Halo Brosis
Beberapa waktu lalu
bjr dapat email dari pembaca blog yang tanya enak mana Verza dengan Megapro,
dan selang beberapa waktu kemudian teman bjr menanyakan hal yang sama.
Okelah sebagai
owner/ pemakai honda verza selama 2 tahun lebih, dan sempat juga icip2 new
megapro (yang karbu) tentu cukup memberi jawaban atau setidaknya garis besar. Terlepas
dari pertanyaan “enak mana?” yang sebenarnya cukup ambigu, enak ini enak
apanya, hehehe.
Tapi okelah, bjr
akan bagi dari dua sisi saja kenyamanan dan peforma, kenapa harus new megapro
dengan verza, ya mungkin selain mesinnya sama tapi kok harganya beda ya, tapi
bagi bjr keduanya tetap beda.
Kenyamanan
Bicara soal nyaman
maka dengan yakin bjr jawab new megapro lebih nyaman di banding honda verza. Ya
suspensi monoshock new megapro bisa disetel mulai dari soft sampai hard, dan
jika nemu setelan yang pas maka motor akan nyaman sepanjang perjalanan.
Belum lagi poin
utama dari kenyamanan new megapro adalah karakter jok yang busanya sedikit
lebih tebal dan empuk di bandingkan verza. Untuk ergonomi sendiri new megapro
terasa lebih rileks, dan ground clearance yang sedikit lebih rendah (itu kalo
nggak mau dibilang ambless, hehehe).
sumber |
Berbeda dengan
verza yang bagi bjr amat keras, istilahnya kurang nyaman, meski shock belakang
bisa di setel tingkat kekerasannya, tapi toh karakter shock memang keras, belum
lagi busa jok yang tifiis menjadi pelengkap siksaan bokong. Ergnomi keduanya
juga berbeda, dimana dalam kondisi standar, verza lebih nungging dan lebih
tinggi.
Jadi mana yang
lebih enak ? newe megapro di buat sendiri maupun boncengan enak (asal nggak
overload), verza buat nguli enak mau buat ngangkut semen, karung dijamin nggak
bakal ambles, tapi saat sendiri maka waktu pantat untuk kompromi dalam keadaan
normal paling 2 jam.
basis mesin sama, karakter beda |
Peforma
New Megapro terasa
enak di putaran atas menurut bjr, karena ukuran venturi karburator yang besar
28 mm, alhasil putaran atas terus ngisi, top speed ? 120 lebih dikit pun bisa. Tapi
tentu ada sedikit yang harus dikorbankan dibandingkan verza di 0-60/70 new
lebih enak verza, mungkin faktor bobot new megapro yang lebih berat
mempengaruhi.
Verza saat bjr
rasakan amat sangat digdaya di kisaran 0 – 60/70 km perjam, tapi amat sangat
kedodoran di atas 80km/ jam. Apa sebab ? ternyata thortle body 26 cukup untuk
mengebiri verza di putaran atas, top speed, trek puanjang dapet 115 km/jam
sudah alhamdulillah.
Last dari dua aspek
di atas sudah dapat jawaban kan enak mana ? ya semua ada plus minusnya sih,
hehehe
Semoga Bermanfaat
Note , New Megapro
yang bjr pernah coba yang Karburator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar