riding di lautan pasir bromo perlu sedikit tips |
Halo Brosis
Cukup banyak yang menyebut
jika masih newbie riding di lautan
pasir bromo adalah “momok” yang menakutkan, ya menakutkan karena rawan selip,
rawan mogok, rawan trouble, bahkan
kalau ektrem bisa nlodor (jatuh). Bahkan pemandangan motor naik motor bukanlah
hal aneh, ya memang motor yang “mogok” sudah pasti harus rela digotong si ojek
GL untuk naik ke atas.
Memang riding di lautan Bromo
menurut bjr “gampang-gampang susah”, bjr sendiri cukup sering, riding di bromo,
sering sih nggak tapi 4 tahun terakhir ini entah sekali setahun atau 2 kali
dalam setahun.
Oli Prima XP 10W-40 API SM
Review 4 Kombinasi Sprocket Honda Verza
Oli Prima XP 10W-40 API SM
Review 4 Kombinasi Sprocket Honda Verza
Tidak hanya naik verza, tapi
naik bebek yang pasti nggak pernah, bahkan pertama kali dulu bjr masih ingat
pertama kali riding di lautan pasir
di tahun 2013 awal mengendarai old
beat karbu biru yang “unyu”. Bisa brosis bayangkan beat yang bobotnya saja
nggak nyampai 100 kg, dinaiki bjr dan teman yang jika di total beratnya lebih
dari berat motornya, hehehe.
Alhamdulillah saat itu
riding pagi buta sebelum subuh di lautan pasir, niatnya memburu sunrise, eh
ternyata di tengah lautan pasir motor supra x 125 teman bjr mancep di genangan
pasir yang lembek terkena air, sempat was2 gak bisa keluar karena roda depan
supra saat itu sudah terendam sampai piringan cakram, akan tetapi setelah
diangkat 4 orang akhirnya bisa mengeluarkan motor dari lubang pasir basah.
Touring Nggak Harus Pakai Motor Sport
7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
Touring Nggak Harus Pakai Motor Sport
7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
Dan si beat memang sukses
menaklukkan lautan pasir bromo, tapi saat itu harus rela takluk di penanjakan
karena akselerasi ngrenjel karena roller yang sudah waktunya ganti.
Baru setelah itu kesempatan
berikut-berikutnya bjr tak mengulangi kesalahan yang sama, dan sukses baik itu
dengan beat yang ke dua kalinya atau verza yang juga 2 kali ke lautan pasir
Bromo, intinya ada beberapa cara, yaitu
Pastikan Kondisi Motor Fit
100 %
Hal utama sudah pasti
kondisi motor pastikan sehat 100% dan siap untuk digunakan, cek mesin,
ketegangan rantai, pengereman, penerangan, cvt (buat motor matic), dan karet bundar
(ban) pastikan layak jalan.
Touring Ke Lombok
5 Tujuan Touring Bagus Di Jawa Timur
Touring Ke Lombok
5 Tujuan Touring Bagus Di Jawa Timur
Pilih lintasi pasir yang
agak basah
Cara ini terbukti cukup
ampuh, pilih pasir yang agak basah saja, tapi awas jangan terlalu basah atau
yang tergenang air bisa-bisa motor bisa terjebak “mblusuk” ke dalam juglangan
pasir. Sebisa mungkin hindari lewat pasir yang terlalu gembur, jika motor trail
sih nggak masalah, tapi jika motor non trail apalagi matic sebaiknya pikir
lagi.
pusing mikirin |
Cek Alur/ kembangan Ban
Pengalaman riding naik verza
ban belakang pakai ban michelin prilot street, hasilnya ? bisa jalan, tapi
cukup kewalahan. Yap alur ban sedikit banyak berpengaruh, lupakan pakai ban
minim kembangan apalagi ban slick, sebaiknya pakai ban dengan banyak patern
atau jikapun tidak, ban standart bawaan motor sudah “cukup” mumpuni.
Sempat juga berpikir verza
yang memang kewalahan di lautan pasir, tapi setelah lihat verza dengan ban
standart bisa nyaman/ gampang riding, akhirnya bjr sadar alur ban memang
berpengaruh.
Touring Ke Ranu Pane
Kode Disc Pad Motor Honda
Touring Ke Ranu Pane
Kode Disc Pad Motor Honda
gunakan kopling seperlunya |
Minimalisasi pemakaian
kopling
Sudah banyak kejadian motor
sport/ motor kopling yang kampas kopling hangus / gosong, dan itu sudah pasti
karena sering selip kopling/ narik kopling terlalu sering. Tips jika riding di
lautan pasir untuk sport. Motor berkopling sebisa mungkin minimalisasi
pemakaian kopling, gunakan seperlunya saja, dan juga jangan sesekali selip
kopling.
"Cukup tarik kopling saat up/shift down gigi saja, tak perlu selip kopling terlalu sering"
Jangan Overspeed/ jaga
kecepatan
Jika motor non trail lupakan riding overspeed, sebisa mungkin kalem/ cukupan
saja kecepatannya, hal ini tidak terlepas dari kondisi jalanan berpasir yang
sangat buruk dari segi grip ban, wong
yang motor trail ban pacul saja bisa selip kok apalagi motor non trail.
nmax lancar jaya, dengan catatan tentunya, hehehe |
Jaga keseimbangan
Sudah pasti saat riding
pasti akan terasa selip, karena grip ban standart (khususnya) memang tidak
diperuntukkan untuk jalan berpasir. Tapi bisa diimbangi dengan menjaga
keseimbangan, kalau terasa “slide” jika tak bisa mengontrol motor, imbangi
dengan kaki turun ke bawah.
So riding di lautan pasir
memang mengasyikan, dengan motor standart saja sudah beda rasanya, ya bagi bjr
senangnya mirip-mirip saat kecil berenang di kolam renang. Tapi yang ini
sedikit berbahaya bila tak ada persiapan dengan matang.
Masalah Karet Vakum Mio Imitasi
Patokan Ganti Oli
Masalah Karet Vakum Mio Imitasi
Patokan Ganti Oli
So bjr bukan menggurui atau
sok tahu, hanya berbagi pengalaman riding, bjr bukan ahlinya, tapi murni apa
yang bjr siapkan dan terapkan, jika ada salah kata dan tulisan mohon
koreksinya.
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar