Halo Brosis
Bagi sebagian orang motor
bekas memang bukan sebuah pilihan, akan tetapi kalau dana memang pas-pasan
tidak ada salahnya memang untuk melirik motor bekas, daripada beli baru tapi
kredit, mending bekas tapi cash biar gak puyeng mikirin angsuran tiap bulannya.
Begitu juga motor sport bekas,
meski tidak setenar atau selaris motor matic, akan tetapi (setidaknya), motor
sport bekas masih lebih mendingan dibanding motor bebek yang saat ini perlahan
mulai tenggelam pamornya. Terlebih saat ini harga motor baru khususnya motor
batangan sudah melambung tinggi, hampir semuanya di atas 20 jutaan, hanya honda
verza saja yang tetap murah, bahkan lebih murah dibanding matic 150 cc
sekalipun, hehehe.
Bagi bjr atau menurut bjr
paling reliable memang beli motor
sport itu kondisi bekas saja selisihnya lumayan, hanya memang perlu sedikit
jajan, tapi bisa di siasati dengan cari yang dalam kondisi terawat.
Harganya ?, ehm paling
menggiurkan memang 10-14 jutaan alias tidak lebih mahal dari motor matic entry
level baru yang saat ini barunya mencapai 14 -15 jutaan, memang ada motor sport
10-12 jutaan, ada loh, berikut bjr sudah pilihkan beberap motor sport ganteng
di harga 10-14 jutaan.
Yamaha Byson Karbu
Meski masih mengandalkan karburator,
motor yang di pasarkan sejak 2010 ini masih value untuk dibeli dalam kondisi
rondho (bekas). Bahkan verza saja kalah kalau head to head dari segi fitur
apalagi kegantengan.
Lihat saja kaki-kaki yang
serba besar, ban besar, fork (suspensi depan) paling besar di kelasnya (41 mm),
tampang macho, engine 153 cc, tenaga ? ya ini yang harus berkompromi, tapi
untuk tampang dan fitur byson bekas adalah yang paling value di kelasnya.
Harganya pun sangat
terjangkau, mulai 9 jutaan untuk yang tahun awal (2010), sampai 12 jutaan untuk
tahun di atasnya (sampai 2014).
Honda New Megapro Karbu
Untuk para fbh, di harga
10-12 jutaan, new megapro masih menjadi pilihan menarik, meski secara tampang
masih kalah dibanding byson, tapi keunggulan mutlak ada di sektor mesin 150cc,
nya. Meski secara kubikasi lebih kecil, tapi terbukti baik akselerasi maupun top
speed New Megapro karbu mutlak unggul.
Eiits bukannya mesinnya sama
dengan verza?, secara basis sama, tapi karburator new magapro yang besar (28mm)
membuatnya mampu ngacir di segala rentang kecepatan, belum lagi suspensi
monoshock yang bisa di stel dengan 3 tingkat kekerasan, plus ergonomi yang
nyuaman karena joknya yang empuk.
Harganya pun tergolong murah
karena nmp dianggap inferior dibanding pendahulunya, jadi harganya tergolong
anjlok berkisar antara 8 jutaan sampai 13 jutaan, asyiknya ada yang versi spoke
whell cocok, tuh gak akan lebih mahal dari harga matic entry level kan.
Honda Verza
Dalam kondisi baru verza
sudah murah, apalagi bekas/second nya, muraaah bingits, umurnya pun nggak tua2
amat, karena baru launching 2013 silam. Tercatat verza paling minim fitur di
banding nmp karbu maupun byson. Tengok saja minus takometer, kaki cungkring,
suspensi masih stereo.
Tapi dibalik tampang
cupunya, motor ini tergolong minim masalah, mesin sama bandelnya dengan nmp,
sistem kelistrikan sudah DC, dan sudah injeksi close loop pula. Suspensi belakang stereo yang berkarakter
keras cocok buat nguli atau angkut2 barang, konsumsi bensin irit, dan pasti
akselerasi 0-80 km, bisa diandalkan.
