Halo Brosis
Honda verza tentu bukan
motor tua yang puluhan tahun melintang di jalanan Indonesia, tetapi masih
tergolong masih remaja kemarin sore yang baru beredar kurang lebih 5 tahunan.
Mengusung engine 150 cc SOHC nyatanya motor sport ini menjadi alternatif di
bawah 20 juta, karena rata-rata pabrikan Jepang saat ini sudah bermain di harga
yang lebih tinggi.
Memang secara angka
total penjualan masih dibawah sport 150 cc lainnya seperti vixion dan cb
series, tapi perlahan namun pasti angka penjualan verza tetap konsisten tiap
bulannya tak ayal saat ini menjadi motor yang cukup sering ditemui di jalan.
Tampang dan teknologi yang diusung sebenarnya sederhana khas motor sport murah
tapi bagi yang tidak menuntut peforma dan fitur lebih verza kini menjadi
pilihan yang menarik.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Sparepartnya pun
berlimpah karena sebagian besar juga bisa comot sparepart motor lain alias
substitusi, terkecuali sasis an body yang memang berbeda dan tidak ada yang
sama, tapi sejauh 5 tahun beredar dan berkat bongkar DIY (do it yourself) akhirnya
saya berhasil mengumpulkan beberapa sparepart yang bisa di substitusi di honda
verza.
Apa saja , mari berikut
disimak:
Disk Pad Depan. Kode
KPP sama dengan CBR 150 thailand jika mau peforma yang lebih tapi ya berbanding
lurus dengan harga, hehehe
Kampas Rem Belakang,
kode part bawaan verza KGA, bisa disubstitusi pakai punya PCX dengan kode KWN,
peforma sedikit lebih baik karena profil kampas rem pcx sedikit lebih tebal.
Bohlam lampu depan,
tipe bohlam lampu depan verza bertipe halogen HS1 35 W kaki 3, bisa substitusi
pakai punya New vixion dan yamaha byson karbu.
Bohlam lampu belakang,
bisa substitusi pakai punya suzuki dengan daya yang sama yakni 5w 12 volt , harga lebih
murah
Seal Shock depan, bisa
pakai punya tiger dengan kode KGA lebih kuat, bisa juga pakai GL KC5 tapi
better KGA atau KYE (verza).
Aki, bawaan verza ytz5s
3.5 ampere alias sama dengan punya beat, dan bebek honda lainnya macam
supra,
revo, karisma.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Kampas Kopling, kampas kopling verza bisa substitusi pakai
honda GL, dengan model kaki 8, bisa
pakai punya GL series, Kawasaki Kx85, Yamaha New Vixion. Yang harus
diperhatikan hanya jumlah kaki 8 buah.
Per Kopling, per
kopling verza sebenarnya sudah mumpuni karena sama dengan punya new megapro
yang tekanannya pas, tapi jika sulit di dapat bisa pakai punya tiger atau smash
yang berprofil lebih keras.
Gear Depan, bisa pakai
GL 100, GL pro, atau CB150R
Gear Belakang, gear
belakang motor sport honda dibawah 250 cc bisa saling substitusi
Rantai, rantai bawaan
verza ukuran 428 bertipe H, tipe H plat lebih tebal dibandingkan 428 biasa,
yang harus diperhatikan adalah panjangnya/ mata rantai. Dengan gear standart
14-41 panjang rantai adalah 124 mata solusi paling mudah dan terjangkau pakai
punya scorpio atau suzuki satria 120 R (bukan FU) yang keduanya memiliki
panjang 128 mata, jadi bisa leluasa menyesuaikan jika ingin upgrade final gear
mau lebih berat atau lebih ringan panjang rantai tinggal disesuaikan dengan
cara di potong (note , untuk keamanan potong rantai dalam kondisi rantai baru).
Gear Set, buat yang gak
mau repot substitusi gear set verza bisa memakai punya new megapro, tinggal PNP
tanpa rubah apapun termasuk potong rantai.
