salah satu motor bebek terganteng |
Halo Brosis
Sejak di luncurkan 2007
silam, honda “revo” sedikit banyak menanggung beban harapan sebagai penerus/
suksesor generasi motor bebek entry level honda. Lebih tepatnya revo saat itu
memegang tongkat estafet dari supra fit/fitx yang secara resmi pensiunkan.
Memang nama “revo” terbilang
baru, bahkan ada sedikit rasa pesimis saat itu bisa meneruskan kesuksesan supra
fit/fit x. Prediksinya saat itu hanya ada 2 sukses seperti generasi fit atau
tenggelam seperti “karisma dan kirana”. Akan tetapi terbukti revo ternyata “sukses”.
Bjr masih ingat saat itu pernah punya revo gen 1 pertama warna biru velg cw
yang pola palangnya “aduhai”.
- Review Helm Joy Helmet
- Menjelang 5 Tahun Kualitas Body Honda Verza, Ternyata
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO & PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Ganti Aki Federal Quantum
- Review Kereta Api Jayakarta Premium
- Review Kereta Bisnis Gumarang
- Sport Fairing Non Jepang Murah, Punah !
- Review Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
Honda revo gen 1, memang
masih dipercaya sebagai selah satu bebek tulen “terganteng” yang pernah dibuat
honda, meski mesin masih sama seperti fit x yaitu c100 (98cc), tapi terbukti
desain bodynya yang serba lancip sangat “mempesona” (lebay dikit).
Rival Berat
Saat pertengahan tahun 2000
kelas bebek terbilang masih sangat “rich” atau kaya pemainnya, tak heran revo
mendapat perlawanan keras dari yamaha dengan new vega r, suzuki dengan
smashnya. Bjr belum dapat angka pasti tapi secara kasat mata saja revo dengan
new vega r bersaing di sektor penjualan.
Ya saat itu juga setelah
menjual revo setahun berikutnya bjr dibelikan new vega r, jadi bayang-bayang
keduanya setidaknya masih bisa bjr rasakan. Kalau mau sederhananya kalau
tampang revo lebih ganteng saat itu, tapi soal peforma dan konsumsi bahan bakar
new vega r bjr akui sebagai gen vega paling “ENAK”.
Bjr rasa revo 100 saat itu tidak
irit2 amat, entah kenapa padahal gen supra fit / fit x sebelumnya konsumsi
bbmnya terbilang irit. Ada yang bilang efek settingan dan knalpot bersuara
merdunya yang menjadikan revo sedikit lebih boros.
tampang kalem, peforma kejem |
Tampang Agresif Menjadi Klemis,
peforma malah bengis
Tidak sampai 5 tahun, di
tahun 2009, akhirnya generasi revo terbaru muncul, diberi nama absolute revo,
semua baru, mulai mesin yang naik 110 cc dan sudah pasti bukan mesin c100 yang
di bore up, tapi mesin yang benar-benar baru yang diklaim lebih bertenaga tapi
lebih “irit”.
Akan tetapi yang patut di
soroti adalah desainnya yang berubah drastis, dari revo yang agresif serba
lancip menjadi motor yang bertampang “kalem”, malah beberapa ada yang
menyebutnya “hampir” mirip motor tvs neo.
“desain honda revo gen 1 seperti abg metal dengan lekukan dan garis tajam/runcing, sedangkan absolute revo lebih seperti abg kutu buku, kalem, rapi, apa adanya”
Meski tampang jadi “culun”,
tapi absolute revo membawa perubahan besar di sektor mesin, 110 cc memang kecil
disaat kompetitor malah naik menjadi 115 cc, nyatanya bisa brosis rasakan bagaimana
peforma absolute revo dengan vega zr, terasa absolute revo mutlak menang,
akselerasi bringas konsumsi tetap ngirit.
- Fenomena PelajarBawa Motor Ke Sekolah, Perlu Disikapi Dengan Bijak
- Kaca Spion Pecah,Si Ve Pakai Spion Honda Beat
- Vario VS Aerox,Nama Besar VS Kaya Fitur
- Lampu Halogen,Jangan Pegang Kacanya !
