Halo Brosis
Honda win 100 bukan
merupakan motor yang dianggap motor populer dan punya nama beken seperti honda
cb, gl, maupun megapro. Bahkan bisa dibilang kalah pamor dan sebelas duabelas
popolernya dengan honda cg sekalipun, maklum saja melihat tampangnya saja honda
win 100 “nggak banget” untuk ukuran motor sport lawas sekalipun, tapi itu hanya
berlaku bagi bikers zaman now, tetapi bagi bikers zaman old honda win mempunyai
pesona tersendiri.
Di pasarkan sejak tahun
1980 an yang saat itu masih built up honda win di jual bebarengan dengan honda
cb dan gl, tapi honda win di posisikan sebagai motor entry level bersaing
dengan rivalnya seperti yamaha l2g dan
suzuki a100. Akan tetapi seperti kebiasaan honda sejak zaman old win berbeda dengan
rivalnya karena mengusung mesin 4 tak (langkah), dibanding rivalnya yang 2 tak
jelas soal tenaga win paling inferior.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Tetapi
berkat efisiensi mesin 4 tak tersebut motor ini populer sebagai motor komuter
yang tangguh, tak heran motor ini identik dengan motor operasional instansi
pemerintahan tahun 90 an. Juga PT Pos juga memakai motor ini untuk armadanya
itu semua karena honda win terkenal efisien dari segi konsumsi bahan bakar,
belum lagi tangki di depan tidak merepotkan bagi motor yang pekerja seperti pos
karena tidak perlu membuka jok untuk mengisi bensin.
Desain
Desain honda win
sebenarnya lebih tepat di bilang “long lasting” dan untuk ukuran motor jaman
80-an sudah mewah. Bodynya kotak khas motor seri GL meski secara gen bukan klan
GL. Bodynya ramping dengan aksen mengkotak di beberapa sisi seperti pada tangki
berkapasitas 5 liter yang juga mengkotak, lampu depan belakang kotak, jok rata
dari depan sampai belakang plus bentuk planger yang memanjang ke belakang mirip
bracket box, sampai konsol meter pun kotak sederhana karena hanya ada speedometer,
lampu netral dan indikator bahan bakar.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Salah satu hal lain
yang membedakan motor ini dengan motor lain adalah pada rangkanya yang
sebenarnya bukan model rangka motor sport tetapi mirip rangka bebek yang di
beri tulang melintang dibawah tangki. Hal inilah yang membuat honda win 100 ground clearance nya tinggi hal itu
ditunjang dengan suspensi belakang yang panjang dengan aksen chrome.
desain serba kotak |
Sayang sektor
pengereman masih menggunakan model tromol baik depan maupun belakang, suspensi
depannya pun tergolong kecil yakni diameter tabungnya hanya 27 mm seperti
ukuran diameter as shock motor bebek.
Mesin
Sebagai penerus honda
s90, honda win juga mengusung mesin horizontal alias mesin tidur meski begitu
kapasitasnya meningkat menjadi 97,2 (digenapkan 100cc) tenaga yang dihasilkan
terbilang besar jika dibandingkan bebek horizontal zaman now yaitu 10,8 HP pada
8000 RPM, dan torsi 9,2 NM pada 6000 RPM artinya untuk kapasitas mesin 100 cc
horizontal 4 langkah sampai saat ini mesin inilah yang paling besar tenaga maupun
torsinya.
untuk ukuran 100 cc, tenaga tergolong besar (sumber) |
Mesin tersebut
dikawinkan dengan transmisi manual 4 speed maju mundur khas motor sport, oh iya
mesin ini masih manual alias belum memakai elektrik stater. Pada honda win
produksi 1980-1990 paling di gemari karena meski tua secara umur tapi banyak
part mesinnya masih impor dari Jepang hal itu ditandai dengan tulisan made in
Japan pada blok mesinnya.
Karakter mesin honda
win 100 khas mesin c100 honda yaitu flat di segala rentang putaran mesin, tapi
untuk putaran atasnya tetap ngisi alias tidak kehabisan nafas. Konsumsi bahan
bakarnya pun tergolong irit jika dalam kondisi standart dan sehat angka 50 km/
liter bukan angka yang sulit dicapai.
Mesin honda win 100
juga tergolong mudah dalam hal perawatan karena berkat mesin horizontal nya
jika hendak servis maupun membersihkan ruang bakar sangat mudah. Sparepartnya
pun di bengkel-bengkel masih banyak tersedia, hal itu karena sebagian besar
sparepart mesin sama dengan generasi honda c 100 lainnya seperti klep, kampas
kopling, plat kopling, bisa substitusi dengan motor honda lain macam honda
grand.
“bahkan saking bandel dan mudahnya perawatan honda win, banyak orang menyebutnya asal ada bensin mah motor ini tetap jalan,” hehehe
Harga Jual
Honda win mulai di jual
tahun 80 an sampai di discontinue tahun 2004 dan kurang lebih sudah dijual dan
diproduksi selama 21 tahun. Untuk harga pasaran honda win saat ini tidak ada
patokan pasti. Belum tentu keluaran tahun awal lebih murah dibanding tahun
mudah, bahkan honda win 100 ini termasuk motor tua yang SANGAT MAHAL untuk
harga bekasnya.
Tapi dipasaran atau
situs fjb honda win dijual MULAI 3 jutaan, itupun dengan kondisi apa adanya.
Untuk yang terawat apalagi masih Orisinil dan tampilan kinclong bisa menembus
angka 9-10 jutaan lebih.
+ Mesin Bandel
+ Irit Bahan Bakar
+ Sparepart Melimpah & Murah
+ Mudah Di modif
- Part Body Susah, agak
mahal
- harga jual gelap
- serba manual
-pengereman masih
tromol
Kesimpulan
Honda win 100 sampai
saat ini merupakan motor yang masih sangat recomended untuk dibeli tampangnya
klasik, mesinnya bandel, konsumsi bbm irit adalah sesuatu yang susah di cari di
motor zaman now. Tapi untuk meminangnya diperlukan dana yang agak lumayan
mahal, dan untuk bikers yang demen ngebut ugal2 an dan tampilan sporty saya
sarankan jangan lirik motor ini.
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
motor favorit ane, cuma ya itu harga jualnya emang lumayan kalo yg standart :v
BalasHapusdan keqnya ini motor bakal kekecilan kalo ane pake (tinggi ane 175 cm)
klo yg naikin kelas berat bisa patah gak ya motor tua kyk gini hahaha
BalasHapusAsal rangka blm keropos saya kira enggak gan. Di kampung ane buat ojeg balok kayu naik trn gunung kuat2 ajah.,,
Hapusloe kira motor jaman now.
Hapussip gan ane juga pake nih motor enak and safety dan yang penting irit dan nyaman.....
BalasHapusklik link di atas
BalasHapusMau tanya.....
BalasHapusBerapa sih uang yang harus disiapkan ketika akan restorasi Honda win ane
Dan part apa saja yang harus di perhatikan ketika restorasi ? Thank you
pecinta honda win 100 klik Link di atas
BalasHapusBafu restorasi abis 5 jtaan.. bongkar cat sendiri.. kembali ke orinal
BalasHapusI fell in love with this Honda at first sight. I like its shapes so much. Moreover, I guess, it costs not so much, that's why, many people can afford to buy it.
BalasHapus