googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Meminang Honda Revo 100, Bebek ganteng Harganya Minta Ampun

Meminang Honda Revo 100, Bebek ganteng Harganya Minta Ampun

striping revo 100

Halo Sob
Berawal dari postingan sebelumnya yaitu mengenai besi barstep yang patah, meskipun sudah saya ganti tetapi hati masih saja gundah gulana, mengingat ini motor supra sudah tua umurnya sudah 14 tahun dan dipakai tiap hari. Maka dari itu saya pun berinisiatif untuk mencari motor lagi tentu saja motor second yang sedikit lebih muda.

Maka keesokan harinya saya tawari orang tua mau motor apa tentu dengan catatan motor second/bekas loh yah. Uang ada meski tak seberapa yang penting aman dan tenang di jalan, dan orang tua pun nyeletuk “motor bebek honda” ehhm gak salah pilih dan seperti dugaan saya sebelumnya, mungkin ini bapak sudah termasuk fansboy honda, meskipun masa mudanya akrab dengan motor batangan yamaha (faktor umur kali, hehehe).

Lantas pertanyaan saya pun berlanjut “motor bebek honda apa?, revo absolute? Blade? Supra Fit? Fit X? Cs1 ?” sudah tentu saya menghindari berucap supra x 125 karena saya tahu uang tidak cukup, hehehe.

Setelah mendengar opsi pilihan saya, bapak pun diam berpikir sejenak mungkin dalam hati mengingat rupa motor yang saya sebutkan. Pikir saya sih paling revo absolute atau nggak blade soalnya paling muda, gak mungkin lah cs 1 yang bukan selera orang tua, supra fit apalagi.


Lantas 30 detik kemudian tiba-tiba nyeletuk “revo lawas (lama) yang kecil ae (saja)”, dan kali ini dugaan saya atau pilihan saya meleset semua. Kemudian saya tanya kembali “lapo (kenapa) kok revo lama? Revo absolute, blade loh lebih baru mesin juga lebih banter dan ngirit” ujar saya

tidak taunya pilih revo 100 (sumber)

“gak enak, tumpak ane atos, bodyne gopok kabeh” (tidak enak, handlingnya keras, body motor gopok semua) ujar bapak, “revo lawas enak bodyne slim rapet, bensine irit, tumpak ane empuk” imbuhnya.

Tentu saja bapak saya memilih bukan tanpa alasan, karena dulu juga waktu awal2 revo muncul menggantikan fit x di pasaran juga sempat beli, warna biru tipe cw saat itu. Kemudian 6 bulan kemudian di jual, tapi setahun berikutnya beli lagi warna biru kombinasi hitam tapi tipe spoke whell sayang tak bertahan lama juga selang setahun kemudian dijual ganti revo absolute warna hitam dengan list striping merah. Jadi bisa dikata sudah hapal betul mana yang menurutnya enak dan cocok untuk dirinya.

Saya pun masih ingat bagaimana rasanya motor revo 100 bodynya memang slim, cakep (bebek honda paling cakep menurut saya), larinya naudzubillah lemot banget meski suara knalpotnya gahar. Dan mungkin karena itu bapak ingin nostalgia sama motor yang dulu dijual karena lebih milih bayar sekolah anaknya daripada bayar cicilan motor, hehehe.
Oke fix cari revo lama 100.
Unit Sedikit Harga Gelap
Setelah mendengar kemauan bapak, hari itu juga saya searching di situs jual beli, dan setelah saya amati kok unitnya sedikit sih, tidak sebanyak supra fit atau generasi yang lebih baru yaitu revo absolute, bahkan jumlahnya mirip2 honda blade yang sampai saat ini pun kurang laku.

Setelah mengamati, baru sadar saya lah wong revo 100 (lama) Cuma dipasarkan kurang lebih 2 tahun yaitu 2007 dan 2008 (beberapa ada 2009 awal) pantas saja unit bekas di pasaran juga sedikit. Cobaan tidak berhenti sampai di situ ternyata harganya termasuk mahal di tempat tinggal saya Sidoarjo- Surabaya harganya berkisar 4-5 jutaan, beberapa ada di bawah 4 juta tetapi kondisinya apa adanya dan pajak atau surat-surat mati.

Termahal tentu ada pada tipe cw yang rata-rata sudah di atas 5 juta, sedangkan tipe spoke whell 4 jutaan. Tentu saja harga ini sama dengan harga honda revo absolute yang secara umur lebih muda. Lantas apa penyebab mahalnya harga revo 100 ?, saya menduga ada 2 penyebab pertama unit/ ketersediaan barang yang sedikit karena dijual oleh ahm Cuma 2 tahun, kedua desainnya cakep jadi masih banyak yang suka, apalagi generasi bebek entry level honda penerusnya macam revo abs atau revo injeksi bentuk/desain seakan lebih inferior dibanding revo lama.

