Sparepart
merupakan komponen yang mendukung cara kerja motor. Terdapat ratusan atau
bahkan ribuan sparepart yang ada pada motor. Tentu saja guna motor berjalan
secara maksimal diperlukan perawatan dalam setiap intervalnya.
Begitu
juga sparepart yang juga mempunyai batas umur pemakaian, entah itu karena sudah
memang tak layak pakai atau dibatasi limit. Kerap kali sebagai pengguna motor
kita melakukan pergantian sparepart pada saat di rasa motor tidak bekerja
secara maksimal.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Akan
tetapi, ada loh beberapa part atau komponen/ sparepart motor yang acap kali
menggunakan merk selain orisinil. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti harga
yang lebih murah, ketersediaan barang, dan kualitas yang lebih baik. Berikut beberapa
sparepart tersebut.
sering bjr pakai |
1. Kampas
rem, piranti cieet ini mungkin paling banyak yang menggunakan part non orisinil
bawaan pabrikan, begitu juga bjr yang juga jarang sekali beli kampas rem bawaan
pabrikan. Alasan pertama tentu harga yang jauh lebih murah, seperti saat bjr
yang pakai kampas rem depan verza merk federal tau nggak harganya ? yup separoh
harganya lebih,lumayan kan, tentu ada konsekuensi seperti tidak sepakem
orisinil, tapi soal ketahanan biasanya bisa di adu.
gear set beginian lebih meyakinkan tampilannya |
2. Gear
set, sampai saat ini bjr masih bingung apa yang membuat harga gear set motor
orisinil pabrikan lebih mahal dibanding yang lain !?. selama mengendarai dan
memelihara motor hampir tidak pernah bjr beli gear set bawaan pabrik
(orisinil). Dan yang membuat bjr ilfil adalah kemasannya brosis, coba sekarang
tengok kemasan gear set a*m bagi bjr istilahnya gak ndayani blas, mosok
bungkuse trawang (transparan).
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
3. Piston,
jika daleman mesin sudah minta jajan dan minta oversize, merk piston seperti
npp, npr bisa menjadi alternatif bagi piston bawaan pabrik harga gak beda jauh
sih, tapi terkadang ketersediaan part merk aftermarket lebih lengkap mau
oversize berapa ada !, mau 0-100 atau 100-200, atau yang extreme sampai
oversize 300 seperti milik tiger/cbr ada !.
ini sih ori, ori yamaha loh, hehehe |
4.Dop
lampu, lah ini yang sering bjr pakai
seperti dop lampu depan maupun dop rem, lebih murah ? pastilah jangan
dibandingkan dengan orisinil, bisa dapet 2 malahan.
5. Bearing, ini juga kebanyakan pakai part aftermarket, alasannya sih beragam yang mahal tentu kejar peforma dan daya tahan, yang lebih murah sih ada tuh seperti genio, ha genio ? ya genio produksi skf sama kayak honda yang juga skf, tapi bungkusnya honda, hehehe
Ada
yang mau nambahin ?
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar