googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ban Aspira AT701, Alternatif Ban Terjangkau

Ban Aspira AT701, Alternatif Ban Terjangkau


BAN ASPIRA

Halo Brosis

Artikel pembuka di tahun 2018, karena tugas dan kerjaan yang lumayan menumpuk jadi baru bisa nulis dan ngepost lagi sekarang, hehehe

Tidak terasa sudah kurang lebih 5 bulan pasca meminang rondo old revo saya agak melupakan sesuatu, dan barulah awal tahun kemarin teringat kembali. Apa itu gerangan ? ganti ban depan, ya memang pasca pembelian hanya ban belakang saja yang saya ganti ke ukuran 80/100 dari standartnya yang 80/90 atau 275 pakai ukuran numerik.
Kondisi ban depan sebenarnya masih cukup memadai, hanya memang sebenarnya compound ban mengeras seperti ban yang sudah berumur, niat awal memang bukan ganti ban tapi ruji depan yang perlu di stell karena sudah merenggang, jadi ketika dikendarai bagian front motor agak limbung. Jadi saya pikir dari pada bongkar pasang mending ganti ban sekalian plus ganti dan stell ruji depan belakang.

Masalah timbul saat anggaran dana terbatas, ya memang maklumlah kantong ini masih harus terbagi dengan si verza, toh ini motor bukan saya yang naiki tapi orang tua. Ban ukuran 250 atau 70/90 buanyak tersedia di pasaran karena ukuran ban depan standart motor bebek dan 95% produsen ban punya ukuran ini, mau yang mahal sampai yang murah pun ada.

Tapi berhubung kali ini harus berbagi dengan beli ruji dan ongkos stell ruji jadi saya putuskan beli ban yang murah atau terjangkau

Aspira
Setelah agak lama pilah pilih akhirnya nemu ban yang sreg di kantong yaitu aspira bukan premio, hehehe. Tipenya AT701 memang aspira bukan merk baru bagi saya, jaman SMA dulu saya pernah pakai tipe SPR 21 yang lumayan, lumayan cepet habis maksudnya, hehehe.
ban aspira
AT701 ukuran 250

Ban aspira at701 ini saya beli dengan harga cukup terjangkau yakni 89 ribu rupiah, dipotong 2 ribu rupiah karena saya beli 2 jadi tinggal 87 ribu, loh kok beli 2, iya kebetulan teman ada yang nitip beli sekalian bisa dapat diskon dan subsidi gosend (situ yang bayar), hehehe. Untuk ban ukuran 250 tube type saya rasa ini paling terjangkau, soalnya saya cek di toko mizle power grip yang biasanya saya pakai sudah diangka 105 ribu rupiah, ada merk2 lain dibawah 80 ribu Cuma ya ban fullpress.

Saya cek di beberapa toko/ bengkel langganan aspira at701 ini harganya paling murah 98 ribu rupiah dan paling mahal 115 ribu rupiah

BAN ASPIRA
tanggal produksi, lumayan muda kurang dari setahun

Setelah sampai, dan tara penampakan ban aspir at701 pola alur ban banyak patern dengan garis di tengah yang cocok untuk ban depan, di tampah patern samping yang rame mirip2 ban federal bawaan bebek honda. saat saya cek sip tidak ada cacat produksi dan ban produksi tahun 2017 minggu ke 27, lumayan fressh, jadi fix bukan karena tahun tua ini ban harganya murah tapi memang murah dari pabriknya, hehehe.

Impresi
Setelah beli di minggu depannya saya pasang sekaligus ganti dan stell ruji lumayan hemat ongkos pasang karena ganti ruji otomatis lepas ban kan, hehehe. Impresi setelah dipasang dari tampilan khas ban dengan ukuran numerik yaitu tampak kelihatan sedikit lebih besar dibanding ukuran lebar/tinggi 70/90 maksudnya, jadi ban depan agak sedikit gambot.


Dan setelah seminggu pemakaian berikut impresinya, tentu berdasarkan penuturan orang tua dan saya sendiri juga icip2 gimana impresinya motor pakai ban aspira at701 ini

+ grip lumayan
+ dipakai jalan basah cukup stabil
+ lewat polisi tidur stabil
- pakai menikung tajam, kurang enak

Satu hal yang saya soroti dari ban ini adalah kurang enak saat dipakai menikung tajam ala ala cornering, setelah ditelisik side wall (dinding) aspira at701 ini memang lembek nggak keras seperti mizle power grip misalnya, jadi ban akan kurang mencengkram saat bermanuver menikung. Tetapi saat digunakan  berkendara secara normal tidak ada kendala sama sekali.

BAN ASPIRA
block patern lumayan berguna mengurangi aqua planing

Grip ban ke permukaan jalan lumayan lengket tapi masih dalam batas lumayan menurut saya, dan paling terasa enaknya ini ban saat kondisi jalan basah atau hujan lebat, patern di samping lumayan mengurangi gejala aqua planning alhasil grip ban terjaga di kondisi jalan basah. Lalu saat lewat jalan mix dan libas polisi tidur profil ban yang sedikit besar plus karet compound yang lunak sukses meredam guncangan.

Jadi berdasarkan impresi, aspira at701 ini mampu memenuhi ekspektasi saya setidaknya seminggu pemakaian tidak ada keluhan berarti jika dipakai kondisi normal, bahkan untuk ban di seharga 80 ribuan sudah lebih dari cukup untuk pemakaian sehari-hari, hanya soal keawetan ini ban hanya waktu yang bisa menjawabnya, setidaknya 3 tahun cukuplah (ekspektasi saya).

Overall buat yang cari ban ukuran 250 (70/90) aspira at701 ini cukuplah untuk kebutuhan sehari-hari, asal bukan untuk cornering atau sruntulan ini ban recomended untuk kelas harganya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar