Halo Brosis
Bagi pengguna motor,
modif bukan ritual wajib yang dilakukan, karena pada dasarnya tidak semua orang
suka modif. Tapi di tangan orang yang suka modif menghabiskan uang sampai
jutaan bukanlah hal yang tabu ya namanya juga “hobby” mau apa lagi. Tapi kalau
ada yang bilang gak modif gak gaul itu mah alasan untuk menghibur diri saja,
toh karena pada dasarnya memang tidak semua orang expert atau suka modif.
Tampil beda adalah
alasan utama orang memodif motornya, entah itu sektor tampilan dengan mengubah
cat dan pernak-pernik sebagainya, atau bahkan sektor jeroan alias mesin
kebanyakan sih upgrade mesin karena kurang puas dengan peforma standart bawaan
motor. Ada lagi aliran modif protolan atau asal melepas entah itu body motor
dan sebagainya, kala itu saya lebih pas menyebutnya “modif kenthir” karena asal
copot dikata modif, hadeeh.
Parahnya orang yang gak suka modif dianggap tidak berduit, sedangkan yang modif motornya dianggap berduit, what the fuck
Tapi bagi bikers aliran
yang fungsionalis seperti saya upgrade
beberapa part motor sejatinya lebih memiliki efort atau manfaat lebih dari hanya sekadar copot body sana-sini,
ganti warna, atau main bore up plus stroke up. Ya karena prinsip saya motor
harus fungsional istilahnya motor
harus menuruti kemauan saya BUKAN saya menuruti kemauan motor karena “ulah”
saya.
Setidaknya mengganti
beberapa parts yang lebih baik lebih mudah dirasakan secara langsung, apa saja
berikut diantaranya :
Ban,
ban motor standart pabrikan atau bawaan motor sering kali terkesan apa adanya,
tidak pandang motor berharga belasan sampai puluhan juta rupiah, pasti ban yang
di pakai ya itu2 saja. Itu-itu saja maksudnya ya peforma ban terasa “cukup”
tidak lebih, bahkan beberapa terkesan kurang. Ya wajar saja wong pabrikan
prinsipnya kan “terjangkau”, seperti contoh pilihan ban 130-140 /70 di motor
sport paling IRC RX-01 alias Road Winner bahkan motor harganya 20 jutaan
seperti byson ban yang dipakai tipenya sama dengan motor seharga 50-60 jutaan cuma
beda ukuran yang setingkat lebih lebar.
ganti ban tingkatkan grip & riding experience |
Ganti ban adalah solusi
sederhana meningkatkan riding experience
agar lebih berkualitas tentu dengan catatan ganti yang lebih bagus, karena
sejatinya “harga gak pernah bohong”. Ganti ban yang lebih baik pasti grip ban
ke jalan akan lebih baik lebih stabil, sehingga rider pd dalam melakukan
manuver.
Ganti
Oli,
sama halnya seperti ban demikian juga dengan oli, pabrikan sebenarnya
merekomendasikan oli buatan mereka (biasanya rebranding) untuk digunakan ya
namanya produsen tentu akan memanfaatkan konsumen untuk memakai produk mereka juga
toh istilahnya “mengikat” konsumen. Tapi lagi-lagi seperti halnya ban, oli merk
pabrikan sering kali memberikan peforma yang terkesan “cukup” saja, padahal di
pasaran banyak oli yang bisa mengeluarkan peforma terbaik motor anda.
pakai oli yang lebih enak & tahan lama |
Tidak perlu muluk2 ganti
oli paling mahal, karena prinsip oli yang mempunyai masa pakai yang penting
“konsisten pakai” syukur-syukur pilih oli yang lebih enak dan tahan lama tapi
harga tidak selisih jauh dibanding oli pabrikan. Seperti Pertamina FastronTechno misalnya.
Suspensi,
ini juga bisa menjadi salah satu meningkatkan kestabilan motor yaitu mengganti
suspensi motor. Bukan karena suspensi bawaan motor jelek, tapi banyak suspensi
aftermarket di pasaran yang secara kerja lebih baik dibanding bawaan motor.
Kebanyakan yang diganti adalah suspensi belakang.
Hal itu karena suspensi
belakang lebih sederhana dan simple untuk dilakukan pergantian, sedangkan
suspensi depan lebih ribet dan melibatkan banyak part seperti segitita komstir,
plus stang pada motor.
ganti jok lebih nyaman |
Jok
Motor, beberapa jok motor kekinian busanya terlalu tipis,
ya meski kata pabrikan “disesuaikan” tapi tahu sendirilah sebenarnya
“pengiritan”, meng-upgrade jok juga
merupakan salah satu pilihan untuk membuat motor menjadi lebih nyaman saat
dikendarai. Tidak melulu beli sadel jok mahal, taruhlah modif menambah busa
jok, atau di bobok ulang agar lebih nyaman. Bisa juga ganti sekalian kulit jok
sekalian tampil lebih sporty tentunya.
Ganti
Gear Set, beberapa gear set motor zaman now memiliki fitur yang tidak ada di motor zaman old yaitu bunyi “kemrosok” yang
terdengar saat motor dijalankan. Pilihan upgrade
gear set menjadi pilihan yang pas, karena sayang motor udah keren eh rantai kok
kemryosok malulah. Untuk hasil terbaik tentu harus di upgrade misal pakai Sinnob chain kit yang mempunyai tampilan matching, durabilitas jangan diragukan
lagi dan tentunya minus suara2 gaib saat digunakan.
So sebenarnya pada
akhirnya pilihan ada di tangan konsumen sendiri mau upgrade seperti apa, tapi yang jelas orang gak doyan modif bukan
berarti nggak punya duit lebih, karena sebagian bikers suka tampilan
standariyah karena memang sudah cakep dari sononya dan upgrade part seperti di atas adalah pilihan tepat peforma,
kestabilan, dan kenyamanan dapat ! tanpa perlu tampilan yang neko2 pastinya.
Semoga bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Setuju, smart people
BalasHapus