Bicara
otomotif khususnya roda dua tentu tidak bisa mengesampingkan 2 pabrikan besar
honda dan yamaha. Penguasa market share yang sejak dahulu cucuk-cucukan, sejak
era mio sampai era beat, sampai era megapro sampai vixion, istilahnya keduanya
rival abadi.
Akan
tetapi saat ini lain cerita, berbeda dengan dahulu yang market sharenya
beda-beda tipis lah, tapi sekarang berbeda brosis, ahm lebih mendominasi pasar.
Angka 70% lebih adalah bukti kedigdayaan ahm, yamaha nggak sampai separohnya?.
Tapi
jika dilihar-lihat di lapangan (bukan lapangan bola , hehehe). Bukan tanpa
sebab ahm bisa berkuasa. Apa itu ? ya promosi, iklan tampak ahm lebih kreatif
dan militan dibandingkan yamaha.
Yamaha
stay on moto GP, AHM dimana-mana
Blunder
yamaha adalah tetap stay di moto gp, selebihnya hampir tidak ada pergerakan
lebih berarti. Bandingkan dengan honda yang lebih memilih ngiklan dimana-mana
!, acara bola ada, sinetron ada, film ada, konser ada, dan masih banyak lagi. Bahkan
moto gp di tv kabel pun ada !.
Yang
bjr salut di acara ARRC yang merupakan kejuaraan level asia , pun ahm sudi
memasang iklan.
Mungkin
saja yamaha sudah terkonsen atau sudah mengrojok dana marketingnya di acara
moto gp, dan ini menurut bjr blunder, mau nggandalkan VR46 terus !?, kalau
pensiun mau ngiklanin siapa ? vinaless ? espargaro?, akeh sing ora kenal
(banyak yang tidak kenal !).
picture by |
Brand
ambasador yang kuat
Ahm
sudah tepat memilih agnes monica dan vj daniel menjadi brand ambasador vario
series, saat ini ditambah al di honda sonic, dan jkt48 di motor honda beat
menjadi warning keras bagi yamaha.
Ya
dahulu lewat iklan mio j aitakata- aitakata JKT48 menjadi hal yang menarik dan
lumayan menjadi brand ambasador produk yamaha, dan entah angin mana bisa pindah
ke ahm. Bisa ditengok saat ini yamaha hanya mengandalkan VR46 seorang!, bahkan
saat lihat iklan mio Z hadeeh bjr pingin nangis saja sambil membatin (iki
karepe opo seh/ ini maunya apa).
Last,
tentu strategi marketing setiap pabrikan memang berbeda-beda, dan hasilnya
tentu berbeda-beda juga toh, terlepas dari baik mana sih produknya ?, tapi yang
namanya gimick marketing itu dhsyat banget, karena dengan masifnya iklan di
mana-mana tentu siapa lagi yang ragu untuk membelinya.
Semoga
berguna
Why not Sule, Andre?
BalasHapusNasibmu... Suzuki...
Kawasaki? Sinetron Anak Jalanan? Pffft...
suzuki gak ada yang longlast jadinya ya....., kawasaki ? terkesan segmented banget
Hapus