cekir (cepat kering) |
Halo Brosis
Selang sebulan
pemakaian gear set npp yang nampol di honda verza, rasanya memang lebih afdol
untuk mereview pemakaiannya selama satu bulan lebih dikit. Sebenarnya gear set
bjr sudah pasang sejak pertengahan Oktober dan baru bjr tulis di akhir Oktober
dan posting di awal bulan November (mbulet kan, hehehe)
Gear set Npp yang
bjr daulat menggantikan gear gl 100 dan
rantai satria bjr tebus seharga 130 an ribu, cukup murah dibanding orisinil
yang 2 kali lipatnya. Kombinasi gear adalah standart verza yaitu 14-41, hanya
rantai yang berbeda dimana tanpa kode H, alhasil rantai tampak kurus.
Setelah sebulan
pemakaian, rasanya tidak terlalu istimewa. Keluhan ada di antaranya suara
rantai yang kurang silent alias sedikit berisik dibanding rantai indopart yang
tanpa kode H sekalipun.
Ada yang cukup
disayangkan memang, yaitu kondisi rantai pada saat dibuka dari kemasan, tampak
kering tanpa pelumas bawaan, berbeda dengan orisin maupun indopart yang
rantainya agak basah saat di dalam kemasan. Alhasil saat pertama kali riding
pasca di pasang bunyi kemricik rantai.
Memang bisa di
siasati langsung di lumasi pakai oli, akan tetapi ternyata rantai terasa haus
akan oli atau mudah kering, saat seminggu bisa sampai 2 kali bjr lumasi rantai,
beda jauh dengan indopart palingan 2 minggu sekali baru bunyi rantai tanda
rantai kering, orisin tambah kalau inget,
paling 3 bahkan sampai sebulan sekali.- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Akan tetapi secara
felling gear set npp tampak nggak jauh beda dengan bawaan pabrik, gear dan
rantai bekerja sebagaimana mestinya tanpa kendala, tapi kalau dibanding bawaan
pabrik, bjr kata memang sedikit lebih baik, kemrosok hampir nggak ada (hanya
timbul saat rantai kering,).
langsung test ke tnbts |
Soal kendurnya
rantai, masih dalam batas wajar tercatat baru 1 kali bjr nyetel rantai, dengan
pemakaian normal dalam kota yang
berkarakter stop n go.
Jadi
Minusnya - >
rantai cepet kering, karena bukan tipe H yang mampu menahan pelumas rantai,
agak berisik jika kurang pelumas rantai.
Positifnya ->
murah, value dibanding ori ahm, ukuran standariyah 14-41 yang di pasaran masih
tergolong cukup sulit di dapatkan, gear belakang ada pelindung/ stoper mencegah
rantai lepas saat kendor.
Soo, masih worthed
untuk di miliki, hanya kudu rajin lumasi rantai minimal seminggu sekali,
Semoga bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
maaf saya bukan pengguna verza,
BalasHapusklo menurut saya bila masalah rantai dan gear terus, ada yang salah dengan komposisi velg nya.
ini saran saya :
pasang tromol & velg SW F - R18/1.60 dan R - R17/1.85
profil ban F - 90/80 dan R - 110/80
karena menurut saya, dengan karakter verza yg mengejar akselerasi bukan top speed.
harapannya PTW nya lebih baik, klo motor sudah puasa untuk ngurangi bobot, jangan lupa orangnya juga suruh langsing :p
wasalam om
lah yang terakhir itu yang susah, wkwkwk.
Hapuskalo velg sw, ehhhm engak dulu gan, apalagi ukuran kecil, bisa2 ane jadi member tukang tambal ban, hehehe