Halo
Brosis
Verza yang kini namanya
berubah menjadi cb150verza adalah satu-satunya yang mengisi segmen motor sport
entry level tanah air berbeda dengan kompetitor sesama pabrikan Jepang
yakni Yamaha dan Suzuki yang Enggan
bermain di kelas yang “kata” mereka kurang “prestise”, meskipun setelah 5 tahun
berselang secara volume penjualan sudah mampu “ngamplengi” seniornya yakni new
megapro dan byson.
- Mencoba Mengkomentari New Honda Cb150Verza
- Review Pemakaian Filter Udara Verza Non Genuine
- Bersihkan Thortle Body Verza Pakai Injector Cleaner
- Pengalaman Mengajak Teman Pakai Oli Sesat (HDEO/PCMO)
- Ganti Filter Udara Verza Dengan Busa Honda Grand
- Review Pemakaian Yamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
So verza memang motor
entry level atau bahasa sederhananya motor sport murah, harga Cuma 19-20 juta
rupiah fitur seadanya, tampang pas-pasan tapi soal bandel jangan di tanya,
bahkan di banding cb150r bahkan new vixion sekalipun verza masih yang paling
minim masalah, tak heran buat yang butuh motor sport tangguh, harga bersahabat,
nyaman lebih melirik ke verza dibanding new megapro atau byson.
Tidak hanya itu
sparepart verza tergolong terjangkau untuk ukuran motor sport dan sudah bejibun
di toko-toko sparepart, meski untuk slow
moving parts mau tidak mau juga harus inden, hehehe.
Untuk part fast moving sih tidak ada masalah baik
ketersediaan dan secara harga pun beda tipis dengan sparepart motor bebek dan
matic, seperti kampas rem, gear set, kampas kopling, plat kopling, bohlam
lampu.
Meski murah ada juga
beberapa part verza yang sebenarnya cukup atau bahkan tergolong mahal, tidak
semua sih tapi memang beberapa part memang kualitas tidak bisa kompromi,
untungnya saja sparepart itu tergolong slow
moving parts atau bisa juga dikatakan “jarang rusak” atau jika rusak pun
umur pakainya tergolong lama.
Apa saja sparepart/part
tersebut, yuk monggo di simak
Tangki
Bensin, kode part 17510K18
beda warna, beda harga |
Meski murah tangki
honda verza/cbverza berbentuk besar, tidak kurang tangkinya dapat memuat
sekiranya 12,2 Liter BBM. Dimensinya membulat agak bonet dibanding new magapro
atau megapro primus pun secara tampilan tangki verza lebih besar. Meski begitu
ketebalan platnya tidak lebih tebal dibanding motor sport honda sebelumnya
alias tipis.
meski tipis tapi..... |
Akan tetapi meski tipis
dan berdimensi besar harga part tangki bensin ini ternyata mahal brosis, jika
saat awal peluncuran dulu dibanderol 750 ribu rupiah, saat ini sudah mencapai
1,2 juta rupiah lebih !, entah apa yang membuatnya mahal, bahkan harga tangki
bensin verza lebih mahal 300 ribu dibandingkan cbr 250RR, hehehe.
Jadi saat ketemu rider
cbr250rr, bisa dibercandain
“itu harga tangki motormu tidak lebih mahal dari tangki motorku (verza) loh”
Tapi ingat tangkinya
doang loh, hehehe
Frame
Body/Rangka, kode part 50100K18900
Verza menganut rangka
model diamond yang sudah terkenal akan ketangguhannya, dan hal itu sudah
dibuktikan di motor sport honda sebelumnya seperti nmp,mp primus, tiger, gl
max, gl pro tentu saja di verza dengan sedikit improve pada bagian belakang
yang menungging. Kelemahan rangka ini Cuma 1 yaitu model yang menggunakan
rangka ini modelnya (desain) begitu-begitu saja alias kurang bisa di buat motor
model futuristis.
Tapi soal kekuatan
jangan di tanya, untuk membeli body frame ini harga yang di tebus kurang lebih
sekitar 1,3 juta , cukup terjangkau mengingat cb150r yang sering diterpa
masalah keropos/patah saja rangkanya mencapai 3,5 juta rupiah. Tapi saat beli
rangka tidak semudah beli part lain, karena menyangkut nomor rangka yang berhubungan dengan
surat-surat kendaraan.
Shock
Depan, kode part 51500K18911 (kiri) dan 51400K18911 (kanan)
Ini adalah bagian
paling mahal di verza yaitu shock depan, jika digabungkan kanan-kiri harganya
mencapai 1,55 juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk segitiga (triple
clamp) alias shocknya doang. Mahal bukan, tapi tenang berhubung diameter as
31mm bisa cari barang2 copotan yang dipasaran harganya mulai 800-1 juta
bergantung kondisi tentu bisa pakai punya motor honda lain seperti megapro
primus, tiger.
shock depan set, serius mahal |
Itu harga shock depan
set yang terdiri atas tabung shock (botom shock), as shock, seal shock, oil,
spring. Jika di beli per item (bagian) bisa.