Bearing Nedle, biasa
dikenal bosh arm tapi sebenarnya yang cukup diganti hanya nedle arm, harga 25
ribu, punya verza sama dengan new megapro, cb150 bisa saling substitusi.
Karet dudukan gear,
0410-KSP-900 adalah kode part karet dudukan gear verza part ini made in
Thailand alias masih impor, bisa substitusi pakai punya New Megapro / Cb150R
dengan kode 41241-KSP-900 yang produksi Indonesia harga selisih 20 ribu lebih
murah.
Oli, pilihan oli verza
sebenarnya banyak tapi recomend pakai SAE 10w-40 jika ingin yang lebih kental
dari bawaan 10w-30, bisa pakai 15w-40 atau 20w-50, maupun 15w-50 tapi
akselerasi lebih berat (karena lebih kental). Untuk dalam kota maupun touring
lebih nyaman pakai 10w-40 untuk merk bebas terserah kalau saya PertaminaFastron Techno atau jika kemahalan bisa pakai Prima Xp 10w-40.
Untuk part verza yang
lainya tidak bisa substitusi, di satu sisi part2 lain ada juga yang sama
seperti kabel kopling sama dengan New Megapro, Piston Klep juga sama dengan new
megapro, tensioner, rantai kamrat dll.
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
untuk part velg verza berarti gak bisa langsung subtitusi ke megapro primus yah..
BalasHapusini substitusi part verza, bukakn substitusi part buat megapro primus
BalasHapusMantap soul!
BalasHapusVerza memang paling irit di kelasnya, mulai dari BBM sampai perawatan dan spare parts pun mudah!
Masbro, tukeran link blog yuk!
Nanti ane embed link masbro di blog ane, begitupun sebaliknya.
bang brow saya butuh pencerahan nih, rencana bulan depan tu saya mau ganti ban verza saya 1set depan ma blakang ma merk aspira premio sportivo, untuk ban blakang dh nemu ukuran yg cocok 110/80-17, nah permasalahanya ada di ban depan, ban depan tu ada 3 pilhan ukuran yg buat saya bingung 80/90,90/90, ma 90/80(rear only), klo saya pakai ukuran 80/90 kira2 kelihatan cungkring/rendah g?, klo saya pakai ukuran 90/90 kebesaran g? soalnya ukuran velg depan cma 1.85, nah klo saya pakai 90/80(rear only) kira2 bahaya g?takutnya licin, soalnya aspira premio sportivo antara depan belakang beda kebangan,maaf klo kepanjangan
BalasHapusban belakang tepat ukuran 110/80, untuk ban depan
Hapus80/90, kelihatan cungkring iya (saya pakai ukuran ini sekarang soalnya), tapi lebih lebih rendah nggak juga, jadi ban ini cungkring tapi tinggi. enaknya dipakai manuver lincah, tapi untuk cornering gak senyaman 90/80.
90/80, kalau ini paling pas menurut saya, pernah pakai soalnya fdr genzi pro, handling stabil, cornering oke, grip melimpah (lebar), tapi untuk jalan mix (ancur) gak seenak 80/90/
90/90, belum pernah pakai, tapi melihat rasio velg dan ban pakai ban ini tampaknya akan berada di antara 80/90 - 90/80
jadi yang mana ? kalau menurut saya 90/80 paling PAS
kalau pakai 90/80 rear only bahaya ?
ban depan di desain untuk handling dan manuver motor, sedang belakang untuk tumpuan beban. meskipun pada kenyataannya DULU nggak ada istilah ban rear only front only alias sama saja, jadi amankah ? kalau dibilang sih aman2 saja tapi gak akan senyaman peruntukkannya. Malah saya pernah pakai ban michelin pilot street 110/70 front use only saya pasang di roda belakang verza, hasilnya ? gak masalah, hampir setahun pakai grip melimpah, stabil, dan gak pernah tambah angin (hanya saya ganti gak betah karena profilnya ceper.
