Halo Brosis
Setelah setahun lebih
verza tidak tersentuh tangan2 mekanik bengkel, timbul rasa yang mengganggu
yaitu susah langsam di pagi hari seperti yang saya sebutkan di postingan
sebelumnya. Memang secara pemakaian gak akan pengaruh banyak, kan tingga panasi
doang dan hanya saat mesin dingin pagi hari saja.
Tapi saya yang notabene
sekarang ogah motor rewel dikit pun nyatanya timbul rasa kurang nyaman, lah gak
gimana kalau hidupin motor pas pagi hari harus nunggu 30-1 menit untuk mendapat
langsam mesin, sesuatu yang bukan zaman now banget. Sebenarnya penyebabnya
adalah thortle body yang kotor karena tidak pernah dibersihkan hampir 20 ribu km
adalah penyebabnya, jadinya pasokan udara sedikit terganngu, belum lagi verza
belum ada sensor idle stationer.
- Review prima xp 10w-40
- Review PertaminaFastron Techno
- Review Pemakaian XiaomiRedmi Note 4
- Review 4 Tahun HondaVerza
- Review Deltalube Daily757
- Review Evercoss GenproX
- Review Kereta ApiBisnis Gumarang
- Review Kereta Api GayaBaru Malam Selatan
- Review Jaket Corvus,Murah Tapi Matching
- Review Final Gear 15-41di Honda Verza
Tapi bukan bikers
namana kalau hanya ngeluh, mau ngelinding motor ke bengkel kok ya nanggung, dan
seketika saya pun teringat injector cleaner yang saya beli di supermarket
beberapa waktu yang lalu. Ya kebetulan akhir Januari lalu saat ada perlu ke
hypermart eh tanpa sengaja main-main ke rak otomotif kebetulan ada diskon,
langsung dah borong-borong, hehehe.
Value Plus
Yap merknya seperti
yang saya sebutkan di atas, saya beli seharga 14 ribu rupiah, itu sudah diskon
dari harga sebelumnya yang mencapai 40 ribu rupiah. Kemasan botol kaleng 300 ml
dengan ujung spray (penyemprot) tak lupa ada selongsong selang kecil untuk
menjangkau bagian terdalam. Merknya terdengar asing di telinga dan nggak
setenar STP, Prestone, Aspira atau merk lain, wajarlah merk lokal baru mungkin.
value plus |
Diproduksi oleh PT Dwi
Prima Rezeky fungsinya cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan bagian
injector system mesin kendaraan dari varnish, carbon, endapan carbon yang
menyumbat inection system dengan cepat tanpa mempengaruhi sensor
mesin/injection sehingga injection system berfungsi dengan baik.
Cara penggunaanya
seperti yang tertera di kemasan adalah sebagai berikut :
- Buka
saluran filter kendaraan anda
- Nylakan
kendaraan tunggu sampai 5 menit hingga mesin hangat/panas
- Setelah
itu semprotkan ke bagian injection dengan posisi kaleng tegak vertikal,
pada saat bersamaan tarik/tekan pedal gas
- Ulangi
penyemprotan sampai mendapat hasil yang maksimal
So daripada kelamaan
langsung dah kerjakan
Di Verza begini caranya
Panasi mesin kurang
lebih 5 menit.
- Buka
cover tengah body bawah tangki yang berupa plastik bewarna hitam, tapi
ingat Cuma sisi kanan saja, cara bukanya buka 3 baut + yang ada di tengah,
sisi jok dan sisi bawah (vertikal), kemudian tarik lepas.
- Kemudian
kendorkan klem box filter dengan thortle body, kendorkan klem dan tarik
klem ke belakang lalu tekan karet manifold ke arah dalam. Manifold yang
menghubungkan Thortle body dengan box filter bahannya karet jadi elastis.
- Kocok
kaleng injector cleaner dan sambung selang kecil ke spray. Kemudian dalam
keadaan mesin menyala semprotkan langsung ke injector cleaner, ingat saat
menyemprot dibarengi dengan menarik grip gas secara bersamaan saat
menyemprot injector cleaner ke TB.
- Ulangi
berkali-kali untuk mendapat hasil yang maksimal. Saya semprot sebanyak 6
kali.
- Jika di rasa cukup pasang kembali karet manifold seperti semula.
Saat penyemprotan
injector cleaner akan masuk ke thortle body dan langsung ke dalam mesin,
alhasil saat menyemprot dari knalpot akan muncul asap hitam dan putih pertanda
kerak ikut terbakar dan keluar. Ini sedikit berbeda dari instruksi cara
pemakaian, hal tersebut karena jika menyemprot lewat box filter udara tidak memungkinkan
dalam kondisi kaleng tegak vertikal, jadi cara yang memungkinkan adalah
langsung ke thortle body.
imbangi dengan tarik gas |
Impresi
So impresinya setelah
semprot injector cleaner ke thortle body adalah
- Gas
lebih enteng
- Lebih
mudah dan cepat stationer
Yap hanya 2 hal itu yang
saya rasakan efeknya secaa langsung, gas lebih enteng mungkin dikarenakan
kotoran di thortle body sedikit/ banyak
berkurang begitu juga stasioner/langsam mesin di pagi hari lebih mudah
dan cepat, cukup stater 10 detik an paling sudah stasioner, dan pada
kesimpulannya hasilnya lumayan memuaskan.
- Ganti Ban Aspira AT701
- Pemakaian YamalubeCarbon Cleaner di Honda Verza
- Sparepart SubstitusiHonda Verza
- Ganti Aki FederalQuantum
- Substitusi Filter OliYamaha, Pakai Punya Suzuki
- Volume Oli Gardan MotorMatic
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Gak Suka Modif, MendingUpgrade Part Ini
- Ban Tubeless, HarusnyaJadi Standar motor Zaman Now
So cara ini mungkin
bisa dicoba, tapi jangan berharap bisa membersihkan sampai 100%, karena
injector cleaner model semprot tidak akan semaksimal dengan cara lain semisal
digurah (dilepas thortle body/injectornya dan dibersihkan). Tapi dengan cara
ahass model semprot mah bisa dikata sama, toh saat saya servis di ahass
biasanya ambil paket komplit dengan jasa bersihkan thortle body pun dengan
model semprot sama seperti yang saya lakukan.
Bedanya, mungkin kalau
di ahass untuk semprot thortle body (sama2 pakai model kaleng tapi beda merk)
bayar 20-25 ribu , kalau yang saya lakukan cukup 15 ribu itupun 6 x semprot ,
dan di kaleng masih sisa banyak, inilah keuntungan do it yourself belajar
sekaligus berhemat, hehehe. Tapi jangan lupa setelah semprot thortle body wajib
ganti oli.
Semoga bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar