googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: My Trip : Kawah Ijen

My Trip : Kawah Ijen

Libur telah tiba libur telah tiba, hehehehe

Lama nggak corat-coret blog mohon maaf sebelumnya bangjoru sibuk banget hampir 6 bulan ini, (harap maklum). Sekadar berbagi cerita trip liburan dua bulan lalu ,yap kali ini trip liburan adalah kawah ijen Bondowoso (Banyuwangi).Seperti biasa trip kali ini hanya berdua sama temen ane cowok (jangan dikira maho hahaha).Rute menuju kawah ijen dimulai dari surabaya-sidoarjo-pasuruan-probolinggo-situbondo-bondowoso (banyuwangi). jauh ya ? lumayan buat bokong rata (hehehe)

Berangkta pukul 4 pagi dari Surabaya,berhubung teman ane masih ngorok jadi molor setengah jam'an,kami riding dengan motor sendiri sampai di stasiun bangil untuk nitip motor temen ane.lalu jalan menuju ke timur melewati kota pasuruan,probolinggo,sampai ke situbondo.Rute yang saya lewati memang khas pantura,berhubung masih pagi jadi jalan masih lenggang bebas truk-truk,sampai ke pltu paiton baru istirahat sekalian isi bensing si perja,

Lalu lanjut ke arah situbondo eiiit jangan kebablasan (boso ndi iki hehehe) untuk menghemat jarak saat melewati Besuki (Situbondo) ambil rute ke arah selatan lewat arak2,dijamin rute malah singkat (cmiiw) tidak hanya itu saat di arak2 anda juga dapat berhenti sekadar menikmati pemandangan alam dari atas arak2,bahkan tak jarang dari arak2 anda akan melihat elang jawa yang terbang bebas (penak tooh).lanjut setelah melewati arak2 anda hanya terus mengikuti jalan ke kota Bondowoso jalan yang dilalui cukup mulus dan tidak usah takut salah arah karena ya hanya jalan itu satu2 nya tinggal ngikuti.Sampai di kota Bondowoso aneh berhenti lagi mampir di alf*m*rt depan dealer Bajaj Bondowoso sekadar beli roti untuk isi perut.Sempat heran dealer bajaj masih eksis dikota2 seperti Bondowoso (bingung ).

Lanjut setelah itu ambil rute ke arah wonosari,nggak usah takut karena sampai di kota Bondowoso banyak penunjuk arah tinggal lihat ke arah wonosari (kawah ijen).Sempet ane kira dari Bondowoso ke kawah Ijen dekat ternyata eh ternyata masih jauh belum lagi rutenya khas jalan kampung (tapi aspal loh ...) ditambah lagi seepiiii banget maklum hutan pikir ane,dan medan yang dilewati pun full tanjakan tapi naik motor masih sangguplah,sebenarnya ada dua jalur dari bondowoso atau Banyuwangi yang lewat licin,tapi ternyata jalan lewat sempol wonosari bukanlah hal yang buruk selepas memasuki perusahaan perkebunan PTPN XI/XII anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa

gimana viewnya? hehehe
mantep gan  :)
o iya di pintu masuk PTPN anda dapat rehat sejenak sekadar buang air atau apalah,oiya biaya masuknya seikhlasnya.Lanjut perjalanan ke paltuding kira-kira masih hampir 35-40 km lagi,tapi jangan khawatir kebosanan sekali lagi pemandangan sepanjang jalan tidak akan membuat anda bosan tengok kanan kiri full pemandangan dan koleksi tanaman2 perkebunan.Sampai di Paltuding rasanya badan sudah hampir capek bawaannya pingin bobok saja waktu itu,dan ternyata dari paltuding ke kawah ijen masih naik 3 km lagi,kali ini motornya diparkir gan,dan harus jalan kaki hahahaha.

serasa tinggi ya ,memang sudah 2000 mdpl lebih gan hehehe

ts sama temen ane (bukan mahoo gan hehehe)
Rute 3 km memang tidak terasa terlalu berat tapi tetap saja buat yang badanya 70kg ke atas kayak ane pasti ngos-ngosan ditampah pasca riding 4 jam lebih mantap gan hehehe. o iya hati-hati rute sedikit licin karena jalan dari pasir,jadi not recomended agar jangan pakai sandal hehehe,temen ane eces aja gan alhasil NYEKER dianya.

300 m dari lereng kawah temen ane sudah ngacir didepan sudah nggak sabar hehehe
Akhirnya setelah 2 jam jalan nanjak sampai juga jangan tanya pemandangannya lihat sendiri ya

Suasana waktu itu seepi gan,sempet tanya-tanya ,dan ternyata naik ke kawah ijen siang hari bolong adalah salah satu bentuk keb*d*h*n hehehe,loh kenapa gak boleh ?  boleh sih boleh tapi panaas nya siang hari di kawah ijen  adalah panas yang paling kurang ajar kata orang biasanya orang naik ke kawah ijen pas pagi hari waktu lihat sunrise atau malam hari untuk lihat api biru yang konon hanya ada dua didunia.Dan momen unik selanjutnya masih ada,puas foto2 hendak turun balik ehh salah satu penambang yang hendak turun kebawah ngomporin "nggak turun ke bawah dek? rugi lo jauh2 gak ke bawah" aseeem jelas2 ada tulisan dilarang turun ke bawah kawah eeh ternyata komporan bapak2 jadi kami turuti saja dan kami pun ngekor turun ke bawah,tapi tindakan ini jangan DITIRU karena Bahaya brosis separuh rute turun kebawah nafas sudah ngos2 an dada panas dan inilah kesalahan kami asap belerang sudah sangat tebal,dan setelah melalui 3o rute turun melewati bebatuan akhirnya sampai di kawah.

Sumber yang bikin sesek
Belerang Cair yang dicetak
 Puas foto2 di kawah kami pun naik,inilah terberatnya,medan naik memang tak semudah turun terlebih jalan yang dilalui hanyalah batu,jadinya hhehee.
Foto dari bawah sereeem gan...
Alhasil setelah 1 jam lebih berjuang naik,kami pun selamat meski sempat terbatuk2akhirnya sampai ke atas ,dan lanjut jalan turun ke paltuding 3km lagi gan.Sampai di Paltuding pukul 05.30 hampir maghrib,sempat istrirahat sebentar,dan lanjut ke Banyuwangi lewat licin hati2 gan saat malam,jalan memang mulus tapi sepii waktu itu hampir 20km turun jalanan sepi tidak ada kendaraan lewat apalagi rumah penduduk.

Wisata di sisi timur pulau jawa ini memang mengasyikan,view pemandangan alam yang indah,ditambah tarif wisata yang relatif murah terhitung masuk ke ijen hanya bayar 2000 untuk parkir, dan karcis 2 orang 5 ribu murah bukaan ,jelaas banget,mau oleh2 hiasan belerang juga murah cukup 10ribu tak ayal ane borong 5 biji hehehe.Sekian trip kali ini kawah ijen memang menantang layak untuk dikunjungi hehehe