googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Akhirnya Menetap Pakai Oli Fastron Techno

Akhirnya Menetap Pakai Oli Fastron Techno


Halo Brosis

Akhirnya waktu ganti oli kini resmi bisa mencapai di atas 3000 km, yap oli prima xp 10w-40 API SM yang awal bulan lalu bjr posting menuju long drain akhirnya saya ganti. Tepatnya di km 33xx (kurang lebihnya), sebenarnya masih bisa lebih lama beberapa ratus km lagi, akan tetapi sekalian ganti oli supra jadi sekalian saja di ganti, hehehe.

Saat saya droptest oli prima xp ternyata hanya SEDIKIT sekali penguapannya, bisa brosis tengok di gambar dimana saya menuang oli bekas prima xp ke dalam botol pft, dan hasilnya hampir sedikit sekali tingkat penguapannya, dan volume oli nyaris 1 Liter penuh, mungkin hanya menguap kurang lebih 20-30 ml saja.

Angka itu bagi saya tergolong fantastis padahal selama kurang lebih 3 bulan pemakaian menempuh 33oo sekian km di cuaca panas perkotaan plus sesekali saya gunakan keluar kota ternyata oli hanya berkurang sekian ml saja, bahkan oli msx atau pft sekalipun dengan jarak tempuh hanya 2000-2500 km susut sekitar 75-100 ml. Ini menandakan soal durability dan ketahanan panas oli prima xp 10w-40 API SM sangat baik.


Yap angka 33xx km adalah jarak terlama interval pergantian oli yang bjr lakukan di verza, sebelumnya saat memekai oli mco (motor) paling lama 2300 km pemakaian sudah bjr ganti. Lalu hijrah ke oli hdeo (diesel) yaitu msx saya ganti di pemakaian 2000 an km wajar pertama kali (flushing) saat itu, lalu pemakaian sesat kedua fastron techno menyerah di angka 2500 sekian km karena FD (fuel dilution).

akhirnya menetap pakai pft
Sempat bingung dan bimbang mengenai pilihan untuk menetap pakai oli apa msx/pft/prima xp ?, setelah saya timang untung rugi dan tentu saja “value for money & value for peformance” akhirnya saya putuskan untuk memakai fastron techno 10w-40 API SN.

Adapun beberapa pertimbangannya diantaranya
1.Peforma, tentu ini alasan utama saya memilih pft yang notabene pcmo, dengan viskositas 10w-40 API SN yang saya rasakan akselerasi nampol. Tidak se-ringan pakai mpx atau spx tetapi akselerasinya paling baik dibanding msx maupun prima xp sekalipun dengan viskositas yang sama.

2.Mudah di dapat, dibandingkan prima xp dengan viskositas yang sama pft tergolong lebih mudah di dapatkan (di beli) di toko oli, hampir semua toko oli mobil atau pom bensin pertamina menjualnya, jadi menurut saya nggak perlu repot-repot dor to store untuk berburu oli yang ujung2nya repot dan nggak praktis.

3.Harga, yap dengan harga 68 ribu dan berdasarkan pengalaman pemakaian sebelumnya, secara harga memang paling mahal dibanding msx dan prima xp, akan tetapi tetap terjangkau bagi saya dan sudah pasti value to peformance and durability dapet. Sebenarnya jika PXP Api SM dibanderol 50 ribuan tanpa pikir panjang saya akan meninggalkan fastron techno.


4. Langsung klik, ini yang saya suka dibandingkan msx maupun pxp pft terasa enaknya sejak mesin pertama kali di hidupkan, berbeda dengan msx yang butuh pemanasan terlebih dahulu untuk mencapai suhu kerja idealnya.

5. Rute, ya ini berhubungan dengan rute pemakaian saja, saya tidak menyangsikan peforma msx yang konstan baik itu digunakan di dalam maupun luar kota. Akan tetapi saat ini rute yang saya lalui kebanyakan berkutat di perkotaan saja dan sudah pasti akselerasi yang ringan lebih cocok di verza, mungkin lain cerita kalau hoby touring kembali menggelora, hehehe.
oli prima xp, penguapannya edan, susut cuma 20-30 ml saja
Sebenarnya alasan kuat lainnya yang paling utama tentu saya sudah ingin mengakhiri pencarian oli yang tepat, alias coba-coba. Toh sebenarnya memang bukan gaya saya yang setiap kali ganti oli selalu bebeda, hehehe. Dan berdasarkan hasil pertimbangan yang matang tentu saya memilih pft sebagai “oli tetap” di honda verza, Salam Long Drain, hehehe

Semoga Bermanfaat


12 komentar:

  1. Menarik masbro , sya jg pemakai verza jg cuman gak ikutan virus "oli sesat" hehehehe

    Soalnya udh kadung cocok ama oli motor lokal yg cuman ada di "toko ban"

    Klaimnya pakai formula esther macam oli motul tapi harganya ringan dikantong

    Skali pemakaian olinya baru ganti setelah 5000an km (3-5bulan) dan agak mangkelno itu performa oli (dan mesin) masih enteng meskipun pemakian udh mau 5000 km cuman krn demi keamanan y diganti oli sja

    BalasHapus
  2. Aneka pakai Fastron Tecno udah hampir 4000km blom ane ganti soale udah pemakaian ke 3 jd msh enak aja untuk Verza ane blom ada tanda" ngedropnya

    BalasHapus
  3. Fastron techno berenang di mesin MX king ane udh 1600km, masih adem ayem senyap, sebelumnya pake macem2 mco 1000km++ udah feel gak enak ceklak ceklok panas getar sana sini penguapan udh lumayan banyak.. Dijamin deh ini PFT ayo cobain daripada ngebuang limbah oli tiap bulan karna ganti oli kan kasian lingkungan. Biar awet oli bahan bakar juga kudu diperhatiin pake sesuai kompresi mesin lebih irit, balik lagi save earth ya manteman. Curhat karna bertahun2 nyoba oli yg pas# haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip gan, thanks pengalamannya, pft ijo : price to peformance nya dapet, awetnya juga dapet, save earth dari cara yang sederhana "long drain".

      Hapus
  4. saya pemakai fastron techno ijo juga gan di suzuki matik hayate, sdh sampe 7000an km masih ok.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuow mantep gan, di matic memang bisa lebih longdrain karena gak ada gearbox dan kopling (terpisah),

      Hapus
  5. Pft blm pernah nyoba mas, awalnya pakai msx, trus ke pfd, skrmg lagi pakai eneos 10w 40, kekentalan seperti pft, tp api service di bawah pft masih SM, alhamdulilah enak tarikanya buat si veve hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama viskositas 10-40 (gak jauh dari recomend pabrikan) dan api sm sebenarnya lebih dari cukup kok mas di verza, eneos api sm 1040 juga tampaknya menarik, kapan2 lah coba-coba

      Hapus
    2. Mantep mas, monggo di coba, eneos molybdenum 10w 40

      Hapus
    3. bolehlah, tertarik sama formula molybdenumnya, hehehe

      Hapus