah kenapa rasanya jauh lebih empuk dan lebih enak dinaiki dibanding keluaran terbaru. pernah nyoba revo kayak gini punya teman, rasanya lebih fun dan nyaman dibanding blade atau absolute revo yang keluar setelahnya walau nggak bisa dipungkiri tenaganya menyedihkan...
BalasHapusiya gan sekarang mah jok aja di sunat jadi tipis, shock apalagi di kerasin. mesin c100 memang serba apa adanya
Hapusjadi ingat tahun 2007 wktu pertama kali mw beli motor, ni motor baru launching dan pertama liatnya keren bgt. syg budget cuma 10jt terpaksa meminang thunder second 2005. ga lama kk ipar saya beli yg versi revo cw langsung saya tes ternyata enak akselerasinya, tes top speed lari 60 msh gampang,60-80 lumayan lambat. 5thn berselang sy cb lg motor kk ipar sya, getarannya dahsyat bgt ni motor dibawa gas agak tinggi entah gmn perawatannya jd luar biasa gt getarannya hehehe.
BalasHapusPertama kali pakai motor ini cukup kaget, pasalnya selama pakai Honda Win, ternyata masih ada yang bisa 'ngalahin' iritnya. Ya ini, Revo 100
BalasHapusiya irit gan, tapi malah saya kepingin win hehehe, bentuknya gimana gitu ada aura menariknya tersendiri
HapusAura pak kades
Hapusmotorku ini, g da duit mau upgrade
BalasHapus