- Review 4Kombinasi Sprocket Honda Verza
- Ganti BohlamLampu Honda Verza
- Ban Irc NF 25,Tinggi Tangguh
- Motor SportFairing Murah Non Jepang, Punah
- Sepatu Ap Star,Sneakers Rasa Boots
- Fuel Dilution,Kenali Penyebab dan Bahayanya
- Menyikapi DugaanKartel Honda & Yamaha Dari Sisi Lain
- Review Disk Pad Vital, Harga & Peforma Cekak
Berkebalikan dengan vega zr
yang rasanya malah downgrade,
kubikasi boleh lebih besar dibanding new vega r tapi peforma mesin masih lebih
baik new vega r, belum lagi isu vampir oli, dan durability yang menurun drastis..
sejarahnya motor "minim masalah" |
Tetap Eksis, Minim Masalah
Sampai di era motor matic,
ternyata revo tetap saja diminati, bahkan menjadi satu-satunya bebek “tulen”
yang rutin masuk jajaran 10 motor terlaris. Bahkan dengan sang legenda yaitu
supra x 125 si revo terbukti masih diminati konsumen roda dua tanah air.
Angkanya pun konstan ada di
angka 8 ribu – belasan ribu per bulannya. Tentu saja bukan tanpa sebab, karena
meski motor bebek sudah “jarang” diminati revo tetap update untuk urusan teknologi, terbukti 2014 lalu honda membekali
dengan sistem injeksi, kemudian desain yang berubah “sedikit” lebih sporty
menjadikannya selangkah lebih maju di kelasnya.
Di samping itu sejak lahir
mulai sekarang revo terkenal “minim” masalah, tidak ada isu atau “fakta”
durability yang jelek, vampir oli, akselerasi loyo dan lain sebagainya seperti
pada kompetitornya, yang pasti konsumen bebek entry level butuh motor yang
tangguh, minim perawatan dan gak gampang rewel dan itu semua ada pada revo.
“pernah bjr tanya ke teman penunggang revo injeksi mengenai kelemahan revo, dan ia jawab suspensi belakangnya terlalu soft”
Dan saat bjr coba, yup
memang bener terlalu soft, hampir berbeda 180 derajat dibanding absolute revo
yang terkenal suspensi belakangnya yang keras. Untuk urusan mesin baik itu
akselerasi tidak ada masalah, top speed ? hora penting sebenarnya tapi 90-100
km/ jam sepertinya bisa.
So, di tengah eksistensi
motor matic, ternyata revo sebagai bebek entry
level “tulen” masih banyak di minati, memang angka penjualannya tak sebesar
motor matic, tapi cukup menempatkannya secara konsisten masuk ke 10 besar motor terlaris tahun lalu.
Memang konsumen motor bebek
saat ini kecil tapi buat yang kaki kirinya masih demen injak persneleng, dan
gak mau repot nyervis cvt tiap bulannya, plus kuat buat kerja keras, bebek
entry level masih jadi pilihan yang tepat, dan honda revo seakan menjadipilihan yang tepat, tentu saja karena yamaha yang sudah ogah2 an jualan vega/force
atau suzuki yang sudah “memulai kembali” dengan smash-nya.
Semoga bermanfaat
- Touring Ke Lombok Part 1, Bikepackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan
- Touring Ke Lombok Part 3, Keliling Bali
- Touring Ke Lombok, Total Biaya Ngirit Banget !
- Kedung Jembar Malang, Wisata Yang Tersembunyi
- Touring Pakai GPS Atau Tidak , Enak Mana ?
- 5 Tujuan Touring Bagus di Jawa Timur
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
- Sparepart Substitusi Honda Verza
- Ganti AkiFederal Quantum
- Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki
- Volume Oli Gardan Motor Matic
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Gak Suka Modif,Mending Upgrade Part Ini
- Ban Tubeless,Harusnya Jadi Standar motor Zaman Now
Tidak ada komentar:
Posting Komentar