Halo Brosis
Untuk menghidupakan sebuah mesin sepeda motor ada dua
cara normal, yang pertama dengan starter elektrik yang ada di stang motor.
Kemudian cara kedua yaitu dengan starter engkol atau bahasa kerennya (kick stater). Sebenarnya ada satu cara
abnormal yaitu dengan mendorong (khusus matic nggak berlaku), hehehe.
Dan dijaman maha kepraktisan saat ini, cara yang paling
mudah dan cepat adalah yang sering dipakai oleh pengguna sepeda motor, yup
elektrik starter, sedangkan kick starter sering kali dipergunakan hanya saat
darurat saja seperti saat aki tekor, motor mogok.
Akan tetapi
sebenarnya jika kita mau dan jeli, manfaat kick starter tidak hanya dipergunakan
saat darurat saja. Maksudnya ?, memperpanjang umur aki. Bjr sudah menggunakan
cara ini di 3 motor sekaligus, dan alhamdulillah berhasil memperpanjang umur
aki.
Pertama di jupiter mx yang akinya koit menjelang tahun
ke 5, kemudian beat karbu aki aspira sampai 2 tahun lebih. Dan yang terakhir
verza yang bulan lalu sampai di tahun ke
3 belum menunjukkan gejala aki drop (minta ganti).
Memaksimalkan di pagi hari
Ya kerja paling berat aki adalah saat di pagi hari
ketika pertama kali kita menghidupkan mesin sepeda motor kita. Belum lagi pagi
hari adalah kondisi mesin sedang dingin2nya akibat udara malam, hal itu
diperparah dengan pengaplikasian AHO di motor2 terbaru, jadi kebayangkan gimana
kerja aki dipagi hari.
Dan tiba2 saja aki mendapat beban untuk menghidupkan
double stater. Sebenarnya jika kita sudi saja menghidupkan mesin dengan kick
stater di pagi hari dapat meringakan beban aki. Karena dengan cara mengengkol
stater maka, arus listrik untuk menghidupkan starter lebih minim karena kick
starter langsung memutar as kruk motor.
Cukup saat di pagi hari saat pertama kali menghidupkan
motor saja, Berat ?, untuk ukuran motor di bawah 250 cc single cylinder sih
enggak berat kok, masak sehari ngengkol kick stater sekali saja berat. Tapi
yang perlu diingat cara ini hanya untuk yang motornya ada kick staternya, kalau
yang nggak ada nggak perlu repot dorong2 motor di pagi hari untuk hemat aki,
hehehehe, malah jadinya nggak hemat umur aki malah malu-maluin, tapi nggak papa
bagi yang demen bergaya racing, wkwkwkwk
kalau ini, pasti ngekick lah, hehehe |
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar