Halo Brosis
Akibat dari pemilihan yang
bisa dikatakan (kurang tepat), maka bjr putuskan untuk kembali ke disc pad langganan yaitu merk “federal”
keluaran astra otoparts, ya discpad yang
sudah 2 kali bjr pakai ini memang sangat value,
reviewnya bisa brosis disini.
Setelah ke toko membeli disc
pad federal seharga 19 ribu, bjr lalu pasang, niat ke bengkel akan tetapi
bengkel langganan di hari jum’at tutup, akhirnya bjr putuskan pasang sendiri di
rumah.
Ubek2 perkakas, akhirnya
nemu juga kunci bintang untuk membuka kaliper, saat hendak memasang, dan
melengserkan discpad yamagata yang
seret, ternyata rem depan kerjanya menjadi tak maksimal, setelah mengamati
dengan seksama ternyata piston rem galau.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Ha galau ? ya bisa keluar
nekan disc pad tapi nggak mau balik
lagi, hehehe, oalah niat awal Cuma ganti discpad tapi merambat juga. Dengan
modal tekad membara bjr putuskan bersihkan kaliper.
Langkah pertama setelah
lepas kaliper kemudian tekan tuas rem hingga piston rem keluar, tapi hati2
pasti akan muncrat minyak rem. Dan setelah piston rem terlepas maka tersangka
utama memang piston yang bagian dalamnya kotor menjadikannya bisa nekan ogah
balik.
pakai kunci pas 12, |
Setelah itu lepas selang rem
yang nempel di kaliper buka dengan kunci 12 pas. Bjr putuskan untuk mengganti
minyak rem sekalian. Setelah itu lepas pangkon kaliper sekalian, gak perlu
kunci cukup tarik perlahan. Setelah semua terlepas bersihkan kaliper dari sisa2
minyak dan kotoran lalu lanjut membersihkan dengan sabun colek dengan air dan
sabun colek.
Maaf langkah pembersihan tidak bjr foto karena tangan lepek karena minyak rem
Setelah membersihkan dengan
air dan sabun colek lap sampai kering, atau angin2 saja, atau semprot dengan
kompresor. Setelah kering piston kaliper bisa dipasang kembali. Sebelum pasang
cek dahulu seal2 kaliper terutama seal kaliper piston, kalau sobek/ rusak
segera ganti. Tapi kalau hanya kotor setelah dibersihkan cukup masukkan piston
ke rumahnya, susah ?, tekan pakai ujung gagang palu secara perlahan.
dorong perlahan |
Setelah piston kaliper
terpasang rakit kembali seperti semula, lalu pasang ujung bawah selang rem ke
kaliper, lalu tuang minyak rem. Bjr gunakan minyak rem merk jumbo seharga 18
ribu kemasan 200 ml tentu saja tidak semuanya di tuang. O iya brosis untuk
motor honda minyak rem bisa pakai merk apa saja asalkan DOT 3/ DOT 4.
kuras minyak rem sekalian |
Perlu diingat juga tidak
disarankan untuk mencampur minyak rem apalagi beda jenis DOT, jadi awalnya minyak rem di verza bawaan
ahm pakai DOT 4, kemudian bjr kuras terlebih dahulu sampai bersih tanpa sisa
minyak rem bawaan, baru kemudian tuang minyak rem baru. Jika rem masih mbegel,
artinya minyak rem belum turun tekan terus sambil sedikit mengendorkan lubang
pernafasan di kaliper (sedikit saja), sampai ada muncrat minyak rem yang tandanya
oli telah masuk ke kaliper, lalu kencangkan kembali dan tutup tabung minyak
rem.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Setelah itu coba tes,
akhirnya normal kembali, hehehe. Malah bjr merasa kok ini rem tambah empuk yah,
wkwkwk.
selingkuh berujung masalah, kembali ke federal, hehehe |
Tapi rasanya tetap discpad federal memerlukan adaptasi karena
sebelumnya sempat khilaf bjr selingkuh ke merk lain. So jadinya memang
menservis kaliper sendiri sebenarnya lumayan ribet (baru pertama soalnya), hehehe.
Tapi tetap ada suatu kebanggaan tersendiri melakukannya sendiri, bagi yang hora
mau ribet bisa mengeluarkan uang puluhan ribu di bengkel.
Jadi biaya kali ini habis
Discpad federal -> 19
ribu
Minyak rem -> 18 ribu
Ongkos -> freeee
So buat yang remnya macet
alias galau, tak ada salahnya di cek kalipernya, monggo coba2 sendiri di rumah,
resiko bjr emoh nanggung, wkwkwk
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar