googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Isi Penuh, Solusi Menghindari Tangki Bocor

Isi Penuh, Solusi Menghindari Tangki Bocor

Halo Brosis

Sebenarnya tulisan ini bjr tulis agak sedikit lucu pada awalnya, terilhami oleh teman bjr yang beberapa nyemplak motor sport, ada yang sudah asam garam ada yang setengah newbie seperti halnya bjr, bahkan ada yang masih pemula.

Teman yang sudah asam garam (lama) nyemplak motor batangan tentu juga tak segan berbagi tips, kali ini yaitu untuk tangki motor, kebetulan motornya mp primus yang sudah ada tambalan, alias pernah bocor tangki bensinnya. Memang sudah bukan rahasia lagi tangki motor honda terkanal tifiis, kalo tangan brosis bogem tangki motor batangan honda kebanyakan tangkinya mblesek, berkebalikan dengan yang lainnya pulsar misalnya yang terkenal tuebeeel untuk bahan tangkinya.

Back to topic, sebenarnya saran teman bjr sederhana kuras tangki tiap 6 bulan, atau tiap 3-4 bulan kalau musim hujan, bjr yang setengah newbie pun manggut2. Tapi setelah ditimang2 kalau tiap 3-4 bulan kuras tangki ya alamat ambyar nih, hehehe.

Karena verza bjr injeksi, kalau kuras tangki otomatis copot selang fuel pump (cmiiw) belum lain-lainnya, hadeh bisa-bisa kalau dipaksakan ya iso nyoplok ra iso mbalekno (bisa melepas nggak bisa masang), wkwkwk.



jangan tunggu bensin habis, 
Pakai cara yang lebih sederhana
iseng-iseng dulu sebelum minang rondo verza bjr juga sempet was-was wadoh tangkine rawan bocor iki, dan setelah digetokgetok tangkinya dan dibandingkan sama mp primus dan tirev temen bjr ternyata sami mawon tifissnya, hehehe. 

Tanang brosis ada cara yang sederhana seperti menghindari paparan air secara langsung saat nyuci, ini usahakan jangan disemprot waktu nyuci, bjr saat nyuci pun begitu ya seperti mandiin bayi diusap-usap pakai air saja, hehehe.




Lalu yang juga bjr lakukan sampai saat ini adalah selalu isi lebih dari setengah tangki, ya tangki verza muat 10-11 literan , kalau di bar bensin ada 7 bar, sebisa mungkin jika berkurang 3 bar (tinggal 4 bar) langsung bjr isi. Begitu juga saat motor dianggurin 1-2 minggu tangki selalu bjr usahakan terisi full. Hanya saja saat dipakai ke luar kota bisa dipakai sampai  kedip-kedip.

Hal tersebut bjr lakukan untuk meminimalisir kondensasi atau penguapan, tau sendiri kalau nguap jadi embun, embun ada airnya, kalau kena tangki yang dari plat besi ya jadi berkarat dalam jangka waktu lama.

Memang selalu isi penuh terdengar agak kolot tapi ya mau gimana lagi demi menghindari tangki agar tidak bocor, dari pada sesal di kemudian hari.

Iseng-iseng waktu nongkrong ngopi sama teman bjr pinjem tu motor mp primus, langsung idupin mesin, lah ternyata jarum indikator bensin mepet ke e, oalah emane ...hehehehe


semoga berguna