digoyang, kalau goyang (meski dikit) bosh arm (neadle bearing) waktunya ganti |
Apa yang brosis rasakan saat
bagian belakang motor tidak stabil, sudah pasti tidak nyaman. Itu juga yang bjr
rasakan beberapa waktu terakhir, bagian buritan verza terasa ngebuang saat bjr
gunakan untuk berbelok, begitu juga saat digunakan di jalan lurus, melewati
pembatas jalan juga terasa oleng.
Sempat berpikiran bearing
roda belakang kocak, akan tetapi masa iya wong bulan Januari silam bearing roda
belakang bjr ganti. Lalu bjr cek bagian lain : shock normal, ban sudah mulai
agak botak, tapi masih layak, bearing normal, karet gear normal.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
- Impresi pemakaian oli TMO di Honda Verza
- Mengenal Oli HDEO dan PCMO Pertamina
Saat memeriksa bearing dan
karet dudukan gear, bjr coba goyang arm (lengan ayun), dan ternyata ini dia
tersangkanya, saat di bjr goyang ke kanan dan ke kiri arm terasa sedikit
bergoyang, lebih tepatnya yang sebelah kiri, kalau ini mah bearing arm & bosh arm nya kocak
(aus)/ waktunya ganti.
Bearing/bosh arm merupakan part yang
tersembunyi sebagai dudukan penghubung as lengan ayun antara arm (lengan ayun)
dengan rangka. Kecil sih tapi kalau rusak buat bikers yang awam tentu jarang
mengetahui.
Berhubung saat itu bjr
muter2 ke bengkel2 tidak ada yang jual, sebenarnya ada part merk non genuine,
tapi saat bjr tanya harganya ngilani mencapai 90 ribu, ya jelas bjr urungkan
wong part merk non genuine kok harganya menyamai harga sparepart genuine,
disinilah terkadang bikers harus cerdas. Terlebih saat bjr konsultasi ke
bengkel langganan di wanti2 kalau pakai part genuine kalau bosh arm, karena kalau nekat pakai part non genuine
umur tidak akan bertahan lama.
bearing nedle / bearing arm |
Memang bosh arm verza sudah
menganut model bambu (neadle bearing) seperti yamaha vixion, alhasil tidak bisa
substitusi dengan motor honda lainnya seperti gl, megapro primus, dan tiger
yang masih menganut model bosh arm model lama.
Memang apa bedanya ? secara fungsi
tetap sama, hanya model bambu dari beberapa referensi yang bjr baca lebih kuat
dan menambah agility (kelincahan)
motor. Tercatat spareparpart verza dengan kode 91071-KSP-901 ini pertama kali
digunakan di honda new megapro untuk selanjutnya digunakan di motor batangan ahm
seperti verza, old cb, cbr.
6,7,15,16 |
Berangkat dari situ akhirnya
bjr terpaksa inden di ahass “3 minggu” brosis, sekalian juga beli karet dudukan
gear, bearing roda belakang (buat jaga2). Ada setidaknya 4 part yang harus
diganti yaitu bosh arm (91071-KSP-901), besi collar (52141-KSP-900), seal debu bagian
dalam dalam (KS6-003), dan seal debu luar (GC4-003). O iya brosis kanan kiri ya
belinya jadi 8 buah (4 x 2).
inden 3 minggu brosis |
bosh arm/ bearing nedle (91071-KSP-901) – 25000 x 2 = 50000
besi collar/ collar swingarm pivot (52141-KSP-900) – 32000 x 2 = 64000
dust seal (seal debu dalam) 91254ks6003 – 4500 x 2 = 9000
dust seal (seal debu luar) 52144gc4003 10000 x 2 = 20000
Total : 143000 + pajak 10 % = 156 000 + grease cvt 15 ribu = 171000
Sebenarnya kebanyakan kalau
ganti bosh ya Cuma boshnya saja (nomer 15 / nedle bearing), akan tetapi kata
mekanik langganan untuk hasil maksimal keempat komponen kanan kiri sekalian
diganti saja.
Saat pemasangan hal yang
perlu diperhatikan adalah grease / stempet yang dipakai harus yang berkualitas, agar
supaya kerja bearing dan bosh arm dapat berfungsi maksimal dan tahan lama, untuk hasil
maksimal, bjr gunakan grease cvt terserah mau pakai merk y atau a, yang penting
grease cvt, karena grease cvt lebih tahan lama, wong di pulley cvt saja bisa
sampai ribuan km, apalagi Cuma melumasi bagian bosh arm.
untuk memudahkan, lepas knalpot |
Selang 3 minggu sejak
pemesanan (inden), akhirnya part datang juga, langsung pasang, pasang sendiri
?, ogah brosis selain tidak punya tool untuk membuka, bjr juga ogah ribet.
