jangan salkus sebelah kanan, hehehe |
Halo Brosis
Sudah bukan rahasia lagi
kebiasaan saat membeli oli bagi sebagian besar pengguna kendaraan khususnya
bikers adalah kemasan botol/ kaleng baik itu kemasan 1 liter, 0,8 liter maupun
kemasan galon (botol besar) 4 liter.
Ketika membeli oli pft hijau
beberapa waktu yang lalu di bengkel yang merangkap toko oli di kota tempat tinggal bjr, iseng tanya
tentang oli curah, ternyata eh ternyata lebih murah dibandingkan kemasan botol.
Saat itu bjr bergumam “tak ada salahnya” coba beli oli secara curahan.
Kesempatan itu datang
beberapa waktu yang lalu saat motor supra x 100 yang sudah waktunya ganti oli.
Motor supra x milik ibuk bjr yang sudah berusia hampir 15 tahun ini semenjak
oversize tahun lalu rutin bjr pakai oli kental, kalau nggak mesran super atau
prima xp. Terakhir bjr ganti dengan prima xp yang 20w-50 yang kental.
Segera meluncurlah bjr ke
bengkel yang sama saat membeli pft hijau, penjual pun melayani dengan ramah
“oli curah prima xp nya ada mbak?” , “ada mas tapi yang 50 (20w-50)”, “oke mbak
seliter yak” ujar bjr.
Harga seliter saat bjr
tanyakan yaitu 31 ribu, selisihnya lumayan dengan kemasan botol (38-40 ribu).
Iseng-iseng tanya2 juga oli curah lain yang dijual di toko tersebut dan ternyata
ada castrol, kendal, tapi kebanyakan memang drum merah (pertamina). Saat bjr
tanya “mbak jual meditran curah juga ?” ternyata jual juga “ ada mas, yang sc
28 ribu, dan yang sx+ 32 ribu” ujar mbaknya.
Ternyata selisihnya lebih
lumayan lagi, msx botolan 1 liter saja saat bjr beli 3 bulan lalu harganya 44
ribu, lah ini curah Cuma 32 ribu, selisihnya lebih dari 10 ribu euy !.
sebenarnya bjr mau tanya oli curah lainnya tapi keburu sungkan, hehehe.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Setelah oli yang bjr sudah
di tuang dalam botol, kemudian bjr bayar 31 ribu, lalu segera meninggalkan
toko, eiits botol ? bukannya beli curah ?, iya brosis entah kenapa oli curah
saat bjr beli ditempatkan di kemasan botol oli castrol, bukannya plastik, ah
ini mah sama aja beli oli botolan, hehehe.
curah mania yang sebabkan ramai di ldic, hehehe |
Kemudian jajan oli curah
berlanjut ke pom bensin, dan kebetulan juga si mx (jupiter mx) dirumah juga
sudah waktunya ganti oli, maka meluncurlah bjr ke pinggiran kota, karena jarang
sekali pom bensin di kota jual oli curah, tapi tidak di daerah pinggiran
kota/kabupaten yang ramai dengan lalu lalang kendaraan terlebih di jalan
provinsi kebanyakan masih jual oli curah.
Bjr sampai beli oli curah di
daerah Sepanjang (kletek/geluran) Sidoarjo, hampir 15 kilo dari rumah bjr, ternyata
di sini harga lebih murah, tengok saja digambar, hampir semua oli curah
harganya di bawah 30 ribu. Bjr beli meditran sx 1 liter hanya dengan harga
27500, sedangkan oli lain macam mesran series, dan prima xp berkisar 25-28 ribu
saja, murah kan.
curah dalam botol, hehehe |
Selisih Lumayan
Sekiranya beli oli curah
untuk yang pertama ternyata cukup menguntungkan juga, bayangkan saja brosis
selisih dengan kemasan botol bisa sampai 10 ribu bahkan beberapa oli bisa lebih
dari 10 ribu selisihnya. Bagi bjr angka tersebut cukup lumayan selisihnya
setidaknya bisa buat : beli pulsa atau isi bensin atau ngopi di warkop yang
tentu dengan uang 10 ribu sudah dapat kopi + gorengan, hehehe.
Maka dari itu untuk
selanjutnya (kemungkinan besar) bjr akan tetap beli oli curah saja, dan mulai
meninggalkan kemasan botol.
Plus Minus, dan gejala particulate
Sempat penasaran juga
seputar oli curah, kemudian bjr searching
bagaimana kualitas, kelemahan, kelebihan oli curah ini. Setelah bergerilya
termasuk juga di forum ldic ternyata hanya sedikit informasi yang bjr dapatkan,
diantaranya
+ Kualitas sama dengan kemasan
botol (untuk jenis dan tipe oli yang sama)
+ Oli curah sudah pasti
lebih murah dibanding kemasan botol 1 liter maupun 4 literan sekalipun
+ Kualitas sama saja dengan
kemasan botol tidak ada beda, tentu dengan catatan.
+ Kebanyakan yang beredar di
toko adalah oli keluaran pertamina, jenis mesran b40 ,mesran super, prima xp,
meditran s,sc,sx, dan beberapa tipe oli fastron.
- Tidak semua oli ada versi
curahnya, hanya beberapa oli tertentu
- Ribet nakar oli
- Rawan di oplos, (solusi
beli di toko terpercaya)
- Oli rawan mengalami particulate (mengendap, ber jelaga)
- Tidak dapat botol
Sisi paling membahayakan oli
curah sebenarnya bukanlah rawan pengoplosan (oleh penjual), kalau itu sih bisa
diakali dengan beli di toko/ bengkel terpercaya (bisa di spbu). Akan tetapi
paling bahaya adalah oli curah yang mengalami gejala particulate.
Particulate sendiri bjr kutip dari sini adalah partikel padat atau
cair yang ditemukan di udara. Partikel padat dapat dilihat sebagai jelaga atau
asap. Menurut beberapa penuturan member di ldic
particulate terjadi saat oli dalam
kemasan ketika penyimpanan baik dalam botol maupun drum mengalami kontak dengan
lantai yang dingin.
Bisa juga timbul karena
udara di tempat penyimpanan yang lembab. Adanya indikasi oli mengalami Particulate adalah terjadi endapan di
dasar, dan oli yang mengalami particulate tidak dianjurkan untuk digunakan
untuk melumasi mesin.
Solusinya ? hindari kontak
dengan lantai, maka dari itu di bengkel maupun spbu biasanya drum oli curah dibalik
dengan penyangga drum khusus dan drum tidak menyentuh lantai, kalaupun tidak
dibalik bisa dengan memberi alas dibawah drum maupun menggunakan semacam rak
drum.
Semoga BermanfaatLast, dengan segala plus minusnya, oli curah menurut bjr masih layak untuk dibeli, tentu dengan catatan beli di toko/tempat terpercaya dan lihat cara penyimpanannya. Selisih yang lumayan besar adalah alasan utama dan karena sebuah packaging botol, konsumen harus membayar lebih, kalau bjr mah selagi plastik masih bisa nampung hora masalah.
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Bang kalo boleh tau alamat tempat jual oli meditran sx curah itu tempatnya di pom bensin keletek sebelum lampu merah keletek bukan?????,
BalasHapusyoiiii broo,
HapusKapan bang terakhir kali kesana...???,
BalasHapusKalo fastron diesel ada juga kah....????,
Coz besok mw meluncur kesana semoga gak kehabisan stok meditran sx curah.....,
Thanks
hahaha kemarin persis, meditrans sx buanyak stock, fastron diesel adanya botolan kalau gak salah pfd kena 55 ribu sebotolnya
Hapus