Kruk
As, kode part 1331AK18900
Harga kruk as verza
masih tergolong terjangkau, dan sudah satu set dengan conrod-nya, akan tetapi
belum termasuk dengan bearing askruk. Cukup 770 ribu rupiah saja untuk menebus
as kruk honda verza, tapi tenang saja selama perawatan benar dan tangan kanan
sudah lulus sekolah, as kruk ini termasuk awet kok.
Jika dibandingkan motor
honda lain seperti mesin dohc square honda yang diameter strokenya sama, harga
as kruknya sekitar 1,8 juta, jadi punya verza termasuk murah kan.
Cylinder
Head, kode part 1220BK18900
Salah satu kompoenen
mesin verza paling mahal adalah cylinder head atau kepala silinder. Mengapa
mahal ? karena kepala silinder ini adalah rumah dari segala komponen lain
seperti noken as,klep, seal klep, lubang exhaust, lubang busi, rocker arm dan
masih banyak lainnya.
cylinder head, sama isi mahal, mending beli copotan |
Tidak heran harga part
ini mencapai hampir 1 juta lebih. Harga tersebut belum termasuk isinya loh ya,
jika komplit dengan isinya bisa menyentuh angka 2 juta rupiah. Jika ingin
alternatif banyak yang menjual kondisi bekas/copotan dengan harga 900-1,5 juta
itu sudah satu set dengan cylinder blok+piston.
Rumah
Kopling, kode part 22100KWF940
Sparepart ini tergolong
jarang rusak tapi dengan catatan jika merawat dan memakai kopling dengan benar.
Sering slip kopling alamat umur kopling house lebih pendek. Akan tetapi jika
dirawat dan digunakan dengan wajar dan benar 5 tahun atau bahkan bisa lebih
baru ganti. Sering kali banyak yang mengakalinya dengan mengganti karet nya
saja (di pantek).
Memang sih bisa tapi
gak akan bertahan lama, dan yang perlu diingat tidak ada produsen motor yang
menjual part karet kopling house, jika ada sudah pasti itu palsu atau part
aftermarket. Tidak terkecuali dengan kopling house verza yang harganya mencapai
760 ribuan.
Knalpot,
, kode part 18300K18900
Part ini termasuk
juarang sekali rusak, tapi seringnya dijual, hehehe, karena suaranya dianggap
kurang menggelegar, hehehe ya knalpot atau bahasa teknisnya muffler. Harganya merujuk katalog hgp
mencapai 1,2 juta rupiah, tapi knalpot ini termasuk jarang sekali rusak jika
bukan karena sebab seperti penyok, bocor, atau keropos itupun sebenarnya bisa
di repair.
knalpot, seringnya dijual daripada rusaknya, hehehe |
Tapi yang paling sering
yah di jual, apalagi ada yang jual knalpot verza 400 ribu itu sudah murah jika
membandingkan dengan harga barunya.
- Review Naik Kereta Api Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan
- Memilih Ukuran Ban Depan Honda Verza Yang Cocok
- Review 4 Tahun Umur Honda Verza
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
- Ganti Ban Belakang Honda Verza
- Mengenal Oli PCMO & HDEO Pertamina, Pilihan Untuk Sesat
- Review Pemakaian Oli Prima XP 10w-40 API SM
Velg
Palang Set Depan Belakang, kode part 42601K18902 (R) & 44601K18901 (F)
Sparepart ini juga
jarang sekali rusak tanpa suatu sebab, baru ketika mengalami accident
(kecelakaan) yang membuatnya pecah baru mau tidak mau harus diganti. Yap velg,
di verza ada 2 tipe spoke whell dan casting whell. Untuk velg cw verza banderol
harganya tergolong standart untuk motor sport yaitu 680 ribu belakang dan 600
ribu depan.
Konsolmeter,
kode part 37100K18941
Konsolmeter verza itu
minimalis, cuma ada speedometer, indikator N, lampu mill injeksi, lampu jauh,
bar bensin, odometer, dan tripmeter, tapi meski minimalis harganya lumayan
mencapai 675 ribu rupiah. Tapi tenang konsolmeter ini jarang trouble/ rusak.
konsolmeter, sederhana namun harganya |
Untuk sparepart atau
part (komponen) lain harganya termasuk wajar seperti shock belakang 1 set yang
harganya 500 ribuan, kunci kontak set 500 ribuan, dan speedometer yang mencapai
670 ribuan. Part lain banderol harganya masih amat sangat terjangkau menurut
saya untuk ukuran motor sport. Wajar kan motor sport murah harus tetap murah
sparepartnya. Tapi sparepart di atas saya cek adalah yang mahal-mahal dan
mungkin bisa menjadi referensi apabila dibutuhkan.
Semoga
bermanfaat
Untuk Sparepart Verza Lainnya Bisa Dilihat di Sini, Harganya di sini
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar