googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Setahun Lebih Verza Tidak Servis, Banyak Masalahkah ?

Setahun Lebih Verza Tidak Servis, Banyak Masalahkah ?


HONDA CB150 VERZA

Halo Brosis

Beberapa waktu yang lalu saat asyik2 ganti oli motor teman, eh si teman saya nyeletuk “motor ku belum tak servis, kok ganti oli disek (dulu)”, seketika itu saya teringat si verza yang kebetulan berjejer di sebelah, eh ini motor kapan ya terakhir kali servis, hehehe swear saat itu saya memang lupa beneran kapan terakhir kali ke ahass buat sevis verza ya.

Setelah di telisik dan saat melihat bak kopling langsung saja mata saya tertuju di kabel kopling verza, dan tiba-tiba ingat oh iya ternyata pas sekalian ganti kabel kopling dulu ya,eh tapi kapan ya. Setelah urusan ganti oli motor teman kelar, iseng2 saya mencari post “ganti kabel kopling verza” karena saya ingat waktu itu juga saya post dalam postingan ini, jadi tanggal dan waktu tepatnya gak jauh lah dari pas saya posting artikel tersebut, dan ternyata Oktober 2016, wtf 2016 !.
Berarti ketika saya tulis artikel ini kurang lebih sudah 15 bulan terakhir kali saya servis si verza, dan ini adalah interval waktu terlama saya nggak servis verza. Memang kalau servis mesin verza saya masih percaya di ahass, gak muluk2 kok paling bersihkan thortle body, reset injeksi, dan stell klep dan rantai kamrat 4 hal yang memang saya kurang bisa/mahir untuk saya lakukan, urusan item lain macam seperti ganti oli, cek ketegangan rantai, lampu-lampu, cek pengereman, cek busi, cek suspensi itu saya anggap bonus toh untuk urusan sepele seperti itu sejak jaman naik jupiter mx sudah saya lakukan sendiri.


Setelah saya kalkulasi berdasarkan odometer kurang lebih sudah 19 ribuan km saya jalan tanpa sekalipun saya servis alias dalam rentang waktu tersebut HANYA “thortle body, ketegangan rantai kamrat, reset injeksi, dan setelan klep yang tidak tersentuh perawatan”. Akan tetepi untuk yang lainnya seperti ganti kampas kopling,ganti busi, ganti filter udara, ganti oli, ganti bearing roda, ganti gear set, ganti ban tetap dirawat dan diganti jika sudah mengalami keausan dan beberapa saya lakukan sendiri ataupun saya serahkan bengkel non ahass langganan saya.

Lantas, setelah setahun lebih tidak servis bagaimana impresi yang dirasakan, cekidots

Susah Langsam
Ya susah langsam, itulah yang saya rasakan saat verza jarang di servis, apalagi saat pagi hari ketika mesin baru pertama kali dinyalakan, langsam mesin terlihat kecil jadi kalau tidak di gas secara sedikit demi sedikit akan mati. Memang verza belum dilengkapi sensor idle up atau sensor stasioner dimana sensor ini sudah ada di honda cb150r old sekalipun.

yakin, mesinnya tangguh

Baru di honda crf 150 L sensor stasioner ini di sematkan, dan kemungkinan akan di sematkan juga di next honda verza terbaru. Sulit langsamnya di pagi hari ini saya indikasikan dari thortle body yang kotor atau bisa juga ruang bakar yang memang berkerak kotor karena sisa pembakaran.

Akan tetapi gejala sulit langsam ini hanya menghinggapi saat pagi hari atau saat mesin dingin, setelah dipanasi 1-2 menit atau suhu mesin hangat pun verza sudah langsam dengan sendirinya. Apakah ini masalah ? jelas bagi orang yang peka dan sensitif termasuk masalah, tapi bagi saya masih dalam batas wajar.

Itu saja kalau menurut saya berdasarkan apa yang saya rasakan dan alami, yap hanya masalah langsam saja gak lebih. 

Ini menandakan mesin verza bukan gen mesin manja yang haus belaian eh perawatan rutin, asal volume oli mesin terjaga ketinggiannya verza tinggal gas saja. ibarat gadis desa verza siap diajak susah, tapi jarang servis bukan berarti nggak dirawat loh ya kalau itu beda lagi ceritanya.



  

1 komentar:

  1. sy jg klo lama gak servis jd langsam nya susah pas pagi... dan gak kalah lama waktu tdk servisnya mungkin sdh 1.5 tahun hahahaha

    BalasHapus