Sekilas Mesin Revo 100
Mesin honda revo lama atau revo 100 masih tipe yang sama seperti yang digunakan pendahulunya yaitu supra fit maupun fit x mesin ini juga penyempurnaan dari generasi sebelumnya yaitu legenda. Tetapi berbeda dengan generasi mesin honda supra x 100 atau mesin honda grand.
mesin c100 tua yang bandel irit, meski peforma pas2 an
Letak perbedaannya ada pada bahan cylinder dan cylinder head dimana generasi mesin grand/supra 100 adalah besi/dural sedangkan mesin supra fit adalah besi dengan campuran aluminium, meski begitu beberapa menyebut suprax 100 keluaran terbaru bahannya sama dengan supra fit (cmiiw). Lalu pada bagian jeroan seperti rantai kamrat (keteng) legenda/sufit/ revo lebih panjang dibanding grand/supra, kemudian klep juga demikian grand/supra xlebih kecil.

Tapi meskipun berbeda kedua mesin tersebut sama-sama irit bahan bakar, konsumsi bbm 50 km untuk setiap liternya bukan perkara sulit. Soal ketersediaan sparepart juga masih sangat melimpah di pasaran jadi gak perlu was-was sulit mencarinya.

So mungkin inilah salah satu pertimbangan bapak masih percaya mesin generasi c100 yang ada pada honda revo lama, bukan karena mesin 110 honda jelek, tapi entah mengapa menurutnya lebih enak dan nyaman mesin c100. Tapi indikasi saya mesin 110 honda revo terlalu liar putaran bawahnya sedang untuk orang tua lebih cocok mesin c100 yang cenderung kalem di segala putaran mesin.

Ekstra Telaten Dan Cepet2 an
So tidak ada pilihan lain selain sabar menanti mencari unit motor yang dijual dengan harga yang sesuai juga kondisi yang baik. Ternyata sabar saja tidak cukup, ternyata sudah 2 kali saya kalah sigap kalah cepat oleh pembeli lain.

Ya istilahnya ada unit kondisi baik harga bagus selang setengah sampai 1 jam saja saya hubungi ternyata “sudah laku” parahnya lagi bukan satu dua kali saya kalah cepat, bahkan sampai 3 kali, sempat peningpale “kok cepet banget ya?” inikah bukti sahih bebek desain lancip bak pesawat tempur ini masih sangat diminati.

Pada hari ke 3 saya ightiar pokoknya muncul langsung sikat, sampai di hari itu setelah gawe pagi hari saya tinggalkan sejenak mantengin layar laptop buka situs olx hampir 2 jam an. Kemudian muncul2 tiba-tiba iklan honda revo 2008 tipe spoke whell. Tidak ada 2 menit pasca iklan di posting saya telpon langsung penjual- tanya alamat – langsung berangkat (samperin ke rumahnya).

honda revo lama

Setelah sampai di rumah penjual saya langsung cek motor, setelah grepe-grepe beberapa bagian body hasilnya "masih rapet".

cat masih orisinil tidak ada bekas jatuh atau cet2 an atau dempulan, baret halus masih ada dalam batas wajar pemakaian.

Kemudian cek kaki-kaki roda depan belakang di putar ternyata normal tidak ada gejala seret-nyantol apalagi berat. Hanya rantai yang ekstra kendor dan kering, lalu shock depan tampaknya lembek, belakang normal :

Cek kelistrikan yang meliputi cek lampu2 sein nyala, double stater nyala, klakson bunyi.

Cek mesin, saya coba sentuh mesin ternyata anget habis dipanasi, oke coba stater normal, coba kick stater 2 kali baru hidup, coba geber-geber tidak ada tanda asap ngebul.

Lalu tes jalan coba masukkan persneleng 1 ceklek normal coba langsung geber eh ternyata gradak, rantai yang kendor parah menimbulkan bunyi gemrodak.

Setelah saya test ride, terakhir saya cek2 nomor mesin dan nomor rangka dan hasilnya sama seperti yang tertera di surat.

Lalu ritual terakhir tawar ke penjual, penjual membuka harga 4,5 juta nego, motor dalam kondisi pajak baru bulan Agustus yang artinya setahun ke depan saya gak di pusingkan masalah pajak kendaraan. Oke langsung saya tawar 4 juta.

