Halo Brosis
Terakhir kali ganti
filter udara di verza seingat saya sudah hampir 10 bulanan, dan saat minggu
lalu motor terasa agak berat dan saat pagi agak susah stationer (langsam).
Memang si verza sudah setahun 1 bulan belum servis tapi gejala langsam tidak
hanya dari thortle body yang kotor jadi dugaan saya pasti filter udara kotor.
Setelah saya cek
ternyata benar adanya, filter cukup kotor, pantes susah langsam di pagi hari,
langsung dah copot dan niatnya sih mau beli tapi sayang anggaran harus terbagi
dengan beli ban buat revo. Puter otak akalin dulu ah jadinya, toh sementara,
pakai busa grand.
Yup cara ini memang
nggak sama sekali di rekomendasikan karena penggunaan filter kertas di motor
injeksi bukan tanpa alasan karena pada kenyataanya dari segi penyaringan dan
kepraktisan filter kertas lebih mumpuni, tapi life cycle nya gak sebagus filter
model busa seperti motor jaman dahulu.
Langsung melipir ke
bengkel terdekat beli busa filter honda grand cukup tebus dengan mahar 10 ribu,
setelah itu langsung cabik-cabik kertas filter udara sampai habis hingga
menyisahkan rumah filter dan kawatnya saja. agak sulit memang coba dengan
direndam air karena kertas jika terkena air langsung lembek dan mudah
dihancurkan.
Setelah itu lap sampai
bersih dan letakkan busa udara grand pnp kok meski gak rapi di beberapa sisi
karena dimensi memang gak sama persis, untungnya sifat busa memang elastis jadi
bisa menyesuaikan tempatnya tidak lupa olesi tipis2 busa dengan oli (baru)
jangan oli bekas. Setelah itu pasang di box filter lalu tutup.
Impresi dan review 7
hari pakai
Setelah kurang lebih
seminggu pemakaian rasanya sudah afdol untuk menulis review atau sebatas
impresi penggunaan busa grand di filter udara honda verza, sekadar catatan
motor verza 2013, bbm pertalite, oli fastron techno, spek standart ting ting sebagai pembanding
tentu filter udara standart (kertas) honda verza.
+ akselerasi lebih
ringan
+ gampang stationer
(langsam)
- deselerasi tambah
minim
- suara kurang padat
(kurang berkarakter)
- putaran atas ampang
Seperti yang saya duga
sebelumnya, yang pertama impresinya yaitu akselerasi motor di putaran bawah lebih
nampol dibanding pakai filter standart verza, saya coba akselerasi 0- 50 km/jam
pakai filter busa grand lebih cepat dan lebih ringan tinggal colek gas dikit
enak di buat dalam kota atau bermacet-macet ria. Lalu putaran mesin gampang
stasioner di pagi hari saat pertama kali mesin di nyalakan efek filterisasi
udara yang lebih plong mungkin, cmiiw.
Tapi tentu ada
kurangnya pakai filter busa ini, berdasarkan yang saya rasakan deselerasi lebih
minim, yap pakai pcmo fastron saja deselerasi sudah terasa minim, lah pas
filter busa tambah lebih minim lagi, sempat kaget saat pertama kali jalan,
ketika gas di tutup turunkan gigi eh motor masih nyelonong, mungkin deselerasi
yang minim ini bisa di minimalisir jika tidak menggunakan oli pcmo alias pakai
oli mco. Efeknya memang harus ekstra pengereman dan main kopling lebih sering
dan saya gak suka ini.
pasang |
Kemudian suara knalpot
saat menggunakan filter busa kurang berkarakter se-pendengaran saya suara motor
jadi rada kosong, berbeda saat pakai filter busa suara lebih padet dan enak di
dengar, suara mah sesuai selera, tapi suara ngebas agas serak2 basah khas verza
itu saya sudah terlanjur suka.
Ini yang paling nggak
enak menurut saya, di kecepatan 70 km/jam ke kecepatan 90-100 km/ jam rasanya
lebih lama naiknya alias putaran atas kopong melompong seperti tidak ada
feedback. Mungkin ini kompensasi dari
ringannya akselerasi di putaran bawah menengah tapi kecepatan atas jadi korban.
Memang tidak sering
geber di range kecepatan 70-90 km, tapi tetap sesekali butuh saat menyalip mobil
atau kendaraan di depan.
Overall sebenarnya
tidak buruk atau istilahnya not bad lah, tapi juga nggak enak juga itulah salah
satu penyebab saya Cuma betah seminggu pakai filter busa ini, toh niatnya
memang iseng2 coba2 kebetulan juga dana harus terbagi dengan kebutuhan lain.
Jadi setelah pakai filter busa ini akhirnya saya coba yang baru lagi yaitu
filter udara non original/ non genuine hgp alias filter udara kw model kertas
di verza jadi satu-dua minggu ke depan akan coba saya review pemakaiannya.
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar