googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Reparasi Kaca Spion Motor, Cukup Ceban

Reparasi Kaca Spion Motor, Cukup Ceban

spion honda verza
spion di posisi terluar dari motor

Halo Brosis

Kurang lebih setahun sudah saya memakai spion honda beat di honda verza, tentu saja hal tersebut bukan tanpa sebab, melainkan karena musibah pecahnya kaca spion original bawaan motor ya saat itu mau tak mau ya ganti satu set dengan memakai punya motor lain, mengingat spion motor termasuk slow moving parts, 80% toko bengkel resmi pasti inden.

Impresi pakai spion beat pun sudah saya tulis di postingan ini, overall setahun pakai sih nggak ada masalah karena tangkai vertikal spion ini cenderung panjang itu mengakibatkan spion motor bukan menjadi bagian motor yang paling lebar yang efeknya lebih lincah untuk selap-selip.


Akan tetapi tentu secara visibilitas spion bawaan verza lebih baik karena dimensinya lebih lebar dan kacanya lebih luas sangat nyaman dan berguna untuk lihat kanan kiri ke belakang. Belum lagi saat menggunakan spion bawaan setidaknya menurut saya itu lebih mawas karena bagian paling lebar dari motor adalah spion jadi bisa dijadikan indikator saat selap-selip di kemacetan.


Repair kacanya doang
Ya spion yang kacanya pecah sisi kiri pastinya masih saya simpan, dan beberapa minggu yang lalu ada inisiatif untuk memasang kembali. Loh kok spion gak ada kacanya dipasang, tenang dulu brosis karena tukang repair spion bisa mengakalinya. Oh iya spio verza dengan kode part  ini saat saya cek ke ahass langganan sesuai prediksi harus “inden” harga 56 ribu untuk satu sisi spion.

Maka langsung meluncurlah saya ke sekitar pasar gembong surabaya, dan akhirnya nemu tukang spion, saat saya tanya

“bisa masang spion kae (ini) ?” sambil menunjukkan spion kiri verza yang nggak ada kacanya

“iso (bisa) mas” seraya meminta spion yang saya bawa untuk mencocokan dengan lempengan kaca, dan ternyata cocook, “Untuk iki cocok mas, kiri 10 ewu mas (kiri 10 ribu mas)” lanjutnya langsung matok tarif

dipanaskan dahulu


“oke, pasang” yakin saya, oh Cuma ceban (10 ribu)

Proses pasangnya pun tanpa ribet, pertama panaskan body rumah tempat kaca spion di atas kertas yang di bakar, lalu masukkan kaca secara perlahan, tekan sedikit dan terpasang sempurna, finisihing terakhir tentu rapatkan ulir pengencang pegangan kaca spion yang ada di sisi belakang, dan selesai.



Setelah sampai rumah saya bersihkan body dan kaca spion dengan pasta wax, lalu lepas spion beat dan pasang spion genuine verza. Hasilnya top markotop kembali seperti sedia kala visibilitas ke belakang maksimal riding pun nyaman. Sebenarnya banyak saran untuk mengganti menggunakan spion kecil, saat saya tanya “buat apa pasang spion kecil” jawabnya biar enak pas nyelap-nyelip, dan gak gesrek kendaraan lain, hmmm, iya juga sih tapi.


Menurut saya spion kendaraan dari pabrikan sudah di desain sedemikian rupa bukan tanpa sebab, nyaman selap-selip di kemacetan tapi visibilitas ke belakang tergadaikan, toh dengan spion standar saya sudah cukup nyaman, bagi saya spion standart bawaan motor itu indikator untuk tetap mawas diri bagaimana berkendara di jalan, dan tetap lincah selap-selip di kemacetan dengan spion standart tanpa tekuk-tekuk itu lebih keren dibanding pakai spion kecil mungil atau yang tanpa spion, hehehe

Semoga Bermanfaat



4 komentar:

  1. Ini bisa untuk spion varyasi gak gan?

    BalasHapus
  2. Halo bang. Tempatnya di gembong sebelah mana ya? Kira2 jam berapa itu bapaknya buka? Thanks.

    BalasHapus