Setelah melewati negosiasi yang lumayan alot akhirnya deal di angka 4,2 juta. Setelah serah terima motor pun saya bawa pulang, tentu saja di bantu teman kkn waktu kuliah yang sudi menemani saya saat itu, thanks bro, hehehe

Perbaikan
So si revo hiser (hitam silver) akhirnya sukses di beli, keesokan harinya motor saya ambil di rumah teman saya setelah sehari harus menginap di sana. Setelah itu motor saya masukkan ke bengkel untuk penggantian beberapa sparepart, diantaranya.

beberapa part diganti

Oli enduro -> 47
Seal shock depan sepasang hgp gn5 + oli shock -> 62 ribu, (oli shock bawa sendiri)
Gear set indopart -> 105
Karet dudukan gear hgp -> 15
Fotstep belakang oem -> 15
Kabel speedometer denshin -> 13
Kampas rem depan federal + minyak rem -> 20 (minyak bawa sendiri)
Kampas rem belakang hgp  -> 30
Filter udara hgp ->28
Ongkos pasang -> 65
Ban dalam belakang uk 300 -> 30
Total -> 430

So total secara keseluruhan 430 ribu rupiah, ehhm cukup banyak memang tapi demi kenyamanan berkendara minimal tanpa perlu ribet mikir ganti ini-itu dalam waktu dekat. Seperti ban depan belakang yang sebenarnya masih layak pakai, tapi demi kenyamanan ban belakang saya ganti ke ukuran yang lebih besar 80/100 milik oem verza/nmp (ban depan), karena ban ini berpforil tinggi (100) yang membuat motor nyaman dibuat bawa boncenger berat atau lewat polisi tidur sekalipun.

honda revo 100
shock depan di remajakan
Untuk sektor mesin saya tidak menyentuh atau melakukan perbaikan sedikitpun, hanya mengganti filter yang rusak parah (sepertinya tidak pernah diganti semenjak baru) yang menyebabkannya susah stasioner plus ganti busi. Mesin hanya saya ganti oli saja pakai enduro racing, (berikutnya pakai oli pcmo, hehehe), kebetulan memang sektor mesin tidak ada masalah, tidak ada gejala ngebul asap putih maupun hitam.

Suara Khas
Selain desainnya yang ramping dan serba runcing, satu hal lainnya yang saya suka adalah suara knalpotnya. Ngebas Abis, untuk ukuran bebek entry level sampai saat ini belum saya temui suara knalpot semerdu/ sengebas punya honda revo 100.

knalpot honda revo 100
suara ngebass padat
Treble suaranya berisi sebelas dua belas ngebasnya atau hampir mendekati suara knalpot nmp karbu/ verza euro 2. Tapi ini beda suara knalpot itu dihasilkan hanya dari mesin 100 cc horizontal. Rahasianya ? sudah pasti ada pada bentuk silincer yang berbentuk bulat dilapisi chrome mungkin mirip dengan supra x 125 karbu ataupun satria f lampu kecil.

Sayangnya Cuma suara doang yang gahar, akselerasi maupun top speednya gak ada beda dengan motor bermesin sama seperti supra fit/ fit x, bahkan sepertinya feeling saya masih enteng akselerasi fit x dibanding revo.

Next project adalah ganti ruji roda depan maupun belakang, yang sebenarnya masih rigid tapi mata rasanya sepet melihat jeruji roda yang menua di makan usia. So honda revo lama atau revo 100 memang salah satu bebek discontinue yang masih sangat di cari dan digemari

Dipasarkan Cuma 2 tahun- unitnya sedikit- peminatnya masih banyak = harganya gelap/ mahal

Semoga Bermanfaat

7 komentar:

  1. motor honda ahm jaman dulu (pra 2010) entah kenapa rasanya jauh lebih empuk dan lebih enak dinaiki dibanding keluaran terbaru. pernah nyoba revo kayak gini punya teman, rasanya lebih fun dan nyaman dibanding blade atau absolute revo yang keluar setelahnya walau nggak bisa dipungkiri tenaganya menyedihkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan sekarang mah jok aja di sunat jadi tipis, shock apalagi di kerasin. mesin c100 memang serba apa adanya

      Hapus
  2. jadi ingat tahun 2007 wktu pertama kali mw beli motor, ni motor baru launching dan pertama liatnya keren bgt. syg budget cuma 10jt terpaksa meminang thunder second 2005. ga lama kk ipar saya beli yg versi revo cw langsung saya tes ternyata enak akselerasinya, tes top speed lari 60 msh gampang,60-80 lumayan lambat. 5thn berselang sy cb lg motor kk ipar sya, getarannya dahsyat bgt ni motor dibawa gas agak tinggi entah gmn perawatannya jd luar biasa gt getarannya hehehe.

    BalasHapus
  3. Pertama kali pakai motor ini cukup kaget, pasalnya selama pakai Honda Win, ternyata masih ada yang bisa 'ngalahin' iritnya. Ya ini, Revo 100

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya irit gan, tapi malah saya kepingin win hehehe, bentuknya gimana gitu ada aura menariknya tersendiri

      Hapus
  4. motorku ini, g da duit mau upgrade

    BalasHapus