Hanya saja secara speed
motor ini paling lambat, dibanding byson sekalipun putaran atas verza terasa
kedodoran, maklum Thortle Body Cuma
(26 mm). Harga second verza bervariasi mulai 9 jutaan untuk keluaran awal
(2013) sampai 12 jutaan ke atas untuk tahun 2014-2015 , tergolong muda
dibanding byson karbu maupun nmp karbu, mau yang lebih murah cari yang versi
spoke wheel 8-9 jutaan mah dapet.
Yamaha Vixion/ New Vixion
Buat yang demen vixion,
sebelum versi NVL, bisa dilirik tahun-tahun 2010- 2011 an, di tempat bjr,
harganya berkisar 10 sampai 14 jutaan (bergantung kondisi dan kelengkapan).
Bahkan untuk new vixion keluaran awal (2013) dengan budget 14 jutaan sudah bisa
di dapat.
Dibandingkan ketiga
kompetitor di atas, vixion mutlak unggul peforma dapet, tampang slimnya
terkesan long lasting, belum lagi sudah injeksi. Hanya untuk tahun yang sama
dengan byson dan nmp karbu vixion butuh ekstra jajan, karena sudah injeksi dan
radiator maka kemungkinan “jajan” nya sedikit lebih mahal, belum lagi blok
diasilnya, jika baret, tentu harus ganti karena nggak bisa di overize.
Tapi semua bisa disiasati
dengan cari unit yang terawat.
Honda Old Cb150r
Demen motor sport yang gesit tanpa mikir konsumsi bbm, old cb150r bisa menjadi alternatif, bodynya slim mirip old vixion. Harga bekasnya pun lebih murah dibanding new vixion, untuk keluaran awal tahun 2013-2014, bisa di dapat di kisaran 13-14 jutaan, selisih kurang lebih 1 juta untuk tahun yang lebih muda, masih lebih murah dibanding matic entry level loh.
Kelebihan old cb ada di akselerasinya, tercatat untuk akselerasi 0-60km/ jam cukup 3,8 detik, tercepat untuk sport 150 cc sampai saat ini, tentu saja itu tak lepas dari bodynya yang slim (kecil), dan ban nya terbilang cungkring meski lebar velg sama dengan verza.
kelemahan ? , tidak bisa di bilang irit untuk ukuran motor 150 cc, tentu kompensasi dohc overbore, belum lagi old cb gen awal termasuk (banyak masalah) seperti noken kemlotok, cover monoshock pecah, mika lampu depan leleh. tapi itu semua bisa di siasati dengan memeriksa terlebih dahulu. tipsnya cek terlebih dahulu sebelum membeli, atau unit setelah 2013 sudah minim masalah
rondonya sudah murah (sumber) |
Diluncurkan bersamaan dengan
byson yaitu 2010 silam, generasi ke empat dan terakhir dari yamaha scorpio ini
masih layak untuk di beli bekasnya. Tentu saja dibanding tiger scorpio ini
tergolong minim masalah.
Mesinnya paling besar 225
cc, dengan fitur yang lumayan lengkap, cocok buat yang demen touring, akan
tetapi itu semua harus di bayar dengan konsumsi bbm yang tergolong boros, tapi
sesuai lah dengan peformanya.
Harganya tergolong gelap di
pasaran, karena motor ini jarang yang suka, dan hanya “orang yang demen dan
suka + tau motor bagus saja” yang beli ini motor, tapi di tempat bjr untuk
tahun awal (2010-2012) tak jarang pula yang menawarkan dengan harga 12 jutaan.
Tapi bergantung kondisi
juga, karena new scorpio ini memang spesial, yang beli otomatis wani perih,
wani kenceng, wani boros, berani beda, lan wani nrimo shock mburi sing ambles,
hehehe
Semoga Bermanfaat
nmp ane brrti termasuk murah nih apalagi udah 5 tahun plus km nya udah 90an ribu wkwkwkk
BalasHapus