googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Impresi Pemakaian Oli Amsoil Diesel Oil (ADO) Turbo Truck di Honda Verza

Impresi Pemakaian Oli Amsoil Diesel Oil (ADO) Turbo Truck di Honda Verza


AMSOIL

Halo Brosis

Setelah membersihkan thortle body dengan semprot pakai injector cleaner dan hasilnya memuaskan lepas itu selang 2 hari saya putuskan ganti oli. Kenapa ? itu karena kotoran  bisa mengendap ke oli dan memperpendek atau merusak oli, memang efek tidak akan langsung terasa tapi demi kinerja oli yang maksimal memproteksi mesin, cari amannya ganti saja (mohon koreksi jika salah).

Jadinya saya harus merelakkan drain oli fastron techno yang baru berumur 2 bulan dengan jarak tempuh sekitar 2500-2800 pemakaian, agak sayang memang tapi ya mau gimana lagi. Setelah drain lalu saya putuskan upgrade oli ke yang sedikit lebih mahal dan secara spesifikasi lebih baik di banding pft, yaitu Amsoil Diesel Oil (ADO) Turbo Truck dengan viskositas 5w-40.
Amsoil ADO ini adalah oli HDEO atau oli diesel dengan viskositas 5w-40 dengan bahan dasar Synthetic (PAO+VHVI) dengan spesifikasi CK-4 yang merupakan API tertinggi untuk mesin diesel juga sudah API SN. Menurut data yang saya peroleh dari list oil suhu ldic ADO bisa digunakan sampai 25 ribu km/600 jam pemakian/2 tahun umur oli (mana yang tercapat lebih dulu) tentu dengan SDK berlaku.

Kenapa ADO
Kenapa pilih amsoil ?, sebenarnya saya bukan fans boy amsoil atau sejenisnya, tapi pertimbangan lain adalah rasa penasaran pingin upgrade dari pft yang selama 3 kali pemakaian sudah sesuai ekspektasi saya. And my next plan memang ingin coba viskositas yang beda dibanding oli sebelumnya yang saya pakai, sampai saya kerucutkan ada dua 10w-30 atau 5w-40, dan mengacu konsep upgrade saya pun memilih 5w-40, karena 10w-30 saya ubek2 spesifikasi olinya ya gitu-gitu saja yang ada di pasaran (Indonesia).

AMSOIL TURBO TRUCK DIESEL


Setelah visko yang saya pilih 5w-40 yang notabene lebih thick (lebar rentang viskonya) dibanding 10w-40, lalu lanjut ke pilihan merk oli. Rata-rata oli di viskositas ini harganya sudah di atas 100 ribu semua, hanya satu yang masih dibawah 100 ribu yaitu gulf formula G (80-85 ribuan). Setelah ubek2  membaca referensi, impresi, maupun review di grup facebook ldic akhirnya pilihan dikrucutkan ke 4 pilihan

Amsoil ADO
Mobil Delvac 1
Total Quartz 9000
Gulf Formula G

Setelah gundah-gulana menimbang sana-sini akhirnya saya krucutkan hanya 2 yaitu ADO dan MD1 dua oli hdeo, kemudian tengok2 harga ternyata ADO lebih murah 20 ribu. Sebenarnya yang membuat saya penasaran adalah bagaimana impresi berkendara pakai oli 5w-40 diesel di verza karena sebelumnya oli hdeo yang pernah saya pakai msx 15-40 yang sebenarnya Cuma 1 kelemahannya, butuh waktu agak lama, dan dengan hdeo 5w-40 harapan/ekspektasi saya bisa enak tanpa lama-lama, maklum waktu adalah uang, hehehe.

Impresi
Setelah drain pft sampai kira2 95% telah keluar, kemudian tuang ahmsoil , ya ini oli Cuma 946 ml, mengacu ukuran USA yang 1 quartz. Amankah di verza yang kapasitas olinya harusnya 1 liter (1000ml) ?, aman jaya batas kurang lebih sebenarnya 100 ml. Setelah tuang tutup dipstick dan stater bruumm.

Setelah 1000 km pemakaian dengan rute2 perkotaan panas dan hujan plus 2 minggu lalu secara “khusus” saya test mini touring ke TNBTS kira-kira impresinya sebagai berikut :

Suara mesin, sedikit lebih halus dibandingkan pft yang sebelumnya saya pakai baik saat stasioner maupun saat di rpm tinggi ADO lebih smooth dibanding oli2 sebelumnya yang pernah saya pakai, hanya saat stasioner/langsam yang bisa menyamai cuma msx.

