Halo
Brosis
kalo ini, nggak harus sih, ehehehe |
Jujur
sebenarnya untuk memilih judul ini agak sedikit bingung, tapi tak mengapalah
yang penting isinya,hehehe.
Saat
ini motor sudah menjadi alat transportasi yang paling sering digunakan di
Indonesia, dan seringkali juga meiliki motor tidak hanya sekadar untuk dinaiki
saja, akan tetapi harus juga dirawat loh gan.
Memang
benar sih puluhan juta motor yang seliweran di Indonesia sudah sedikit banyak
diimbangi oleh jumlah bengkel yang bejibun juga, mau bengkel resmi ada,
setengah resmi ada, atau bengkel pinggir jalan ada (ya iyalah semua bengkel
pinggir jalan, mau dipinggir mana lagi, hehehe).
Akan
tetapi sebagai bikers/ pengguna motor, entah itu pria atau wanita (bjr nggak
mau ngremehin cewek soal motor, entar dibilang diskriminasi), sebenarnya lebih
baik memiliki kemampuan dalam merawat motornya, jangan dikit-dikit ada masalah
kebengkel, lah kalau duit banyak sih nggak papa, hehehe. Tapi nggak semuanya
harus berboros-boros untuk membuang jasa perawatan toh, memang jumlahnya nggak
seberapa, tapi kalau brosis total setahun ajalah, jumlahnya terbilang lumayan
kan.
Yap,
tanpa basa-basi lagi ini skill minimal yang harus dimiliki bikers untuk merawat
tunggangannya.
olinya yang depan bukan yang belakang, hehehe |
1.Ganti
Oli, cie masa ganti oli saja harus
kebengkel sih, lumayan loh ongkosnya sekitar 2 ribu sampai 5 ribu rupiah untuk
jasa ganti oli. Coba saja deh buka baut
tap oli yang ada di bawah mesin, kelar oli di tab tutup lagi lalu buka tutup
oli mesin lalu tuang, susah ? coba deh gampang kok !, nggak punya kunci ?
pinjem tetangga dah.
yuks setel rantai, hehehe |
2.Steel
Rantai, meski saat ini jamannya motor matic, tapi populasi motor berpenggerak
rantai masih bejibun kok. Tentu saja bikers pengguna motor yang berpenggerak
rantai masih harus melalui ritual setel rantai entah itu tiap 1 bulan, 2 minggu
pasti rantai mulai kendor minta disetel. Steel rantai mudah kok, dari pada ke
bengkel kena berapa hayo ?.
3. Cuci
Motor, bjr saja sampai lupa kapan terakhir kali pakai jasa cuci motor, memang bjr demennya sih nyuci sendiri, males
? pikirkan lagi brosis, saat ini cuci motor paling murah 7000 sampai yang
paling mahal bisa belasan sampai puluhan ribu, tinggal kalikan setahun brosis
berapa kali. Coba cuci sendiri motor brosis, susah ? halah anggep saja mandiin
bayi atau hewan peliharaan brosiss.
4. Ganti
Busi, busi memang piranti yang nggak seberapa boros untuk diganti di motor 4
tak, tapi bagi bjr maksimal umur busi untuk pembakaran optimal ya 15 ribu km. Saat
brosis beli motor pasti dapat juga kunci busi yang ada di dalam bagasi bawah
jok, bagi bikers tentu ganti busi dengan tangan sendiri mestinya adalah hal
yang wajib bisa dilakukan, minimal jika motor kena banjir atau tiba2 mogok
businya mati brosis nggak kebingungan buat cek busi motor kan.
Yap
menurut bjr keempat hal di atas adalah hal yang paling minimal bagi bikers ,
bagi yang belum bisa segera belajar, dari pada pemborosan, hehehe, tapi bagi
yang duitnya lebih-lebih sih nggak papa
kan. Dan juga kalo belum bisa ya pasti belajar entah sama yang bisa atau improvisasi , gagal itu hal biasa, yang penting setelah gagal agan bisa.
Semoga
bermanfaat
Kirain harus bisa stel karbu. Hehe... Masih bingung soalnya
BalasHapusbisa bisa, ane juga bisa tapi entah pas apa nggak, hehehehe
Hapusente sepertinya belum tersesat bang olinya... rugi atuh ganti 2rb km skali pdhl masih bagus pas 4rb km lbh kalo pake fastron... emang susah ilangin doktrin lama, tapi kalo dah nyoba bakalan nagih pake oli mobil
BalasHapusmaklum gan motor ane motor murah, tapi boleh lah kapan2, hehehe,
Hapus