Halo Brosis
Sudah 2 bulan lebih dan
angka di odometer telah menempuh kurang lebih 2500 km setelah pertama kali bjr
tuang pada Januari silam, apa itu gerangan ?, yap oli pft hijau atau di ldic
akrab di sebut pft hulk.
oli keluaran pertamina ini
adalah oli sesat kedua yang bjr pakai di honda verza, pemakaian pertama bjr
pakai msx karena memang niatnya flushing.
Alasan utama kenapa pakai pft tentu bukan karena msx jelek, tapi lebih karena
peruntukan pemakaian. Pft yang merupakan oli pcmo (oli mobil bensin) memiliki
viskositas yang sedikit lebih encer dibanding msx, dan bjr rasa lebih cocok
digunakan di perkotaan.
Setelah 2500 km lebih
pemakaian, rasanya tidak afdol bila bjr tidak menyajikan review oli pft ini.
Ada satu kata yang mewakili. “Uenak” , mungkin ini kata-kata yang mewakili
bagaimana yang bjr rasakan saat menggunakan oli seharga 68 ribu ini. Uenak
karena memang oli pft rasanya dapat bekerja sebagaimana mestinya. Awet sudah
pasti long drain, lah gimana nggak longdrain brosis lah wong saat bjr menulis artikel ini jarak tempuh
oli sudah 2500 km lebih sedikit.
Lazimnya oli lain setelah
menginjak angka 2 ribuan sudah kebanyakan terasa eol atau nggak enak, lah si
pft ini tetap konsisten peformanya , shifting
gigi tetap halus, akselerasi tetap nampol, dan suara mesin sudah pasti tetap
ora kasar seperti saat dulu bjr pakai mco (oli motor) bawaan pabrik, yang belum
sampai 2 ribu mesin terasa kasar.
Dibandingkan dengan msx ?,
ehhm agak sulit memang membandingkan keduanya, karena secara harga saja sudah
beda, tapi secara objektif bjr akan bilang pft lebih baik di honda verza, tapi
dengan catatan msx juga tidaklah buruk. Keunggulan pft adalah sudah klik sedari
awal digunakan, dan tidak perlu ada penyesuaian di pagi hari atau saat mesin
dingin seperti msx. Tentu saja hal itu karena base oli pft sudah semi
synthetic dengan tingkat 80% synthetic, belum lagi teknologi nano guard yang mampu melumasi bagian
dalam mesin sampai lapisan terkecil, sedangkan msx base olinya masih mineral
dengan sae 15w-40 yang kental sudah pasti memerlukan “sedikit waktu” untuk
merasakan enaknya.
Harga keduanya pun juga
terpaut lumayan, si msx 44 ribu, pft 68 ribu saat bjr beli, selisih 24 ribu
rupiah. Sempat khawatir juga oli mengalami fd (fuel dilution), akan tetapi bjr rutin cek dipstick seminggu sekali,
dan setelah tes di selembar tisu, ehhm alhamdulillah tidak mengalami fd. Warna
tetap belum menghitam dan tidak ada tanda2 bau bensin.
Memang kondisi motor terutama
mesin berpengaruh terjadinya fd, dan kebetulan si veranda verza bjr masih aliran
standarisme mesin standart hanya kampas kopling grand, servis juga nggak rajin2
amat, hanya 6 bulan sekali.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Kalau bicara kelemahan pft,
sejauh yang bjr rasakan selama 2500 km ini belum menemukan, gejala berkurangnya
engine brake seperti oli pcmo, memang
awal pemakaian saja terasa, tapi setelah agak lama pemakaian bjr rasanya sudah
terbiasa dengan engine brake yang minim karena pft hulk ini.
fuel dilutin, bau bensin |
Fuel dilution
Sayangnya akhir pekan kemarin saat
isi bensin di pom pertamina, seperti biasa bjr niatnya isi pepsi biru alias
pertamax, akan tetapi saat itu tangki pom bensin untuk pertamax sedang di isi
oleh truk pengangkut bbm, tidak punya
pilihan lain akhirnya bjr isi pertamax turbo yang mempunyai RON 98, ketinggian
untuk verza.
Awal sebenarnya tidak ada
masalah, baru esok harinya motor terasa gak enak, sore harinya bjr test
dipstik, ehhm ternyata tercium bau menyengat bau bensin, wah ini mah fd (fuel dilution), kampfret dah, dengan
sangat terpaksa, akhirnya bjr putuskan untuk ganti oli dari pada motor nggak
enak dikendarai, dan sepertinya viskositas oli sudah turun akibat fd.
Add caption |
Setelah bjr tap olinya,
memang benar tercium bau bensin dan oli tampak hitam, tapi volume oli pun tidak berkurang terlalu banyak,
mungkin sekitar 100 ml. Ehm andai saja tidak fd pft ijo masih enak dipakai. So oli apa berikutnya.....
oli lama formula baru
Tunggu reviewnya 7 hari
lagi, hehehe
Semoga bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
kesian... kesian... FD...
BalasHapuskenapa ngga pakai pertalite aja dulu masbro?
buat emergency... hehe