Halo Brosis
Akhirnya waktu ganti
oli kini resmi bisa mencapai di atas 3000 km, yap oli prima xp 10w-40 API SM
yang awal bulan lalu bjr posting menuju long drain akhirnya saya ganti.
Tepatnya di km 33xx (kurang lebihnya), sebenarnya masih bisa lebih lama
beberapa ratus km lagi, akan tetapi sekalian ganti oli supra jadi sekalian saja
di ganti, hehehe.
Saat saya droptest oli
prima xp ternyata hanya SEDIKIT sekali penguapannya, bisa brosis tengok di
gambar dimana saya menuang oli bekas prima xp ke dalam botol pft, dan hasilnya
hampir sedikit sekali tingkat penguapannya, dan volume oli nyaris 1 Liter
penuh, mungkin hanya menguap kurang lebih 20-30 ml saja.
Angka itu bagi saya
tergolong fantastis padahal selama kurang lebih 3 bulan pemakaian menempuh 33oo
sekian km di cuaca panas perkotaan plus sesekali saya gunakan keluar kota
ternyata oli hanya berkurang sekian ml saja, bahkan oli msx atau pft sekalipun
dengan jarak tempuh hanya 2000-2500 km susut sekitar 75-100 ml. Ini menandakan
soal durability dan ketahanan panas
oli prima xp 10w-40 API SM sangat baik.
Yap angka 33xx km
adalah jarak terlama interval pergantian oli yang bjr lakukan di verza,
sebelumnya saat memekai oli mco (motor) paling lama 2300 km pemakaian sudah bjr
ganti. Lalu hijrah ke oli hdeo (diesel) yaitu msx saya ganti di pemakaian 2000
an km wajar pertama kali (flushing) saat itu, lalu pemakaian sesat kedua
fastron techno menyerah di angka 2500 sekian km karena FD (fuel dilution).
akhirnya menetap pakai pft |
Sempat bingung dan
bimbang mengenai pilihan untuk menetap pakai oli apa msx/pft/prima xp ?,
setelah saya timang untung rugi dan tentu saja “value for money & value for
peformance” akhirnya saya putuskan untuk memakai fastron techno 10w-40 API SN.
Adapun beberapa
pertimbangannya diantaranya
1.Peforma, tentu ini
alasan utama saya memilih pft yang notabene pcmo, dengan viskositas 10w-40 API
SN yang saya rasakan akselerasi nampol. Tidak se-ringan pakai mpx atau spx
tetapi akselerasinya paling baik dibanding msx maupun prima xp sekalipun dengan
viskositas yang sama.
2.Mudah di dapat, dibandingkan
prima xp dengan viskositas yang sama pft tergolong lebih mudah di dapatkan (di
beli) di toko oli, hampir semua toko oli mobil atau pom bensin pertamina
menjualnya, jadi menurut saya nggak perlu repot-repot dor to store untuk berburu oli yang ujung2nya repot dan nggak praktis.
3.Harga, yap dengan
harga 68 ribu dan berdasarkan pengalaman pemakaian sebelumnya, secara harga
memang paling mahal dibanding msx dan prima xp, akan tetapi tetap terjangkau
bagi saya dan sudah pasti value to
peformance and durability dapet. Sebenarnya jika PXP Api SM dibanderol 50
ribuan tanpa pikir panjang saya akan meninggalkan fastron techno.
4. Langsung klik, ini
yang saya suka dibandingkan msx maupun pxp pft terasa enaknya sejak mesin
pertama kali di hidupkan, berbeda dengan msx yang butuh pemanasan terlebih
dahulu untuk mencapai suhu kerja idealnya.
5. Rute, ya ini
berhubungan dengan rute pemakaian saja, saya tidak menyangsikan peforma msx
yang konstan baik itu digunakan di dalam maupun luar kota. Akan tetapi saat ini
rute yang saya lalui kebanyakan berkutat di perkotaan saja dan sudah pasti
akselerasi yang ringan lebih cocok di verza, mungkin lain cerita kalau hoby
touring kembali menggelora, hehehe.
oli prima xp, penguapannya edan, susut cuma 20-30 ml saja |
Sebenarnya alasan kuat
lainnya yang paling utama tentu saya sudah ingin mengakhiri pencarian oli yang
tepat, alias coba-coba. Toh sebenarnya memang bukan gaya saya yang setiap kali
ganti oli selalu bebeda, hehehe. Dan berdasarkan hasil pertimbangan yang matang
tentu saya memilih pft sebagai “oli tetap” di honda verza, Salam Long Drain, hehehe
Semoga Bermanfaat
Menarik masbro , sya jg pemakai verza jg cuman gak ikutan virus "oli sesat" hehehehe
BalasHapusSoalnya udh kadung cocok ama oli motor lokal yg cuman ada di "toko ban"
Klaimnya pakai formula esther macam oli motul tapi harganya ringan dikantong
Skali pemakaian olinya baru ganti setelah 5000an km (3-5bulan) dan agak mangkelno itu performa oli (dan mesin) masih enteng meskipun pemakian udh mau 5000 km cuman krn demi keamanan y diganti oli sja
drain tiap 5000 km, sip lanjutkan gan
HapusAneka pakai Fastron Tecno udah hampir 4000km blom ane ganti soale udah pemakaian ke 3 jd msh enak aja untuk Verza ane blom ada tanda" ngedropnya
BalasHapusmantap jiwa , lanjut gan
HapusFastron techno berenang di mesin MX king ane udh 1600km, masih adem ayem senyap, sebelumnya pake macem2 mco 1000km++ udah feel gak enak ceklak ceklok panas getar sana sini penguapan udh lumayan banyak.. Dijamin deh ini PFT ayo cobain daripada ngebuang limbah oli tiap bulan karna ganti oli kan kasian lingkungan. Biar awet oli bahan bakar juga kudu diperhatiin pake sesuai kompresi mesin lebih irit, balik lagi save earth ya manteman. Curhat karna bertahun2 nyoba oli yg pas# haha
BalasHapussip gan, thanks pengalamannya, pft ijo : price to peformance nya dapet, awetnya juga dapet, save earth dari cara yang sederhana "long drain".
Hapussaya pemakai fastron techno ijo juga gan di suzuki matik hayate, sdh sampe 7000an km masih ok.....
BalasHapuswuow mantep gan, di matic memang bisa lebih longdrain karena gak ada gearbox dan kopling (terpisah),
HapusPft blm pernah nyoba mas, awalnya pakai msx, trus ke pfd, skrmg lagi pakai eneos 10w 40, kekentalan seperti pft, tp api service di bawah pft masih SM, alhamdulilah enak tarikanya buat si veve hehe
BalasHapusselama viskositas 10-40 (gak jauh dari recomend pabrikan) dan api sm sebenarnya lebih dari cukup kok mas di verza, eneos api sm 1040 juga tampaknya menarik, kapan2 lah coba-coba
HapusMantep mas, monggo di coba, eneos molybdenum 10w 40
Hapusbolehlah, tertarik sama formula molybdenumnya, hehehe
Hapus