Hai
Brosis
Tak
jarang di jalanan brosis pasti masih banyak menemui motor jadul, dari sekian
banyaknya motor jadul tentu honda pasti yang mendominasi. Selidik punya
selidik, dan setelah direnungi secara mendalam (lebay, hehehe), ternyata ada
rahasia loh motor jadul honda tetap eksis sampai saat ini.
Substitusi
atau alternatif sparepart lah yang digunakan oleh motor jadul honda untuk tetap
bertahan sampai saat ini. Tentu saja hal pertama adalah kecerdikan honda yang
sudah berinvestasi sejak awal yaitu dengan lebih konsen ke motor dengan engine
4 tak sejak pertama kali jualan di Indonesia.
Mulai
dari c70, kemudian c700 (supercub), kemudian c800, begitu pula dengan sportnya
yang juga setia dengan engine 4 tak. Hasilnya ? pun bisa dinikmati sampai saat
ini.
Ambil
contoh c70. Yang sampai saat ini tetap eksis, rahasianya ? ya karena c70
orisinil pun dapat mencaplok part engine motor yang lebih muda, blok sudah
mentok oversize, tinggal pakai saja blok honda grand, bahkan blok supra/karisma
pun dapat masuk, tentu saja dengan penyesuaian. Headnya bermasalah, pun juga bisa
pakai honda grand.
Mau
upgrade ke cdi ? juga bisa caplok cdi, spul, honda grand, mau persneleng maju
mundur, tinggal pakai rasio honda win ?, sulit ? tentu tidak tercatat sparepart
macam honda grand adalah salah satu yang paling banyak ada di toko sparepart.
Begitu
juga dengan motor sport jadulnya, macam cb, gl cepek, kalau ada masalah atau
sudah berumur dan musti ganti daleman mesin tinggal caplok saja part mesin
motor yang lebih mudah macam gl max atau pro, pun demikian juga dengan megapro
primus, bahkan cb/gl jeroan tiger pun sudah banyak yang mengaplikasikan, mudah
kan.
Itu
mesin, body pun demikian, dipasaran masih mudah untuk mencari baju set c70,
maupun baju cb , mau model yang bagaimana sudah tersedia di pasaran. Loh memang
masih jual hondanya ?, nggak brosis tentu baju2 motor jadul kebanyakan handmade
dalam negeri, tentu orang2 masih buat wong mesinnya saja masih sehat. Tercatat
hanya satu dua part saja yang nggak dijual barunya , seperti fork jadul macam
punya c70,c700, c800, dan star, ya mungkin kebanyakan sudah upgrade ke shock
depan yang lebih modern.
Hal
tersebut, bertolak berlakang dengan pesaingnya, ya hanya jarang2 saja di temui
motor jadulnya di jalan. Hal itu karena basic motor jadul kebanyakan selain
honda menggunakan engine 2 tak, yang saat ini di Indonesia sudah hampir punah.
Hal itu nyata dirasakan saat bjr cari piston os 100 punya v80 yang susahnya
naudzubillah, padahal ukuran os masih dalam batas wajar 100.
Kebalikan
360 derajat saat mencari piston os 100 punya si bebek jadul yang baru bjr
pinang yaitu supercub, hanya nyamperin satu toko langsung ready barangnya, pun
demikian juga waktu beli kampas koplingnya, mau yang merk apa dan harga berapa,
ada !.
Last,
engine 4 tak di motor jadul honda setidaknya memberi nafas yang panjang sampai
saat ini, bahkan 20 atau 40 tahun lagi pun kiranya masih tetap eksis nih motor
jadul honda, tentu dengan catatan masih ada yang jual loh sparepartnya, hehehe
memodifikasi/restorasi motor tua/jadul honda terbilang mudah, tinggal seberapa kuat kemauan dan uang yang menentukan
Semoga
Berguna
Cs one kok susah yo sperpate
BalasHapus