Shifting, bisa dibilang inilah oli dengan shifting paling smooth yang pernah saya pakai, swear gak lebay memang nyatanya demikian adanya. Tidak ada gejala jglak/cklak saat shifting maupun turunkan gigi, bahkan saat pagi hari saat pertama di hidupkan langsung bejek masukkan gigi 1 Cuma bunyi “klik”, dipakai panas2 dingin2 pas touring pun tidak ada penurunan kehalusan saat oper gigi.

Temprature/suhu, berhubung verza Cuma air cooled alias angir semriwing tidak ada patokan untuk mengukur suhu, jadi kalau saya hanya begit kaki kanan kiri yang menempel di crnakcase kopling dan bak magnet yang merasakan, dan dibanding pft memang real lebih dingin. Dibawa sidoarjo-surabaya kaki pun nempel bak kopling masih anget2 teh.

Akselerasi, dalam kondisi diam akslerasi saat memakai ADO sama entengnya saat memakai oli 10w-30, dan sudah pasti lebih enteng dibanding oli 10-40 apalagi 15-40.

Top Speed, sama saja seperti saat memakai pft sebenarnya, saat saya pakai ke TNBTS rute bangil-pasuruan bisa menyentuh 120km/jam, hanya dengan ADO lebih cepat mencapai top speed tersebut dan mesin terasa lebih rileks.

Deselerasi, ini yang paling saya suka, di pft sebenarnya yang saya benci adalah engine break yang minim, ADO ini ada di tengah-tengah antara saat pakai mco dengan pft. Tidak minim seperti pft dan tidak maksi seperti mco, alias PAS lah kalau diumpamakan, efeknya jelas terasa pas macet tangan gak perlu tenaga lebih main kopling dan rem, alhasil lebih rileks.
Hanya kejadian kurang mengenakkan terjadi saat saya pakai menanjak ke arah bromo/tnbts via jalur Pasuruan, di tengah perjalanan motor mengalami loss kompresi yang harus memaksa saya berhenti kurang lebih 10 menit padahal dengan oli sebelumnya dengan rute yang sama saya belum pernah mengalami loss kompresi. Tapi setelah saya pancing dengan cara memasukkan 4 tetes oli melalui lubang busi mesin dapat nyala kembali.

Kalau saya mengira sih ini bukan dari oli, tapi dari sisa pakai injector cleaner yang menempel di bibir klep atau ring piston yang menyebabkan loss kompresi.
AMSOIL


Untuk ADO sendiri belum menemukan kekurangan fatal yang mengganggu saya, hanya setelah pemakaian 700 km, entah mengapa kok rasanya cenderung flat, jika di pft awalnya ora enak lalu selepas 800-1000 km enak, ADO ini seperti kebalikannya awalnya enak banget lalu setelah 900 km kok biasa2 saja, entah saya yang mati rasa, atau olinya memang begini adanya.
Tapi terlalu premature menilai oli 1000 km pemakaian, tapi setidaknya dalam tulisan ini saya bisa berbagi impresi, bisa saja 2000 km pemakaian, 3000 km pemakaian fell pmakaian bisa berubah. Apapun itu yang namanya impresi (kesan awal) sih terhadap pemakaian ADO ini sudah sesuai harapan, tinggal menunggu bisakah 5000-6000 km pemakaian di tuangan  pertama ini.

1000 km gak perlu cek dipstick, malu sama harganya, wkwkwk




4 komentar:

  1. Mobil Delvac mah biasa aja rasanya bro.. mungkin setara MSX tapi rentang pemakaian lebih lama MSX.. MD1 lewat 2000km dah berasa gatel pingin ganti

    BalasHapus
  2. ane dulu pemake oli diesel murah pertamina (msc) di verza,biasa ganti di bright oli mart (gratis jasa, tapi oli lbh mahal dikit)... tapi ntah knp smua bright olimart yg dekat rumah kok tutup smua apa bangkrut atau apa, alhasil jadi pake federal 10w 30 deh udh jalan hampir 2000 km... federal ini maksimal bgt berapa KM sebaiknya bjr ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. federal supreme xx? mungkin kisaran 2000-3000/3500, yap bright di daerah saya juga gak semua bertahan sampai sekarang mungkin cuma 1-2 lainnya kalah saing dengan bengkel/toko oli yang lebih dulu ada

      Hapus