yeyeye, kembali standart |
Halo Brosis
Terakhir gear set
yang bjr pasang di verza adalah dengan memakai punya gl 100 ukuran 38-14.
Hampir 9 bulan pemakaian kombinasi ini bjr rasa sudah cukup positif, nafas tiap
gigi terasa sedikit lebih panjang, tak ayal touring ke lombok sebelum puasa
lalu terasa nyaman pakai gear set ini sepanjang jalan.
Akan tetapi ada
yang bjr kurang suka dengan kombinasi ini, yaitu sering kedodoran saat dipakai
di dalam kota, memang iya nggak sering2 ngoper gigi, tapi rasanya nggak nyaman
banget, so final gear yang ringan ini kurang agresif untuk digunakan
selap-selip di perkotaan, bisa di akali dengan menahan rpm tapi jelas selain
buat boros bensin, juga nggak nyaman.
Belum lagi saat
jalan tanjakan saat ke bromo Agustus lalu, walah kudu nyungsep pakai gear 1
terus, beda jauh saat pakai gear nmp 42-14 gear 2 tetep eces saat ke
penanjakan.
So berangkat dari
hal itu, bjr memutuskan untuk kembali ke gear yang agak berat, pilihannya ya
balik standart 14-41 atau pakai punya nmp 14-42. Langsung dah berangkat ke
bengkel, sasaran pertama nmp orisin seperti sedia kala, akan tetapi barangnya
kosong.
Coba melipir ke
bengkel lain kosong juga, tapi di tawari gear set verza merk npp, saat bjr
tanya harga ternyata cukup terjangkau “125 ribu” (lebih murah dari pada
online), langsung dah beli nggak pakai mikir 2x, kapan lagi coba gear standart
verza merk harga murah. Eitts ada yang kelupaan untuk gear aftermarket/ non ori
harga murah verza di pasaran masih jarang ya ada tapi nggak sebanyak punya nmp.
nippon parts |
Npp ini bukan merk
abal-abal loh gan, npp terkenal dengan pistonnya yang (katanya orang bengkel
pinggiran) lebih baik dari pada piston bawaan pabrik. Belum lagi embel JAPAN
QUALITY menjadikan gimick tersendiri toh nyatanya memang ini gear di impor, nggak hanya piston, hampir semua jeroan mesin motor npp ada.
First impresion,
tampak gear belakangnya nggak setebal orisin yang made in china, tapi secara
tampilan lebih halus, rantai oh iya rantainya 128-124 L, tanpa ada embel2 H
yang menjadikkannya kembali tidak setebal merk Orisin.
ada stopernya euy, nggak setebal orisin, tp lebih tebal dari orisinil, hehehe |
Langsung dah pasang
ke verza, dan taraaa, ini rasanya
Impresi Seperti Awal
Ya rasanya seperti
aslinya verza , bingung ? ya nggak beda jauh dengan naik verza standar, hanyaa
TIDAK SEBERISIK gear set bawaan verza (hgp). Nafas tiap gigi nggak sepanjang
gear 38, tapi juga nggak sependek gear 42 punya nmp.
rantai L, bukan tipe H, tapi sebenarnya ada yang H, tapi lagi kosong |
Begitu juga
tampilannya, berhubung rantai bukan tipe H alias Heavy Duty menjadikan tampilan rantai sedikit lebih ceking dari
bawaan aslinya maupun orisin yang tipe H. Tapi asyiknya gear belakang sudah ada
spacer saat rantai terlepas, alhasil gear belakang tampak gemuk seperti
orisinil.
Satu hal yang bjr
suka ya, tarikan agak setan saat geber di gigi rendahnya terasa, khas seperti
saat pertama kali meminang verza 2 tahun silam, hehehe. Dan buat riding di
perkotaan nggak malu-maluin lagi, bisa selap-selip dengan gigi 2-3 atau 4. Pun
saat ketemu tanjakan agak tinggi sih nyantai2 aja pakai gear 2 atau 3.
So impresi
pertamanya ya soo far soo good, soo yang patut di tunggu selanjutnya memang
terkait durability gear set NPP ini, tahan berapa lama, biar waktu yang
mebuktikan.
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar