Halo Brosis
Kurang lebih genap
setahun ini honda verza kendaraan saya tidak servis atau terakhir servis ya
setahun yang lalu. Jika dikalkulasikan kilometer yang ditempuh sejak terakhir
servis mencapai 14-15 ribu km bukan angka yang tinggi untuk 1 tahun berjalan di
umur motor yang menginjak 4 tahun 4 bulan dengan total odometer saat ini 61
ribu kilometer.
Lantas apakah ada
masalah yang ditemui saat si verza tidak servis rutin ? alhamdulillah sampai
saat ini belum ada masalah, treatment khusus pun hampir tidak ada hanya ganti
oli saja rutin tiap 3500-4000 km selebihnya tengah tahun lalu ganti kampas
kopling tapi sektor mesin head yang mencakup setelan klep dan tensioner keteng
tidak tersentuh. Begitu juga sektor pengkabut bahan bakar yakni injektor juga
belum dibersihkan setahun terakhir.
- Ganti Oli Fastron Techno, Ngeri-Ngeri Sedap
- Ganti Bosh Bearing Swing Arm Honda Verza
- Ganti Bohlam Lampu Honda Verza
- Review 4 Kombinasi Sprocket Honda Verza
- Pakai Spion Beat Di Honda Verza
- Filter Oli Verza, Cuma Perlu Dibersihkan
- Review Pemakaian Oli Prima Xp 10w-40
Sampai pada akhirnya
minggu lalu saat indikator bensin tinggal 2 strip saya melipir isi bbm di pom
bensin , dan lagi2 tanpa sadar salah isi bbm yang seharusnya pertalite eh malah
di tuang premium malah 5 liter lagi, hehehe. Memang premium tak sekejam pertabo
(pertamax turbo) yang bisa menyebabkan fuel dilution dan buat oli cepat eol,
premium lebih membuat tarikan motor berat dan sudah pasti lebih mudah
menimbulkan kerak di mesin karena sifatnya yang “lebih mudah/cepat terbakar”
dibanding bbm pertalite maupun pertamax.
Benar saja sejak pakai
premium akselerasi terasa lebih berat dan kurang pol, dari situ saya inisiatif
untuk mengembalikan peforma seperti sedia kala (saat pakai pertalite), yaitu
pakai yamalube carbon cleaner. Si verza bukan yang pertama menenggak carbon
cleaner setidaknya seingat saya ini yang ke dua, terakhir kali kurang lbih 2
tahun yang lalu.
- KirimPaket Pakai Ekspedisi Wahana Logistik
- ReviewKereta Api Bisnis Gumarang
- ReviewKereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- ReviewJaket Corvus
- ImpresiPemakaian Oli Deltalube Daily 757
Langsung meluncur ke
bengkel yamaha beli 2 botol carbon cleaner dengan harga satu botol 28500
(termasuk pajak 10%), setelah itu melipir ke pom bensin sebelum isi bensin
tuang terlebih dahulu carbon cleaner setelah itu baru isi bensin 5 liter
(maksimal, kurang lebih baik), karena di tangki masih ada 2 liter maka saya tuang
lagi setengah botol carbon cleaner. Jadi kurang lebih hitungannya 35ml+75 ml di
7 liter bahan bakar.
Cara tuang carbon
cleaner sebenarnya nggak harus saat isi bensin, di info yamaha pun nggak ada
aturan pakem seperti itu, hanya ada campurkan ke tangki bahan bakar. Sebenarnya
dicampur sebelum isi bensin dengan harapan saat bensin tertuang di tangki
proses pencampuran lebih maksimal. Pun saat tangki penuh dan isi carbon cleaner
pun gak masalah, hasil maksimal bisa disiasati dengan sedikit mengoyangkan
motor supaya bensin+cc tercampur maksimal.
Impresi
Fungsi utama carbon
cleaner saya kutip dari yamaha adalah membersihkan, melapisi, dan melindungi
dari endapan carbon yang menempel di ruang bakar, saluran intake dan injector. Setelah
pemakaian tenaga mesin akan pulih karena endapan carbon akan rontok, juga emisi
gas buang akan menurun.
- ReviewPemakaian Xiaomi Redmi Note 4
- VolumeOli Gardan Motor Matic
- SubstitusiFilter Oli Yamaha
- MenggantiBarstep Honda Supra
- Review3 Bulan Pemakaian Genpro X
- KenapaHarus Belanja Online
- NyetokSparepart Motor, Penting Nggak Sih
Lantas setelah saya
pakai di verza impresinya bagaimana 1-3 hari pemakaian adalah proses perontokan
karbon dan rasanya gak ada yang istimewa dan tetap seperti biasa. Baru pada
hari keeempat saat kondisi bensin di tangki sisa 2 bar (sebelumnya 6 bar) mesin
terasa lebih responsif dan lebih smooth.
Dari situ saya
simpulkan hasil maksimal dari pemakaian CC jika bensin+cc telah habis kurang
lebih 80 persen, jadi fix carbon cleaner ampuh untuk mengembalikan peforma
motor lebih baik dari sebelumnya. Mungkin memang ini menjadi solusi praktis
jika gak sempat atau males servis motor tapi tentu dengan catatan setelan klep dan
rantai keteng masih normal loh.
Conclusion
So dari pemakaian ini
ritual “menolak servis” kembali berlanjut, toh memang gak ada hal2 goib di
mesin yang butuh untuk perawatan paling Cuma ganti busi, filter udara, dan oli
eits lupa setel rantai yang semuanya masih bisa saya tanggani sendiri. So tapi
tentunya cara ini tidak bisa disamaratakan di motor lain, atau motor verza lain
sekalipun karena memang kondisi motor berbeda-beda meskipun sama.
Tapi servis paket
lengkap di bengkel masih lebih baik dibanding pemakaian Carbon cleaner ini,
karena servis mencakup semua hal lah kalau pakai CC ini mah istilahnya
memperpanjang waktu atau menunda sedikit lebih lama untuk servis. Kalau saya
mah bisa-bisa menolak servis, hehehe
Note, pemakaian carbon
cleaner bisa diterapkan menjelang ganti oli, karena beberapa pendapat
mengatakan kotoran mesin sebagian turun
bercampur di oli mesin, cmiiw.
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Many people recommended me to use this cleaner. Unfortunately, I didn't managed to find it in any stores. Can anybody tell me where I can buy it?
BalasHapus