googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Filter Oli Verza, Cuma Perlu Dibersihkan

Filter Oli Verza, Cuma Perlu Dibersihkan



Halo Brosis
Agak lucu memang, saat beberapa waktu lalu inden bosh arm yang sampai saat ini belum datang pesanannya, ada kejadian unik, saat menunggu admin bengkel ahass mengecek kode part bosh arm , tiba-tiba saja ada pelanggan datang menanyakan sesuatu.
“mas ada filter oli verza” ujarnya menanyakan kepada admin, sambil jemari tangan kanannya membentuk lingkaran seperti bentuk filter oli (model kertas bulat)
Untung saja adminnya langsung tanggap “filter oli verza gak ada pak, bisa inden” jawaban singkat dan jelas ora salah nih admin.

“masak filter oli gak ready stock mas?” ujar orang yang mau beli,
Bjr yang saat itu berjejer dengan orang yang mau beli fo itu langsung saja nyeletuk “filter oli verza nggak perlu diganti pak, kalau rusak baru diganti” ujar bjr mantap.
“loh kok gak diganti, aku ndisek vi*** kudu diganti” balasnya
Langsung saja admin ikut nimbrung, ia berujar bahwa filter oli verza memang nggak perlu diganti karena letaknya di dalam calter kanan. Memang benar brosis wong filter oli verza bukan model kertas yang bisa dilepas pasang dengan membuka 3 baut seperti motor yamaha (vixion). 

letaknya di dalam
 Mau tau bentuk filter oli verza, bisa dilihat gambar di atas, kebetulan saat memgganti kamkop akhir tahun lalu bjr foto. Yap filter oli verza model saringan kawat berbentuk kotak kecil (screen), letaknya ada di kalter kanan. Tidak perlu diganti, kecuali saringat kawat rusak.
Lantas gimana perawatannya ?, cukup dibersihkan saja saat membuka kalter kanan, atau ketika mengganti kampas kopling, tidak perlu setiap 3-4 kali ganti oli diganti seperti filter oli model kertas bundar, tapi yang perlu di ingat tetap dibersihkan!, sarannya sih setiap 10-20 ribu km.

Sebenarnya tidak hanya verza, hampir semua motor sport honda filter oli nya model saringan kawat yang ada di dalam, kecuali honda cbr 250 baik yang single cylinder maupun twin cylinder.
Secara fungsi tidak ada masalah, hanya memang tidak semaksimal model filter oli model kertas/kawat bundar yang lebih bersih menyaring oli, tapi overall filter oli model screen di dalam mesin sejauh ini tidak ada masalah asal tidak lupa dibersihkan.
daya tahan ? hampir mengikuti umur motor brosis, wong foto filter oli di atas setelah 45 ribu km lebih.
So filter oli verza, hora perlu diganti brosi, cukup bersihkan 
Semoga Bermanfaat

2 komentar:

  1. sama kayak meggy primusku dulu pakai saringan oli kawat, tapi letaknya di salam baut pembuangan oli. CMIIW.

    BalasHapus
  2. Gak praktis... Kenapa gak mencontoh / mengikuti Model Honda Gl yg lama dan Mega Pro / Gl max yg neo Tec.. Filter Oli tetap Dari kawat Cuma Bulat dan Letaknya Disamping / diluar dapat dibersihkan Kapan saja... Iya Toh...

    BalasHapus