Halo
Brosis
Tangki bbm di motor
sport merupakan komponen atau part yang rawan sebenarnya, berbeda dengan matic
atau bebek yang ada di bawah jok dan tertutup terlindungi tangki motor sport
ada di atas dan merupakan bagian dari garis body motor secara keseluruhan.
Mengapa saya sebut rawan, itu karena
tanpa perlindungan apapaun tangki motor sport
terpapar panas matahari, hujan ya kena hujan tak jarang pula saat crash
pun resiko tangki rusak pun besar dibanding motor yang tangkinya ada di bawah
jok atau dek depan.
- daftar substitusi sparepart honda verza
- ukuran ban depan yang cocok untuk honda verza
- review oli pertamina fastron techno di honda verza
- review 4 tahun honda verza
- mencoba mengkomentari honda cb150verza
- filter udara verza non original
- impresi pakai filter udara busa di honda verza
- ganti kampas kopling verza pakai punya gl series
- ganti bosh arm honda verza
Begitu juga dengan
verza, lagi-lagi verza, hehehe harap maklum memang motor sendiri paling enak
buat dijadikan bahan tulisan. Tangki verza tergolong lumayan besar, bukan yang
paling besar memang tapi untuk ukruan sport (murah) 150 cc dapat memuat 12
liter bbm tergolong besar, apalagi secara bentuk tangki verza gak kecil.
Dimensinya mengikuti
garis body tengah agak pipih di belakang, dan membulat bagian depannya. Tebal
plat tangki khas motor sport honda paling tipis dibanding pabrikan lain bahkan
di banding motor non Jepang seperti tvs atau bajaj soal ketebalan plat tangki
ahm pasti kalah.
mengelupas (lingkaran kuning) |
Selama 5 tahun sejak
diluncurkan 2013 silam sebenarnya verza cukup sedikit yang mengalamai masalah
tangki bocor, memang secara konstruksi ahm sepertinya sudah belajar dari gen
megapro primus dan tiger revo, yang kerap bermasalah di tangki yang bocor
selang 2-3 tahun pemakaian.
Akan tetapi meski
begitu bukannya verza bebas masalah tangki bocor loh, kali ini bocornya verza
bukan di bagian cekungan bawah seperti kebanyakan di megapro primus dan tiger
revo, akan tetapi di bagian lain, yaitu bagian ujung belakang tangki yang
bersentuhan dengan jok tempat duduk.
Rawan
Lecet dan Berpotensi bocor
Sebenarnya sejak beli
verza 4 tahun lalu 6 bulan berselang, saya baru sadar akan potensi masalah di
tangki verza, saat itu sudah saya lapisi, dan baru saat ini saya bahas dalam
postingan blog.
Ya bagian rawan tangki
verza ada pada bagian belakang yang bersentuhan dengan jok. Lebih tepatpnya
bukan bagian landai atau horizontal, akan tetapi bagian yang agak miring persis
yang bersentuhan dengan shape jok depan pada bagian tangki verza di sisi
cekungan.
Pada bagian ini
sebenarnya yang sedikit membuat tampilan body tengah verza lumayan mengalir dan
enak dilihat yaitu sambungan tangki dengan jok, berbeda dengan gen motor sport
honda sebelumnya yang terkesan ada celah, akan tetapi sejak generasi old cb dan
verza kesan itu dirubah seolah-olah jok motor memeluk tangki sehingga garis
desain dari depan sampai belakang terlihat mengalir dan singkron.
tulang jok bagian shape depan tajam dan keras |
Pada honda verza bagian
cekungan yang dipeluk jok tersebut sebenarnya tidak masalah, akan tetapi
masalah timbul saat pada bagian jok di ujung yang menempel pada tangki
konstruksi atau kawat jok bahannya keras, sehingga bisa menyebabkan goresan
yang lama kelamaan bisa mengikis tangki motor, akibatnya jika terus menerus
dibiarkan cat tangki bagian tersebut akan tergores, setelah itu berpotensi
untuk merobek plat tangki.
Solusi
Solusi sederhana adalah
dengan melapisi bagian tangki yang bersinggungan dengan jok tersebut dengan
scotleet (skotlet).
- Pertama
lap pada bagian yang bersinggungan dengan jok sampai bersih,
- Potong
kecil kertas skotlet seukuran 15x10 cm, sebaiknya warna kertas di sesuaikan
dengan warna tangki motor.
- Kemudian
potong sesuai cekungan area yang bersinggungan dengan ujung jok, sebaiknya
tutupi sirama shape tangki yang menempel di jok, pada bagian ini agak
sulit menempel rata 100%, bisa dibantu dengan digosok pakai kuku jari atau
koin pada bagian cekungan agar skotlet menempel sempurna
- Setelah
menempel lapisi sampai 3-4kali karena lama-kelamaan kertas akan sobek jika
hanya 1 lapis (saya sebelumnya 3 lapis ,2,5 tahun pemakaian baru sobek).
- Pada bagian yang landai seperti sekitar baut pengunci rangka ke tangki juga sekalian di lapisi, bagian ini cukup 2 lapis saja.
Tingkat kerapian
bergantung skill yang pasang, hehehe , jika tidak ingin repot bisa serahkan ke
tukang skotlet saja palingan 10-15 ribu rupiah, kalau pingin DIY ya tinggal
beli skotlet 1Mx45 cm Cuma 20 ribu rupiah.
Di verza saya lapisan 3,5 tahun lalu baru sobek di akhir tahun lalu dan
2 bulan saya biarkan mengakibatkan sisi yang bersinggungan dengan jok menjadi
sobek catnya.
Selain untuk melindungi
dari gesekan skotlet tersebut juga agar terhindar dari air yang terjebak ketika
kena hujan, yang juga berpotensi menimbulkan karat, karena dengan lapisan
skotlet jadi anti air, yang perlu diperhatikan adalah pemasangan yang presisi
agar tidak ada udara yang terjebak yang menjadikannya malah mudah sobek.
Semoga
Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar