googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Oli Gearbox Honda Beat

Ganti Oli Gearbox Honda Beat

Halo gansis

honda 120 ml, yamaha 100 ml, jangan selingkuh loh , hehehe

Beberapa hari yang lalu bjr ada rencana main-main ke selatan, ya isenglah bagi jomblo di sabtu atau minggu kalau nggak bobok ganteng yanglayap ganteng.  Lirik si beat yang merana karena jarang bjr geber, iseng lah pakai nih motor, itung-itung nostalgila.


Sebagai mantan yang baik, bjr pun ngacir ke bengkel terdekat, beli satu botol oli gearbox, sama yang jual mau yamaha/honda/atau castrol mas ? langsung bjr jawab maunya kamu, wkwkwkwk.
Mumpung ada oli gearbox honda, tebuslah 14 ribu, oli gearbox honda lebih mahal seribu dari pada yang lain, wajarlah lebih banyak juga toh isinya.

O iya oli gearbox sebelumnya bjr pakai punya yamaha/yamalube, yang isinya 100 ml, sedangkan harusnya matic honda 120 ml, berarti sudah hampir 2 tahun oli gearbox si beat kurang 20ml, wkwkwkwk (jangan ditiru, bjr khilaf).


gampang kok
Langsung dah standartin tengah buka baut tab oli gearbox yang ada di bagian bawah, gampang pakai kunci 12, lalu keluarlah oli gearbox yang sudah amit2 coklatnya, bisa dilihat di gambar bawah, oli gearbox yang umurnya 2 tahun sudah terlihat bewarna coklat, kok nggak hitam seperti oli mesin ?, karena fungsi oli gearbox hanya melumasi, berbeda dengan oli mesin yang mendinginkan ruang bakar, sehingga warnanya setelah pemakaian pun relatif hitam.

Setelah oli ditab, tutup kembali bautnya, untuk memasukkan oli yang baru buka baut di atasnya lalu tuang , (ukuran baut sama 12). Sebenarnya agak merepotkan jika mengisi oli gearbox di beat ini, beda dengan mio yang enak tinggal tuang (posisi horizontal), lah ini di beat  harus mereng-mereng dulu kalo nuang (vertikal).

Setelah itu tutup kembali, lalu langsung pakai dah, o iya sebenarnya rekomendasi pabrikan oli gearbox/transmisi di motor matic wajib ganti tiap 20 ribu km, tapi berhubung lupa/ngelupa bolehlah tiap 2 tahun seperti bjr (jangan ditiru), hehehe.


ini mah oli, bukan kopi, wkwkwk
Bicara viksionitas/ kekentalan, oli gearbox honda lebih encer dari pada oli gearbox yamaha, entah berapa sae-nya, bjr belum dapat info, tapi di beberapa forum bjr baca ada yang pakai oli mesin sama dengan oli gearbox (bisa dicoba nih).

Hampir lupa oli bekas gearbox, bisa di tuang kembali ke tempat , lumayan bisa digunakan untuk nglumasin rantai motor, dari pada pakai oli mesin bekas yang hitam pekat, mending oli gearbox bekas yang warnyanya coklat, hehehe.

Semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. our coffee tables have a top part that is made of high strength glass,` Doosan parts

    BalasHapus
  2. There are certainly a couple more details to take into consideration, but thank you for sharing this information. a course in miracles

    BalasHapus
  3. Hi blog owner, hope all is well. You mind sharing the name of your current theme? I would appreciate it much. Have a blessed afternoon. Check out mine AV Windshield Replacement

    BalasHapus
  4. There is a number of other factors it is easy to do to halt the flood of comment spam, however the four concepts previously stated will contemplate cure with the most significant ingredient and make lifestyle so a lot simpler on you, and more tricky within the detrimental adult males. Used Mazda Parts

    BalasHapus