so kalaupun terpaksa pakai aspira rear use only 90/80 aman2 saja, meskipun di luar sana masih banyak kok pilihan 90/80 yang nggak ada peruntukan/embel2 front/rear use only. pakai ban beda merk ? gak masalah (malah sering saya lakukan) dari irc-fdr,michelin-fdr,sekarang irc-corsa dan gak ada masalah.Kalau ada yang statement "gak maksimal karena beda merk lebih sesuai pakai satu merk depan belakang" ehhm itu sih lebih ke arah marketing, toh ini bukan motor buat balap tapi harian.
maaf kalau jawabannya kepanjangan, hehehe
semoga bermanfaat
siiiippp....sangat membantu penjelasanya.....
Hapusgear set merk NPP kyknya paling murah di online, apakah gak bisa langsung pasang aja atau ada ritual lain dulu ?
BalasHapusBang kalau as shock depan verza bisa subtitusi ga ya?
BalasHapusPunya ane kudu ganti kayaknya ada rembesan gitu
bisa pakai punya sport honda lain sama 31mm
HapusKalo tromol verza depan belakang subtitusi apa aja?
BalasHapusBang ngomong" soal gear nih. Ane mau beli gear ori verza kemahalan. Kira" kalau pake gear set supra x 125 motor bebek honda apa bisa susbtitusi? Tanpa rantai soalnya jelas kependekan. Cuma gear belakang aja kira" pnp gak ya di verza? Gpp meskipun mata 36. Mohon di balas gan.. terimakasih
BalasHapusbeda lubang dudukan, motor honda baik gear depan belakang ada dua jenis
Hapusuntuk bebek
untuk sport (maksimal tiger)
kalo untuk bebek ya substitusi punya bebek sama semua bisa saling tukar
begitu juga sport, seperti verza pakai punya motor sport honda lain (kecuali cbr 250) sama bisa saling substitusi,
lantas kalau pakai gear mata 36 di verza pakai punya apa ?
inilah kelebihan honda, bilang saja di toko sparepart "gear belakang GL uk 36" cuma ya gak ada merk honda (hgp) adanya variasi,
jangankan uk 36, ukuran kecil 30 mata pun ada biasanya gear belakang mata kecil begini biasa dipakai herek cb/gl dan sejenisnya
Bang tanya nih..
BalasHapusKalo untuk Seher Mau OS baiknya pakai yg Ori atau Pakai punya Thunder.
Soalnya ada yg nyaranin pake punya Thunder karena lebih kuat dan tahan lama...apa benar ? Thanks
itu motor mau buat gimana dulu gan, kalau std harian ya mending pakai oversize bawaan verza,
Hapusbaru kalau agan misalnya kohar super hemat pakai punya thunder karena lebih jenong dan kompresi bisa lebih padat itupun dengan merk aftermarket seperti NPR,NPP,Riko,FIM karena ada oversize sampai 300 sekalipun, (merk SGP gak ada oversize lebih dari 100, kalaupun ada yang jual pasti palsu)
,kalau soal kualitas sepertinya sama saja kalau harganya gak beda jauh yang penting tukang bubut/korternya bagus dan pas pasti hasil mantap
Bang mau tanya, untuk karet damper/karet ronsel verza, megapro dan GL itu sama tidak?
BalasHapuskaret rumah kopling ?
HapusMegapro primus, Tiger, GLPro sama
Bang mau tanya ukuran shock belakang verza itu berapa yaa, 320mm/340mm ya, soalnya mau saya ganti pake punya primus kalo ndak salah 280mm ya bang, lebih pendek??
BalasHapusBang mau tanya kalo kampas rem belakang verza selain pakai PCX pakai GL/Mega/tiger sama kah ? sekalian untuk bendik stater subtitusi nya pakai merk apa yaa ?
BalasHapuspake mp mono, bendix verza, old cb150, new megapro sama bisa saling substitusi
BalasHapus