Tapi langkahnya tetap bjr
perhatikan,
pertama lepas knalpot, untuk
memudahkan melepas arm
kedua lepas roda belakang
kemudian cover body tengah (warna hitam) di lepas (kanan kiri),
lepas plat besi pengunci as arm |
ketiga, buka baut as
pengunci arm (lengan ayun)
Setelah as terlepas maka
akan tempak bosh arm yang sudah mulai termakan usia, cara melepasnya cukup
dengan di getok palu secara perlahan. Setelah itu bersihkan dahulu bagian dudukan rumah
bearing nedle arm. Tapi terlebih dahulu ukur kedalaman (jarak) bosh arm sampai masuk ke
dalam rumah as arm.
digetok perlahan, dengan alas kayu |
Lalu beri grease secara merata dan pasang
kembali dengan di tekan secara perlahan dengan di getok palu dengan bantuan
kunci T dan kunci busi. Kemudian pasang besi collar (bosh) lalu tutup dengan seal debu
dalam (kecil) dan luar (besar). Untuk selanjutnya pasang seperti kebalikan saat melepas.
Ongkos pasang di bengkel
murah, tidak akan lebih dari 40 ribu rupiah, maka motor akan sehat kembali.
Setelah terpasang langsung test ride , Alhamdulillah sembuh, tidak ada lagi gejala oleng
di bagian belakang, pun saat digunakan berbelok gejala ngebuang sudah tidak bjr
temukan lagi.
So untuk motor usia hampir 4
tahun mengganti bosh arm (bearing nedle) merupakan sesuatu yang wajar, bahkan ada beberapa
rider yang mengganti lebih cepat. Indikator utama sudah pasti ada gejala
limbung dibagian belakang, dan rantai yang sering cengdor (kenceng kendor) yang
juga berakibat umur rantai tidak lama.
So gimana, sudah cek bosh
arm motormu belum, buruan
Semoga Bermanfaat
jika tidak ada baret masih bisa digunakan |
Nb, jika besi collar masih
bagus tidak ada baret, masih bisa digunakan, tapi untuk seal debu baik dalam
maupun luar wajib harus diganti, karena bahan karet rawan getas dan kotor jika sudah
terlalu lama. Bearing Nedle juga bisa pakai merk lain seperti ntn/koyo yang lebih baik dibanding genuine, yang penting ukurannya sama 20x26x20
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Wah masbro ganti tampilan blog nih.
BalasHapusKayaknya sering kena jalan rusak/bergelombang ya?
jadi bosh & bearing arm harus diganti.
bukan sering lagi, tapi sudah semakin mesra dengan jalan yang makin rusak, hehehe, masih nyicil dikit2 tampilan (dibaca bingung), hehehe
HapusGan mau nanya ne,apa mmg made in china bearing nedle/arm ny verza???sy td br ganti bearing nedle verza n merk yg terbaca made in china...
BalasHapusagan beli merk apa ?
Hapuskalau nggak salah ingat oem honda genuine part pakai merk lhk/skf , kalau ada tulisan lhk/skf di bearing nedle nya aman kok toh lhk/skf juga ada yang produksi di china
Wah..mantap & trim's share infonya. Pas benar saya hari ini jg ganti bosh arm complete set (collar swing arm, bearing needle & dust seal luar dalam) tp bukan genuine part sih soalnya kantong lg tipis, smntara kondisi motor udh gak enak kali bawaannya (goyang/gak stabil).
BalasHapusBerapaan?tu
BalasHapusPagi bro , verzaku (2015) juga sdh pernah ganti Bosh arm komplit pada September 2018 , di AHASS , spare part asli , hanya saja di bulan February 2019 ini minta ganti lagi , terlalu cepat durasinya bro , apa itu memang kelemahan verza ?
BalasHapuskalau kruang dari setahun kok rasanya terlalu cepat ya,
Hapusrerata umur bearing nodle dan bosh arm verza 2-3 tahunan baru ganti, bahkan ada yang 4 tahun, tapi bergantung pemakaian juga kalau menurut saya bisa juga sering hajar lubang/ muat beban berat, profil ban yang kurang tepat, setelan shock belakang yang nggak pas juga sedikit banyak mempengaruhi umur bearing arm, kalau di bilang kelemahan verza rasanya nggak banyak juga yang mengalami masalah ini,
tapi menurut saya dengan asumsi pemakaian berkendara agan normal dengan rentang umur pasang september 2018-february 2019 (6 bulanan) bisa jadi ada kesalahan dalam pemasangan. karena saat pemasangan sebelum di lepas (bearing nodle) akan diukur kedalamannya dan saat pemasangan harus sama kanan kiri. Sekali lagi (bukan bermaksud suudzon) tapi kemungkinan demikian
gan..kalo bosh arm verza sama new megapro sama gak ya??
BalasHapusverza,nmp,ncb,oldcb sama
HapusGan...motor tiger revoku armnya gampang goyang meski udah di ganti boshnya.
BalasHapusBosh arm tiger revo kalau pakai bosh arm mega pro new (bearing bambu) apa cocok?